Pentingnya ‘Me Time’ Guna Menjaga Kewarasan Akibat Kesibukan yang Membosankan

Agar fikiran dan fisik tetap waras, boleh loh kamu manjakan diri tanpa mengurusi orang lain~

Di era modern seperti saat ini, berbagai gangguan kejiwaan mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Hal tersebut dipengaruhi semakin banyaknya tekanan hidup manusia modern.

| gaijinpot.com

Salah satu yang membuat hidup terasa stres ialah rutinitas pekerjaan harian yang membosankan. Menjalani hidup monoton dengan tekanan yang cukup tinggi ternyata berdampak memburuknya kondisi psikis dan fisik seseorang.

Disinilah pentingnya adanya Me Time untuk sejenak merefresh otak dan pikiran dari penatnya kesibukan dalam hari-harimu.

pentingnya me time untuk kesehatan fisik dan mental (amusingplanet.com)

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Annals of Behavioral Medicine menyatakan, jika meluangkan waktu minimal 15 menit sehari untuk menghibur diri mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, mengurangi resiko serangan jantung, serta mampu membuat pikiran terasa lebih tenang.

Menurut penelitian tersebut, menyisakan waktu untuk memanjakan diri terbukti mampu membuat kamu tetap waras baik kondisi psikis maupun fisik akibat berbagai tekanan pekerjaan.

me time penting agar kamu tetap waras (jokosusilo.com)

Me Time yang dimaksud ialah waktu dimana kamu benar-benar merasa rileks tanpa gangguan dari kesibukan lainnya. Menurut pakar kesehatan perilaku, Gabrielle Loehr, menyebutkan, banyak orang yang salah kaprah dengan menggunakan me time dengan bermain media sosial.

Padahal, menurut Gabrielle Loehr, bermain media sosial merupakan salah satu kegiatan penyumbang depresi dan stres tertinggi setelah pekerjaan.

yoga mencerdaskan otak
Yoga menjadi salah satu alternatif me time (media.salon.com)

Me time terbaik ialah dengan mengasingkan diri ke tempat ternyaman, dengan cara menikmati secangkir teh, meditasi, yoga, membaca buku, atau melakukan kegiatan yang menjadi hobimu.

Poin terpenting dari me time yang baik bagi kesehatan fisik dan psikis ialah dimana kamu tidak terbebani dengan segala fikiran dan tugas pekerjaan.

Selain itu, me time bisa juga diisi dengan mengunjungi atau berlibur bersama-sama orang yang kamu sayangi. Seperti pasanganmu, keluargamu, atau kerabat lamamu yang jarang bertemu.

Berlibur menjadi salah satu pilihan me time terbaik (futuready.com)

Meskipun terdengar sederhana, namun menyenangkan diri sendiri di sela-sela kesibukan memang itu perlu. Sebab, bagaimanapun tubuh manusia bukanlah mesin. Ia perlu diistirahatkan dan disegarkan fisik dan psikisnya dengan berlibur atau menghabiskan waktu kualitasnya.

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *