4 Penyakit Mematikan Ini Ternyata Bisa Dideteksi Lewat Suara! Kok Bisa Ya?

Bahkan salah satunya kanker!

Ketika mendengar suara seseorang yang parau atau bahkan serak, kamu pasti bisa menebak bawa orang tersebut sedang terkena flu berat. Bisa jadi akibat radang tenggorokan hingga batuk. Atau seseorang yang sedang pilek maka suaranya bisa sedikit bindeng. Namun ternyata, berubahnya suara juga bisa lho menjadi tanda munculnya penyakit lain yang bahkan lebih berbahaya!

Suara serak (hellosehat.com)

Setidaknya ada beberapa penyakit mematikan yang keberadaannya bisa dideteksi lewat perubahan suara. Oleh karena itu mulai sekarang jangan abaikan suara yang terdengar aneh atau berubah. Berikut ini beberapa penyakit yang harus kamu waspadai.

Polip hidung

Penyakit pertama yang bisa dideteksi lewat suara adalah polip hidung. Polip ini biasanya disebabkan oleh infeksi, alergi, atau reaksi kekebalan tubuh terhadap lingkungan. Gejalanya ditandai dengan hidung yang tersumbat, keluarnya cairan dari hidung, nyeri wajah, serta turunnya fungsi indera penciuman.

Polip hidung (hellosehat.com)

Hingga kini, polip hidung tidak bisa disembuhkan namun bisa dikurangi dengan steroid dan operasi jika dirasa makin parah. Seseorang yang mengalami polip biasanya bisa dikenali melalui suara.

Asam lambung

Kalau diperhatikan, rasanya tidak ada hubungan antara asam lambung dengan pita suara ya. Tapi ternyata penyakit ini juga bisa dideteksi melalui suara, yaitu ketika kamu sering merasakan serak ketika bangun pada pagi hari. Bahkan hal tersebut sudah pernah diteliti sebelumnya.

Asam lambung (dfrcollection.com)

Seorang peneliti dari London Medical mengemukakan bahwa asam yang keluar dari perut saat tidur bisa mengganggu tenggorokan. Hal ini membuat pita suara menjadi bengkak sehingga kualitas suara juga berubah. Oleh karena itu jika kamu sering merasa serak di pagi hari lebih baik segera cek ke dokter.

Kanker Laring

Kanker Laring (autoimuncare.com)

Penyakit ini menjadi salah satu yang mematikan dimana keberadaannya bisa dilihat dari perubahan suara. Kanker ini bisa dideteksi dengan berubahnya suara sebagai tahap awal. Perubahan tersebut disebabkan oleh pembengkakan yang terjadi di tenggorokan sehingga mengganggu pita suara.

Nodul pita suara

Nodul pita suara (hellosehat.com)

Penyakit satu ini bisa ditandai dengan suara serak karena adanya pembengkakan. Nodul pita suara ini biasanya menyerang mereka yang sering mengeluarkan suara keras seperti penyanyi, guru ataupun dosen yang sering mengajar di depan kelas. Meski begitu tak perlu khawatir, penyakit ini termasuk mudah disembuhkan dengan cara mengistirahatkan pita suara saja.

Nah itulah beberapa penyakit yang bisa diketahui lewat perubahan suara. Jadi kalau misalnya kamu merasa serak atau parau padahal tidak sedang flu, lebih baik segera konsultasikan ke dokter agar bisa mendapat penanganan yang tepat.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *