Perbedaan Antara Lingkaran, Bundar dan Bulat yang Pasti Nggak Kamu Ketahui

Jangan sampai kamu salah menggunakannya dalam percakapan, ya!

Tanpa disadari, kita seringkali salah menggunakan aneka istilah dalam bahasa Indonesia saat melakukan percakapan sehari-hari. Istilah-istilah tersebut sudah sedemikian luasnya digunakan sehingga dianggap benar, meskipun kenyataannya salah. Misalkan saja penggunaan kata bergeming dan tidak bergeming yang sering tertukar. Ketahuilah bahwa istilah “diam tak bergeming” itu salah, karena bergeming menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti ‘diam saja atau tidak bergerak sedikit juga’.

Baca juga : Rahasia Kebahagiaan: Jangan Menunggu, Ambil Saja Sebuah Kesempatan

Begitu juga beberapa istilah lain yang mempunyai banyak turunan makna. Misalkan saja lingkaran, bundar dan bulat. Banyak orang sering salah membedakannya dan menggunakannya tidak dalam konteks yang tepat. Padahal, ketiga kata tersebut mempunyai artinya masing-masing. Jadi, jangan sampai kalian salah menyebut ‘tahu bulat’ dengan ‘tahu bundar’ ya, karena keduanya amat berbeda artinya.

Lingkaran

Sebuah lingkaran adalah adalah sebuah garis utuh yang bergerak melingkar berawal dari satu titik dan bertemu ketitik awal tadi. Dengan begitu, lingkaran hanyalah sebuah garis yang tidak memiliki volume atau isi.

Lingkaran (wikipedia)

Menurut keilmuan, lingkaran adalah kurva bidang dua dimensi yang dihasilkan oleh himpunan titik-titik yang berada pada jarak yang sama dari titik yang tetap. Bagian tetap dikenal sebagai pusat lingkaran dan terdiri dari: diameter, radius, lingkar, chord, garis potong, tangen dan sebagainya. Bentuk lengkap lingkaran dapat ditarik berputar hingga 360 derajat.

Bundar

Mungkin kita tidak akan salah dalam membedakan lingkaran dan menggunakannya dalam perkataan yang tepat. Namun lain halnya dengan bundar dan bulat yang seringkali tertukar. Jika ditelaah secara awam, bundar dan bulat kerap disamakan karena keduanya sama-sama memiliki dimensi dan volume lingkaran.

Meja bundar, bukan meja lingkaran atau meja bulat (donipengalaman9.wordpress.com)

Tapi secara mendasar, bundar membentuk 3 dimensi cakram yang pipih. Jadi penggunaan kata bundar yang tepat cocok digunakan pada: meja itu bundar, koin itu bundar, atau cakram motor itu bundar, dan lain-lain.

Bulat

Seperti halnya dengan bundar, bulat adalah sebuah lingkaran yang memiliki dimensi atau massa yang penuh di setiap sisi-sisinya. Ini bisa diistilahkan juga dengan bentuk utuh 3 dimensi (tri matra).

Tahu bulat sudah benar. Jangan diganti tahu bundar ya! (youtube)

Jadi kalau ada orang menyebut ‘bumi itu bulat’, maka hal itu benar. Tapi jika ia menyebut ‘bumi itu bundar’, maka itu salah karena beda makna dan artinya.

Bagaimana, sudah paham? Harus diakui banyak sekali dari kita yang sering tertukar dalam menyebut sesuat dengan bulat atau bundar. Semoga dengan artikel ini, kesalahan itu tidak ada lagi ya!

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Keren, Wanita Mantan Penjual Nasi Padang Ini Menjadi Presiden Muslimah Pertama di Singapura

Orang Tuanya Tercyduk Kasus Korupsi, 4 Artis Ini Justru Makin Eksis. Durhaka Kekinian?