Pentingnya Pendidikan Kaum Wanita, Sebab Untuk Menjadi Istri yang Baik, Tidak Cukup Hanya Modal Cantik.

Entah menjadi wanita karir atau ibu rumah tangga, wanita wajib berpendidikan tinggi~ Dian Sastro

Pendidikan bagi kaum wanita memang masih banyak dipandang sebelah mata oleh masyarakat Indonesia. Bahkan kita masih sering mendengar ungkapan, “ngapain cewek sekolah tinggi-tinggi, toh nanti ujung-ujungnya hanya ngurus anak dan suami”

pentingnya pendidikan bagi kaum wanita (simari.ulm.ac.id)

Pernyataan tersebut sekilas memang ada benarnya, namun jika mau berfikir lebih jauh, bukannya mengurus rumah tangga juga perlu sebuah pengetahuan? Terkecuali kamu hanya bercita-cita menjadi ibu rumah tangga biasa yang membangun rumah tangga juga ala kadarnya.

Tulisan ini sedikit menjelaskan bagaimana pentingnya pendidikan bagi seorang wanita. Sebab, meskipun jaman sudah maju, namun pendidikan bagi wanita masih kalah populer dibandingkan dengan merias wajah.

Wanita akan menjadi seorang ibu yang merupakan sekolah pertama bagi generasi bangsa

Bagi seorang muslim, mungkin sudah tidak asing dengan sebuah hadist nabi yang mengatakan jika wanita merupakan tiang negara. Jika wanita wanitanya baik, maka negara tersebut akan baik, naun jika akhlak wanitanya rusak maka rusaklah negara tersebut.

Kenapa peran wanita begitu penting bagi negara? Sebab wanita merupakan sekolah pertama yang akan membentuk bagaimana kualitas generasi bangsa. Jika wanita memiliki ilmu, maka generasi yang dilahirkan juga generasi berilmu.

Wanita akan menjadi guru pertama bagi generasi bangsa (tempo.co)

Loh kok cuma wanita, bukannya mendidik anak tanggung jawab suami istri? Memang benar, tanggung jawab mendidik anak ada pada suami istri. Namun waktu terbanyak yang bisa dihabiskan dengan anak ialah istri, sebab suami banyak menghabiskan waktu di luar rumah dengan pekerjaannya.

Selain itu, anak juga lebih dekat dengan ibu, artinya sang anak akan lebih banyak meniru tingkah laku ibu dibandingkan ayah. Jadi, kalau seorang ibu tidak berilmu, bagaimana bisa mendidik generasi bangsa yang gemilang dan cemerlang yang bisa berguna bagi agama, nusa dan bangsa?

Cantik saja tidak cukup untuk menjadi istri dan seorang ibu yang baik

Mungkin saat masih muda, kecantikan merupakan investasi terbesar bagi perempuan. Namun saat sudah berkeluarga apalagi sudah memiliki anak, inevstasi tersebut mulai memudar. Coba jika saat muda kamu menginvestasikan ilmu dalam dirimu, sampai jasadmu terkubur di liang lahat investasi tersebut masih berguna buat kamu dan anak cucumu.

Menjadi wanita cantik itu baik, namun ada hal yang lebih penting dari sekedar memoles wajah, yakni seberapa banyak ilmu di isi kepala wanita untuk menjalani perannya sebagai istri dan ibu dari generasi bangsa.

Cantik saja tidak cukup untuk menjadi istri dan ibu yang baik (tuturma.ma)

Jika masih ada yang berfikiran, “ngapain wanita sekolah tinggi jika nanti kerjanya cuma masak sama momong anak” coba kamu bayangkan kembali. Sebagai wanita, kamu lebih bangga mana, bekerja di perusahaan ternama, atau berhasil melahirkan generasi berilmu yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama?

Kalau menurut saya pribadi, sangat sia-sia ilmu seorang wanita yang hanya dihabiskan untuk mengabdi di tempat kerjanya. Dan betapa mulianya wanita yang membesarkan anak-anaknya dengan segenap ilmu yang dimilikinya.

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *