Indo dan Indon Ternyata Memiliki Makna yang Jauh Berbeda loh, Awas Jangan Salah Menyebutnya

Indo dan Indon meskipun hampir sama tapi maknanya jauh berbeda.

369
SHARES

Di luar negeri, penyebutan atau penulisan nama Indonesia biasanya dengan menggunakan singkatan. Seperti pada laga sepak bola, kita biasanya melihat nama Indonesia dengan disingkat menjadi INA. Ada juga yang menyingkat Indonesia dengan sebutan Indo, namun untuk singkatan Indo biasanya digunakan untuk menyebutkan orang asli Indonesia.

Dalam laga ajang Internasional, nama Indonesia biasanya disingkat menjadi INA (radarindo.com)

Ingat, makna Indo dan Indon itu berbeda

Namun kamu jangan salah menyebutkan kata Indon untuk menyebutkan kata Indonesia, sebab Indon memiliki makna yang berbeda dengan Indo. Makna Indon cenderung lebih negatif, biasanya digunakan para orang WNA untuk merendahkan orang-orang Indonesia.

Makna Indo dan Indon berbeda jauh yah, jangan salah ucap (youtube.com)

Kata Indon banyak digunakan oleh rakyat dan pemerintah Malaysia untuk menyebutkan rakyat dan negara Indonesia, namun kata ini bisa dikatakan mengandung unsur Rasis. Sama halnya dengan penyebutan negro untuk penyebutan ras Negroid. Jadi, meskipun hanya berbeda tambahan kata “N” namun penyebutan Indo dan Indon sangat jauh maknanya.

Penyebutan orang Indonesia di luar negeri

Bagi orang daerah Arab atau Mesir, menyebut istilah orang Indonesia dengan sebutan Indonesiyi yang bermakna orang Indonesia. Penggunaan istilah ini memang lebih halus dibandingkan dengan istilah Indon.

Setiap negara memiliki sebutan masing-masing untuk orang Indonesia (kompasiana.com)

Penyebutan Indon bagi masyarakat Indonesia banyak terjadi di Malaysia. Bahkan tidak hanya orang asli Malaysia yang menyebut orang Indonesia dengan panggilan Indon, konon warga Indonesia yang sudah lama menetap di Malaysia juga ikut-ikutan menggunakan kata Indon untuk menyebutkan orang Indonesia. Padahal penyebutan Indon sangat sensitif bagi orang Indonesia sendiri, bahkan bisa menimbulkan kemarahan besar.

Makna negatif Indon yang membuat orang Indonesia merasa direndahkan

Bagi orang Indonesia penyebutan kata Indon bukan hanya sekedar singkatan untuk mempermudah penyebutan Indonesia, namun juga ada makna dibalik penyebutan tersebut oleh orang-orang Malaysia. Memang jika dirunut kebelakang, kedua negara ini memiliki sejarah hubungan yang tidak begitu akur. Bahkan Bung Karno pernah mengkampanyekan Ganyang Malaysia.

Kampanye ganyang Malayisa oleh Bung Karno (youtube.com)

Tensi “perang dingin” antara Indonesia dan Malaysia juga masih terjadi samai detik ini. Mulai dari sengketa kawasan perbatasan, pengklaiman kebudayaan Indonesia oleh Malaysia, sampai persoalan pekerja kita yang berada di Malaysia yang diperlakukan dengan semena-mena, termasuk dalam penyebutan Indon tadi.

Alasan orang Indonesia enggan disebut Indon ialah makna yang terkandung dalam kata tersebut sangatlah negatif. Dari beberapa sumber, kata Indon dalam bahasa tertentu di Malaysia bermakna pelacur.

Kata Indon berkonotasi negatif (kalimatulhassan.blogspot.co.id)

Ada juga yang mengatakan jika Indon berasal dari kata Indonesia Donkey (keledai Indonesia). Kata Indon dulu digunakan untuk umpatan kepada orang Indonesia yang berada di Malaysia, orang Malaysia menyebutnya dengan Indonesia Donkey atau keledai Indonesia sebagai stigma jika orang Indonesia hanya bekerja sebagai pembantu, pekerja berat di perkebunan, atau pekerjaan rendahan lainnya di Malaysia.

Penyebutan kata Indon penghinaan terhadap rakyat dan Bangsa Indonesia

Alasan-alasan tersebutlah yang membuat masyarakat Indonesia tidak mau mendengar kata Indon. Jika mau menyebutkan Indonesia harus lengkap Indonesia. Jika terpaksa mau disingkat, cukup menggunakan kata Indo, jangan Indon.

Penyebutan Indon merupakan pelabelan stigma negatif terkait pekerja Indonesia di Malaysia (Republika.com)

Penyebutan kata Indon bagi masyarakat Indonesia yang berada di Malaysia, tidak hanya menjatuhkan harga diri pribadinya, namun menginjak-injak harga diri dan martabat bangsa dan negara Indonesia yang selama ini ia sucikan dan bela sampai tetes darah penghabisan.

369
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,