Definisi Jomblo dan Single yang Membuat Keduanya Benar-Benar Berbeda

Kamu jomblo ngenes atau high quality single?

Jomblo itu nasib. single itu prinsip. Pernah dengar kalimat ini? Benar, dari satu kalimat ini saja, kita sudah bisa menyimpulkan kalau jomblo dan single itu adalah dua status yang sangat berbeda. Meskipun sama-sama nihil pasangan, keduanya punya cara yang berbeda dalam menyikapinya.

Meskipun sama-sama nihil pasangan, jomblo dan single itu jelas berbeda. | inovasee.com

Di bawah ini akan saya jabarkan perbedaan jomblo dan single secara lebih detail. Silahkan baca baik-baik sambil introspeksi diri, sebenarnya kamu itu masuk golongan mana?

Negative tihinking vs positive thinking

Jomblo itu selalu negative thinking. Misalnya, saat melihat pasangan yang ceweknya super cantik sedangkan cowoknya luar biasa dekil. Di dalam hati, seorang jomblo akan bilang “yaelah.. gantengan gua kali! Pasti tu cowok cuma modal duit, makanya si cewek mau banget sama dia. Ckck…”

Iri dan negative thinking melihat pasangan lain adalah salah satu sifat alami seorang jomblo. | liputan6.com

Single berbeda. Single itu selalu ber-positive thinking. Dia tidak pernah merasa iri dengan mereka yang sudah berpasangan. Dia sadar kalau belum punya pasangan, berarti dia memang belum layak. Makanya dia memilih untuk berusaha memantaskan diri dulu dengan meningkatkan kualitas hidup.

Karena sadar belum pantas punya pasangan, seorang single akan sibuk memperbaiki dirinya dulu. | cicit.id

Kesepian vs anti kesepian

Jomblo menganggap kalau punya pasangan adalah segalanya dalam hidup. Karena itu, dia selalu merasa kesepian meskipun sedang berada di tengah-tengah keramaian. “Di dalam keramaian aku masih merasa sepi, sendiri memikirkan kamu…” ‘Kamu’ siapa? Gebetan saja belum punya.

Kapan pun dan di mana pun, jomblo itu selalu kesepian. | deviantart.net

Nah, kalau single anti punya perasaan seperti itu. Meskipun belum punya pasangan, dia tetap bersyukur karena masih ada teman-teman dan keluarga yang selalu sayang dan peduli padanya. Dia tidak pernah berpikir kalau nihil pasangan berarti nihil keasyikan menjalani hidup. Single itu anti galau.

Adanya teman dan keluarga membuat seorang single tidak pernah merasa kesepian. | findmotivationtoday.com

Benci malam Minggu vs malam Minggu asyik

Kebiasaan jomblo adalah berdo’a yang jelek-jelek saat malam Minggu tiba. Yang paling umum, tentu do’a minta hujan. Alasannya sederhana, dia tidak ingin semua pasangan di luar sana kencan dan mesra-mesraan, sementara dia harus meratapi nasib sendirian di dalam kamar yang mati lampu.

Do’a minta hujan adalah do’a yang paling umum dipanjatkan oleh para jomblo di malam Minggu. | tipsjomblobahagia.blogspot.com

Lain jomblo lain juga single. Seorang single tidak pernah berdo’a jelek di malam Minggu, apalagi do’a minta hujan. Karena dia tahu, malam Minggu bukan milik mereka yang sudah punya pasangan saja. Dia, juga punya hak untuk asyik menghabiskan malam Minggu bersama teman-teman terdekat.

Bagi para single, malam Minggu justru jadi kesempatan untuk keluar bersama teman-teman terdekat. | purwokertochannel.com

Tidak laku vs pilihan hidup

Karena ada ungkapan jomblo itu nasib, berarti bisa kita simpulkan kalau jomblo itu tidak punya pasangan karena memang tidak laku. Mengapa tidak laku? Karena tidak menarik. Sayagnya, meski sudah tahu tidak laku dan tidak menarik, para jomblo ngenes itu tidak juga mau memperbaiki diri.

Sudah tahu tidak laku dan tidak menarik, tapi para jomblo biasanya tetap enggan memperbaiki diri. | dagelan.co

Mengapa single tidak punya pasangan? Bukan karena tidak laku, tapi murni karena keinginan untuk tidak berpasangan dulu. Selain faktor belum siap dan merasa belum pantas, para high quality single biasanya memprioritaskan hal-hal lain yang lebih penting dulu. Pendidikan, misalnya.

High quality single memilih untuk nihil pasangan demi hal-hal yang sedang diprioritaskan. | cicit.id

Nah.. jadi, kamu termasuk golongan apa? Jomblo atau single?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *