4 Hal Mengerikan yang Pasti Terjadi Jika Indonesia-Malaysia Jadi Berperang

Apalah perang ini akan menjadi awal dari PD ke-3?

Setelah insiden terbaliknya bendera Indonesia pada ajang Sea Games 2017 di Malaysia beberapa waktu lalu, hubungan antara Indonesia dan Malaysia semakin memanas saja. Serangan hacker-hacker Indonesia adalah buktinya. Namun, bagaimana jika perang nyata kedua negara benar-benar terjadi?

Baca juga : 7 Jenis Ciuman Beserta Maknanya. Jujur Deh, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Terbaliknya bendera Indonesia karena ulah Malaysia beberapa waktu lalu semakin memanaskan hubungan kedua negara. | seword.com

Dengan semakin buruknya hubungan Indonesia dan Malaysia, kabarnya ada beberapa negara yang tidak segan-segan mengusulkan perang antar kedua negara. Dan jika perang itu benar-benar pecah, tentu akan banyak hal buruk yang akan terjadi. Diantaranya, adalah empat hal mengerikan berikut ini:

1. Sektor pariwisata akan tamat

Kawasan Asia Tenggara memang sangat terkenal dengan sektor pariwisata di setiap negaranya, tak terkecuali Indonesia dan Malaysia. Namun jika kedua negara ini berperang, maka tidak akan ada lagi wisatawan yang mau berkunjung karena alasan keselamatan. Tentu, hal ini akan sangat merugikan.

Jika Indonesia-Malaysia berperang, maka tidak akan ada lagi pemandangan seperti ini. | tirto.id

2. Asia Tenggara menjadi kacau

Indonesia adalah pusatnya Asia Tenggara karena berperan besar dalam banyak sektor di kawasan ini. Dengan fakta tersebut, jelas, negara-negara di Asia Tenggara akan menjadi kacau jika Indonesia dan Malaysia jadi berperang. Asia Tenggara seperti kehilangan sosok pemimpin yang bisa diandalkan.

Kehilangan sosok leader bernama Indonesia, stabilitas negara-negara di Asia sudah pasti akan menjadi kacau. | straitstimes.com

3. Ekonomi dunia terganggu

Bukan hanya negara-negara Asia Tenggara yang akan merasakan langsung dampak buruk dari perang Indonesia-Malaysia, namun juga seluruh dunia. Asia Tenggara, merupakan kawasan bisnis potensial bagi bisnis dunia. Jika kawasan ini kacau, maka perekonomian dunia juga akan terganggu.

Perang Indonesia-Malaysia juga akan mengganggu sistem perekonomian dunia. | ayogitabisa.com

4. Banyak negara yang terlibat

Ini adalah dampak yang paling mengerikan. Demi kepentingan dan persaudaraan, perang Indonesia-Malaysia akan menyeret banyak negara untuk terlibat mengangkat senjata. Seperti Cina, Inggris, dan Australia yang akan berpihak pada Malaysia, serta Amerika dan Rusia yang akan membela Indonesia.

Dengan kalimat yang lebih sederhana, perang Indonesia-Malaysia adalah pintu gerbang Perang Dunia ke-3.

Dengan ikut sertanya banyak negara, perang Indonesia-Malaysia bisa saja menjadi gerbang Perang Dunia ke-3. | youtube.com

Nah, bagaimana pendapat #SobatInovasee? Apakah perang saudara serumpun antara Indonesia dan Malaysia memang layak terjadi, atau sebaliknya? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya!


Rekomendasi #SobatInovasee:

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: “Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal.”

Keren, Toilet di Jepang Punya 5 Fitur Unik dan Canggih yang Bikin Melongo

Deretan Foto Karangan Bunga Pengantin Ini Dijamin Bikin Ngakak