Hati-hati, Ini Perbedaan Cinta Buta dan Cinta Sejati yang Harus Kamu Pahami

Hati-hati, apakah cintamu beneran sejati atau hanya cinta buta?

Di kalangan anak muda, tentu kita sering mendengar beberapa istilah untuk cinta. Ada cintya monyet, cinta mati, cinta sejati, sampai cinta buta. Namun, untuk yang dua terakhir ini, banyak anak muda yang salah mengartikan.

Jatuh cinta (papasemar.com)

Ada yang masih belum memahami apa itu cinta sejati, dan apa itu cinta buta. Mirisnya, banyak yang menjalankan cinta buta dengan dalih cinta sejati. Padahal, keduanya berbeda, dan dampak dari keduanya pun tak sama.

Lalu apa sih perbedaan antara cinta sejati dan cinta buta yang bisa meracunimu?

Cinta sejati mampu menjadi motivasi yang baik. Cinta buta justru bisa menjerumuskan ke hal yang buruk

Perbedaan pertama antara cinta sejati dan cinta buta ialah, kebanyakan cinta sejati akan mengantarkanmu ke hal yang lebih baik. Baik itu dalam karirmu, pendidikanmu, ataupun kepribadianmu.

Cimta sejati selalu memberikan motivasi kebaikan

Cinta sejati tidak akan rela membiarkanmu menjadi sosok yang buruk. Ia tidak segan mengkritik atau menegurmu jika memang apa yang kamu lakukan tidak baik. Hal itu semata-mata ia lakukan agar kamu menjadi sosok yang lebih baik.

Sebaliknya, cinta buta biasanya tidak ada arah yang jelas. Bahkan, saat ia berada di situasi yang buruk dalam hidupnya pun ia tidak menyadari. Yang ada di pikirannya yang penting ia bisa bersama dengan orang yang ia cinta.

Cinta sejati selalu berorientasikan pernikahan. Cinta buta tak jelas arah hubungannya

Cinta sejati berorientasi ke pernikahan (ummi-online.com)

Jangan mengaku kamu memiliki cinta sejati jika tidak ada niatan untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Sebab, cinta sejati pada hakikatnya ada pada ikatan pernikahan. Sebaliknya, cinta buta tidak pernah memiliki arah masa depan yang pasti. Yang penting jalani saja hari ini.

Cinta sejati diberikan dengan bukti, cinta buta hanya bergelimang gombalan belaka

Jika pasanganmu jarang memberikan bukti cinta kasih kepadamu, bisa jadi kamu sedang dirundung cinta buta belaka. Sebab, tidak ada cinta sejati jika tanpa pembuktian. Cinta sejati tidak akan banyak memberikan janji, melainkan akan memberikan bukti.

Cinta sejati selalu memberikan bukti (tribunnews.com)

Sedangkan cinta buta biasanya hanya dipenuhi gombalan-gombalan belaka, tanpa ada bukti nyata. Anehnya, meskipun demikian, biasanya orang yang sedang dilanda cinta buta tidak menyadarinya. Hayooo, ingat-ingat lagi apakah hubunganmu hanya dipenuhi gombalan belaka?

Cinta sejati akan saling percaya, cinta buta dipenuhi rasa curiga

Cinta sejati biasanya akan dibangun atas pondasi saling percaya yang kuat. Sehingga dalam menjalani hubungan, tidak ada lagi posesif satu sama lainnya. Masing-masing memberi kebebasan untuk menjalani kehidupannya tanpa mengganggu hubungan.

Cinta sejati akan saling percaya (bustedhalo.com)

Sedangkan cinta buta biasanya dipenuhi dengan rasa cemburu, khawatir, dan selalu merasa curiga terhadap pasangan. Akibatnya, dalam menjalani hubungan akan dipenuhi pengekangan, posesif, dan masing-masing individu kehilangan kebebasan.

Dampak buruk dari cinta buta yang paling nyata ialah semakin memburuknya kepribadian atau kehidupan seseorang setelah jatuh cinta. Padahal, cinta seharusnya dipenuhi dengan kebahagiaan, bukan permasalahan.

 

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *