Tidak Sebebas Dulu, Penyelenggara Acara Nobar Piala Dunia 2018 Tanpa Izin Bakal Kena Hukum!

Kalau kamu berencana membuat acara nobar di tempat komesil, sebaiknya segera pelajari tata caranya daripada mendapat masalah di kemudian hari

Piala Dunia 2018 tinggal beberapa bulan lagi. Perhelatan akbar sepakbola internasional itu sedianya akan mulai berlangsung pada tanggal 14 Juni hingga 15 Juli 2018 mendatang di Rusia. Selama ini, nonton bareng (nobar) Piala Dunia selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi para penggila sepakbola.

Entah di kafe, restoran, atau bahkan sengaja membuat acara sendiri di sekitar rumah biasa menjadi pilihan menarik untuk lokasi nobar bersama sesama penggila bola lainnya. Tapi itu dulu. Saat ini, kita mungkin tak bisa lagi melakukan nobar seleluasa dulu, karena penyelenggara acara nobar Piala Dunia 2018 wajib mengantongi izin jika tak mau diperkarakan secara hukum.

Program public exhibition

Pada dasarnya, penyelenggara Piala Dunia menjual lisensi atau hak siar tayangan Piala Dunia kepada instansi manapun yang tertarik untuk membelinya. Pada gelaran Piala Dunia kali ini, pemegang lisensi resmi hak siar Piala Dunia 2018 dipegang oleh Futbal Momentum Asia (FMA), dan FMA bermaksud untuk membuat sebuah wadah dan program public exhibition di seluruh wilayah Indonesia dengan nama Pesta Bola Indonesia.

ilustrasi nobar piala dunia (tempo.co)

Program ini bertujuan untuk menjadikan Piala Dunia 2018 bisa dinikmati bersama di seluruh Indonesia, namun sesuai dengan kaidah-kaidah yang ditetapkan oleh FIFA selaku penanggung jawab dan pengawas manajemen seluruh public viewing dan public exhibition Piala Dunia 2018. Oleh karenanya, semua tempat publik di Indonesia yang ingin menggelar acara nonton bareng secara resmi wajib mendapat izin sublisensi dari FMA selaku pemegang hak eksklusif atas semua media, siaran, dan komersial, termasuk transmisi dan penyiaran di seluruh kepulauan Indonesia.

Registrasi dan sanksi

Jadi kalau kamu adalah pemilik kafe, restoran, atau event organizer yang tertarik untuk menggelar acara nobar di tempat-tempat publik, kamu bisa melakukan registrasi di pestabola.co.id dan memilih sesuai empat kategori yang tersedia, yakni: kategori satu (kafe, bar, lounge, karaoke), kategori dua tempat publik di bawah 5.000 orang, kategori tiga di atas 5.000 orang, dan kategori empat khusus hotel dan apartemen.

Pemegang sublisensi akan mendapatkan sertifikat dari FMA (breakingnews.co.id)

Hak sublisensi dijual dalam paket satu bulan, alias selama Piala Dunia berlangsung. Perusahaan yang mendaftar akan mendapatkan konfirmasi dan sertifikat yang bisa diunduh di halaman akun masing-masing.

Ada 4 kategori yang diberikan FMA bagi para penyelenggara nobar (breakingnews.co.id)

Jika diketahui ada tempat publik yang nekat menggelar acara nobar tanpa lisensi dari FMA, maka FMA akan mengambil tindakan tegas, mulai dari memberi somasi hingga maksimal tiga kali, sampai melaporkan pada yang berwajib, dalam hal ini polisi dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Langkah ini dilakukan berdasarkan aturan FIFA yang menyebutkan bahwa penyelenggara acara nobar di tempat komersil harus memiliki izin dari pemilik lisensi.

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *