Inilah Perbedaan Perantau yang Benar-benar Sukses dan yang Sok Sukses, Saat Mudik Pulang Kampung

Perantau sukses itu kalau pulang kampung lebih kalem.

567
SHARES

Saat lebaran tiba, salah satu moment yang paling menyenangkan ialah mulai banyaknya perantau yang pulang ke kampung halaman masing-masing. Pada moment ini kampung-kampung yang biasanya sepi ditinggalkan penduduknya merantau ke kota-kota besar, mendadak kembali ramai seiring pulangnya perantau ke tanah kelahiran guna merayakan lebaran bersama keluarga besarnya.


Mudik saat lebaran merupakan moment yang paling dinantikan (yudhpratama-thefuturismboy.blogspot.co.i)

Biasanya saat para perantau pulang ke kampung halaman, sedikit banyak mereka akan mengalami perubahan baik secara fisik, kebudayaan, maupun penampilan. Hal ini bisa disebabkan oleh efek budaya kota yang menular kepadanya, atau faktor kesuksesan yang ia raih di tanah rantau, sehingga kini penampilannya berubah saat pulang ke kampung halaman.

Perubahan perantau saat pulang ke kampung halaman

Contoh dari perubahan-perubahan tersebut seperti jika dulu ia pulang dengan menggunakan kendaraan umum, kini ia menggunakan mobil pribadi. Jika dulu ia menggunakan kerudung namun setelah bekerja di kota ia melepaskan kerudungnya. Jika dulu ia sering menggunakan bahasa ibu atau bahasa lokal saat berkomunikasi, kini lebih sering menggunakan Elu, Gue, dan lain sebagainya yang merupakan bahasa orang kota.

Pulang kampung (amazonaws.com)

Jika kita melihat para perantau pulang ke kampung halamannya, seakan mereka semuanya sukses di tanah rantau. Kita bisa melihat dari penampilan dan gaya hidup mereka, namun apakah benar-benar mereka semuanya sukses? Atau cuma jaga gengsi doang saat pulang kampung? Inilah perbedaan antara perantau sukses dan perantau yang sok sukses jika pulang ke kampung halaman.

Perantau yang benar-benar sukses tidak berlebihan dalam perubahan penampilannya, dan lebih sederhana.

Biasanya orang yang hidupnya sukses di tanah rantau, saat pulang ke kampung halamannya ia akan kembali ke hidup yang sederhana. Adapun kalau ada perubahan penampilan, itu sangat tidak mencolok. Mereka bahkan kadang terlihat sangat sederhana saat di kampung halamannya. Kenapa ini bisa terjadi?

Orang sukses sih tampil sederhana juga masih dibilang sukses (hipwee.com)

Orang yang sukses di tanah rantau, hidup mereka di kota cenderung mewah dan sibuk. Meskipun mereka menikmati hidup sukses di kota, namun dalam lubuk hati terdalam mereka merindukan masa-masa di kampung halaman yang penuh kesederhanaan, ketenangan, dan kenyamananan. Makanya saat mereka pulang ke kampung halaman, mereka akan menikmati hidup sederhana, dan berbaur dengan masyarakat yang sangat susah ditemukan di kota.

Sebaliknya, jika perantau yang belum begitu sukses, mereka akan semaksimal mungkin merubah penampilannya untuk menunjukkan kepada masyarakat jika ia telah sukses di tanah rantau. Karena ia belum begitu sukses, maka ia butuh sebuah pengakuan dari orang lain dengan merubah penampilannya bak orang sukses.

Perantau sukses saat pulang ke kampung halaman tidak segan-segan mengeluarkan bantuan untuk kampungnya

Soal bantuan, perantau yang benar-benar sukses akan tidak segan-segan mengeluarkan bantuan bagi masyarakat di kampungnya. Mengeluarkan bantuan baik berupa uang atau barang bagi para perantau sukses merupakan wujud syukur atas kesuksesannya di tanah rantau.

Orang yang beneran sukses itu gak pelit (antaranews.com)

Adapun perantau yang tidak begitu sukses, akan merasa berat jika mengeluarkan hartanya untuk bantuan kepada kampungnya. Jangankan untuk memberikan secara sukarela, kadang meskipun diminta sumbangan oleh warga untuk pembangunan saja berat untuk memberikannya. Meskipun gayanya tinggi tapi perantau yang belum benar-benar sukses merasa berat hati jika dimintai sumbangan di kampungnya.

Perantau sukses tujuan mudik untuk bersilaturahmi dengan keluarga, yang belum sukses untuk pamer perubahan yang ada pada dirinya

Bagi para perantau yang sudah menikmati kesuksesannya di tanah rantau, tujuan mereka melakukan mudik ke kampung halaman ialah semata-mata untuk mengunjungi kampung tercintanya, dengan bersilaturahmi bersama keluarga besar.

Mudik untuk bersilaturahmi dan berkumpul dengan keluarga, bukan untuk pameran perubahan yang ada di dirimu (liputan6.com)

Namun bagi mereka yang belum begitu sukses, saat mudik tujuan utama mereka ialah memamerkan apa saja yang ia dapatkan di tanah rantau.

Itulah beberapa perbedaan yang terjadi antara perantau yang benar-benar sukses dengan perantau yang sok sukses saat pulang ke kampung halaman. Meskipun tidak semua yang sudah sukses dan yang sok sukses seperti itu, namun beberapa perbedaan diatas merupakan kebanyakan fenomena yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

567
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,