Pendidikan, Percintaan, dan Pertemanan, Inilah Alasan Masa SMA Fase Terindah yang Susah Dilupakan

Menurut kamu apa yang membuat masa SMA itu indah untuk dikenang?

Kisah kasih disekolah dengan si dia, tiada masa paling indah, masa-masa di sekolah. Tiada kisah paling indah… kisah-kasih di sekolah” Sebait lirik lagu Kisah Kasih di Sekolah dari Almarhum Chrisye menjadi dalil penguat jika masa sekolah merupakan masa terindah dalam fase kehidupan seseorang. 

Masa SMA merupakan masa paling indah (idntimes.com)

Baik masa sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sampai sekolah menengah atas, masa-masa sekolah memang menjadi masa-masa paling menyenangkan yang harus kamu nikmati. Namun diantara beberapa jenjang pendidikan yang dilalui, konon masa-masa SMA merupakan masa terindah dan momen termanis yang sangat susah dilupakan.

Benar atau tidak, namun penulis sendiri juga merasakan jika masa SMA merupakan masa dimana banyak sekali kenangan yang susah dilupakan, dan selalu indah untuk dikenang kembali. Lalu apa saja sih yang membuat masa-masa SMA dikatakan sebagai masa terindah yang susah dilupakan?

Masalah percintaan mulai mewarnai kehidupan masa SMA

Yang tidak bisa dilupakan bagi mereka yang memiliki kisah indah di sekolah, ialah tentang kisah percintaan. Masa-masa SMA merupakan masa yang paling sering diidentikan dengan persoalan percintaan. Wajar saja, sebab masa SMA merupakan masa puberitas yang secara fitrah pada masa ini, remaja mulai timbul rasa tertarik pada lawan jenis.

Mulai menyukai lawan jenis (zetizen.com)

Saking indahnya kisah percintaan di masa SMA, keindahan kisah percintaan masa SMA banyak menginspirasi seniman, atau produser untuk mengangkat tema percintaan ini kedalam sebuah judul lagu atau diangkat menjadi sebuah film. Katakanlah film yang lagi booming, Dilan.

Pertama kali nembak seseorang, pertama kali jalan dan makan bareng gebetan, pertama kali nangis karena cemburu, hal-hal itulah yang membuat roman percintaan masa SMA susah dilupakan.

Kisah pertemanan masa SMA memiliki daya tarik tersendiri untuk selalu dikenang

Selain kisah percintaan, yang membuat masa-masa SMA menjadi lebih berkesan ialah persoalan persahabatan. Banyak yang mengatakan jika masa-masa SMA merupakan masa dimana pertemanan menciptakan banyak kenangan indah bersama sahabat.

Masa SMA persahabatan lebih erat (steemit.com)

Dari nakal bareng, bolos sekolah bareng, atau aktif organisasi bareng sampai pulang malam, itu semua dilakukan bareng teman dimasa SMA. Kenapa pertemanan masa SMA lebih erat dibandingkan dengan masa SMP apalagi SD?

Karena masa SMA, secara psikologi remaja sedang butuh komunitas yang bisa menerimanya. Saat ia sudah mulai diterima dan cocok dalam sebuah komunitas atau teman tongkrongan, maka ikatan yang dibangun juga lebih kuat. Kebutuhan komunitas yang bisa menerima usia SMA inilah yang menjadikan banyak sekali komunitas maupun genk motor yang banyak beranggotakan anak SMA.

Nakal bareng saat masa SMA (idntimes.com)

Selain itu, waktu bermain masa SMA dengan teman tongkrongannya juga lebih banyak jika dibandingkan saat SMP apalagi SD. Kita kadang bisa menghabiskan waktu berhari-hari dengan teman SMA, bahkan sampai menginap di rumahnya bareng-bareng. Masa SMP menginap di rumah orang mungkin bakalan dicariin emak kali yah.

Soal pendidikan, masa SMA sudah mulai sadar belajar

Selain masalah percintaan dan kisah pertemanan, yang membuat masa SMA selalu indah untuk dikenang ialah persoalan pendidikan. Biasanya, masa SMA kita mulai muncul berinisiatif belajar mandiri, tanpa disuruh apalagi dikejar-kejar emak. Sebab saat SMA tidak dipungkiri persaingan akademik lebih terbuka dan lebih ketat. Artinya kita tidak belajar sedikit saja sudah ketinggalan pemahaman.

Mulai serius belajar dan aktif organisasi (diingklik.net)

Selain itu, momen ujian nasional juga kerap kali menghantui pelajar SMA. Bayang-bayang menyeramkan UN inilah yang sedikit banyak membuat pelajar SMA mau tidak mau, suka tidak suka, dia harus belajar agar bisa lulus ujian nasional.

Tidak hanya di ranah akademis, dibidang non akademis juga masa SMA sudah mulai ada ketertarikan. Baik berorganisasi, atau ikut kegiatan ekstrakulikuler lainnnya. Yang mana kegiatan-kegiatan tersebut memberikan kesan tersendiri bagi kita saat sudah lulus nanti.

Itulah beberapa alasan kenapa masa SMA selalu indah untuk dikenang, dan memiliki alasan tersendiri untuk dimasukan ke dalam file momen indah dalam hidup kita. Kalau menurut kamu, hal apa yang membuat masa SMA susah dilupakan?

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *