Belahan Jiwa Itu, Tak Harus Selalu Jadi Teman Hidup

Dan teman hidup, adalah orang yang bisa jadi tidak mempunyai banyak kesamaan denganmu

Yang kita percaya, belahan jiwa adalah sosok yang kita bayangkan akan menjadi teman hidup selamanya. Namun percaya atau tidak, belahan jiwa itu tidak harus dipaksakan menjadi teman hidup. Mengapa demikian? Mari kita bicarakan bersama dengan pemikiran penuh kedewasaan.

Belahan jiwa adalah sosok yang kita bayangkan akan menjadi teman hidup selamanya. | pixabay.com

Menemukan belahan jiwa yang romantis dan sempurna adalah keinginan banyak orang, termasuk saya dan kamu. Maka, pertanyaan sangat latah seperti “kapan ya aku ketemu belahan jiwaku?” pasti sudah tak asing lagi di telinga kita.

Belahan jiwa vs teman hidup

Di sinilah masalahnya. Belahan jiwa itu, tidak selalu pasangan romantis karena bisa jadi adalah temanmu sendiri. Belahan jiwa dan teman hidup adalah dua sosok yang berbeda. Sederhananya, Kamu akan dihadapkan pada dua orang yang berbeda dalam hidup, belahan jiwa dan teman hidup.

Dalam hidup, kita akan dihadapkan pada dua macam orang: belahan jiwa dan teman hidup. | pixabay.com

Untuk kehidupan jangka panjang yang bahagia, teman hidup akan membuatmu menjadi sosok yang lebih baik. Sedangkan belahan jiwa mempunyai banyak kesamaan denganmu. Satu sama lain bahkan bisa saling memahami pikiran masing-masing.

Nah, saat sudah menemukan belahan jiwa, lama kelamaan kamu akan sadar bahwa hubungan yang kalian jalin tidak akan berlangsung lama. Kamu memang merasakan adanya cinta, namun kamu juga merasa kurang nyaman dengan ketidakkekalan hubungan itu.

Berbeda dengan belahan jiwa, teman hidup adalah orang yang bisa jadi tidak mempunyai banyak kesamaan denganmu. Namun di sisi lain, dia sangat bisa diandalkan sebagai tempat bersandar dan selalu membuatmu nyaman.

Seorang teman hidup, biasanya tidak mau terjebak dalam ketidakpastian. Dia adalah sosok yang akan membawa hubungan ke jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan.

Perbedaan mendasar

Teman hidup adalah sosok yang selalu mendukungmu. seorang pendengar yang baik, bisa dipercaya, dan tidak akan memaksa. Seorang teman hidup akan selalu berbagi semua hal. Yang lebih istimewa, kebahagiaanmu adalah kebahagiaannya juga.

Teman hidup adalah orang yang kamu cintai dan rela kamu rawat sampai akhir hayat. | pixabay.com

Teman hidup akan bersedia membangun hubungan yang kuat denganmu. Meskipun jiwamu dan jiwanya mungkin tak punya hubungan sekuat belahan jiwa, namun tetap ada rasa percaya, pengertian, dan saling menghormati.

Teman hidup lebih bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginanmu. Teman hidup, adalah orang yang kamu cintai dan rela kamu rawat sampai akhir hayat.

Lebih jelasnya, berikut sederet perbedaan mendasar yang bisa membantumu mengenali mana belahan jiwa dan mana sosok teman hidup:

Belahan jiwa

  • Memiliki cara berpikir yang sama dan bisa saling memahami
  • Kemungkinan memiliki kekurangan yang sama
  • Menjain hubungan yang intens
  • Tetap terhubung meski tidak saling berdekatan
  • Terjadinya perubahan dalam hidup saat bertemu belahan jiwa
  • Hubungan yang dijalani penuh cinta, namun tak berlangsung lama

Teman hidup

  • Memiliki ketertarikan secara fisik
  • Menikmati masa pengenalan satu sama lain
  • Sama-sama mau belajar tentang perbedaan masing-masing
  • Bersikap seperti teman baik
  • Dasar hubungan yang logis dan intelektual
  • Sama-sama stabil dalam hal keuangan dan emosional
  • Merasa perlu untuk menikah dan memulai sebuah keluarga

Dari penjelasan di atas, maka jelas bahwa jika saat ini kamu sudah menemukan seseorang yang menawarkan kepastian, tak perlu lagi mempertanyakan apakah dia belahan jiwamu atau bukan. Yang menjadi PR sebenarnya adalah, memastikan dia bersedia menjadi teman hidupmu atau tidak.

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *