Penuh Misteri, Konon 4 Lagu Ini Bisa Memicu Pendengarnya Bunuh Diri

Jangan coba-coba dengerin lagu ini sendirian guys…

Bagi insan musik sejati, musik bukan hanya sekedar nada-nada yang dikombinasikan menjadi sebuah irama yang enak didengar. Namun lebih dari itu, musik juga dijadikan sebagai media berkespresi, seni, dan alat propaganda.

Musik konon dapat membuat seseorang menjadi diluar kendali (jadiberita.com)

Namun ada yang menarik dari musik-musik yang pernah populer di dunia. Konon katanya, beberapa lagu di dunia sempat dilarang oleh pemerintahan karena dianggap sebagai penyebab bunuh diri di beberapa negara. Mau tahu lagu apa saja yang penuh misteri dan konon dianggap sebagai penyebab bunuh diri?

1. Gloomy sunday

Lagu yang paling terkenal dianggap sebagai lagu penyebab bunuh diri yang pertama ialah lagu yang berjudul Gloomy Sunday. Lagu dengan aransemen sendu dan hampa ini memang terdengar sangat suram.

Pertama kali lagu ini diproduksi oleh komposer dan pianis asal Hungaria Rezso Seress pada tahun 1930an. Awalnya lagu ini mengisahkan penderitaan akibat peperangan yang tidak berkesudahan. Seiring dengan perjalanan waktu, lirik lagu ini kemudian diganti oleh Laszlo Javor dengan judul Sabtu Sedih.

Lagu gloomy sunday pemicu bunuh diri (solopos.com)

Dalam versi Laszlo Javor lirik lagu ini berceritakan tentang keinginan seseorang bunuh diri akibat ditinggalkan kekasihnya. Nada dan lirik pada Gloomy Sunday pun terdengar sangat sendu dan mencerminkan keputusasaan dan prustasi.

Tahun 1941, lagu ini kemuian populer di berbagai negara yang berbahasa Inggris setelah dipopulerkan oleh Billie Holiday. Namun kepopuleran lagu gloomy sunday menyimpan banyak misteri. Nyanyian yang sumbing dan mencekam menjadi misteri pertama dari lagu ini.

Di era 1930-1940an, di Amerika dan Hungaria tercatat 19 orang diketahui melakukan bunuh diri setelah mendengarkan lagu ini. Pemerintah pun akhirnya melarang lagu gloomy sunday beredar sampai kemudian peraturan tersebut dicabut pada tahun 2000 silam.

Misteri lagu gloomy sunday (adasaja.net)

Banyak teori yang menjelaskan tentang hubungan lagu glomming sunday dan bunuh diri. Ada yang mengatakan hal tersebut terjadi karena kebanyakan orang yang prustasi, putus asa dan ingin bunuh diri lebih menyukai lagu glomming sunday karena dianggap mewakili perasaannya.

Ada juga yang mengatakan jika mendengarkan lagu glomming sunday memang dapat membuat pendengarnya merasa prustasi dan ingin bunuh diri. Percaya yang mana gusy?

2.  Reverse dari Karl Meyer

Kalau lagu yang satu ini bisa dikatakan hanya sebuah suara musik yang tidak begitu beraturan namun terdiri dari nada-nada yang berirama. Lagu ini tidak memiliki lirik sedikitpun, hanya beberapa suara-suara misterius mirip jeritan anak-anak dan wanita yang sedang kesakitan.

Reverse dikatakan lagu pemicu bunuh diri (Deketin.Com)

Menurut berita yang beredar, mendengarkan lagu ini secara terus menerus dapat membuat kita merasa gelisah, takut, dan gangguan mental lainnya. Lebih lanjut, mendengarkan musik reverse juga diduga bisa mengakibatkan seseorang mengakhiri kehidupannya.

3. Adam’s Songs dari Blink 182

Awalnya, lagu Blink 182 diciptakan justru untuk mencegah seseorang melakukan bunuh diri. Lagu ini setelah Mark Hoppus, bassist Blink 182 mendapatkan sepucuk surat dari fans-nya yang merasa hidupnya penuh dengan kegagalan dan keputusasaan sehingga ia akan bunuh diri.

Blink 182 penuh misteri (deviantart.net)

Namun setelah lagu ini diedarkan,  justru lagu ini membuat belasan remaja memutuskan untuk bunuh diri massal setelah mendengarkan lagu ini berulang kali. Kematian remaja tersebut akhirnya menjadi titik awal dimana lagu ini dikatakan sebagai penyebab seseorang bunuh diri.

4. Rock bottom dari Eminem

Sebenarnya lagu dari Eminem ini tidaklah semenakutkan lagu-lagu lainnya. Namun lagu ini sempat menghebohkan Inggris setelah seorang ayah menceritakan jika anaknya selalu mendengarkan lagu ini sebelum ia ditemukan bunuh diri di kamarnya.

Lirik rock bottom dari eminem (tumblr.com)

Kisah bunuh diri pun berlanjut, setelah teman dari remaja tersebut juga melakukan bunuh diri setelah sebelumnya menuliskan lirik Rock bottom diatas sebuah kertas. Adakah hubungan bunuh diri kedua remaja ini dengan lagu Rock bottom?

Itulah beberapa lagu yang sempat heboh dikarenakan diduga sebagai pemicu pendengarnya untuk melakukan bunuh diri. Bagaimana menurutmu guys, percaya atau tidak? Coba dengarkan dulu lagunya satu-satu. Jangan sendirian yah dengerinnya.

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *