Ternyata, Penderita Depresi Bisa Diketahui dari Foto Apa yang Dipostingnya di Instagram

Jadi, jangan buru-buru kesal kalau melihat postingan temanmu isinya hanya selfie melulu. Siapa tahu…..

Beberapa waktu lalu, kita sering mendengar adanya kasus bunuh diri yang disebabkan oleh depresi. Mulai dari orang biasa hingga selebriti macam Chester Bennington dari Linkin Park pun bisa mengalaminya, karena gangguan kejiwaan ini memang tak pandang bulu.

Selain gejala-gejala yang tampak pada kehidupan sosial sehari-hari, ternyata seseorang yang mengalami depresi bisa diketahui melalui foto yang diunggah ke Instagram. Maka, kalau kamu mengenali seseorang yang menunjukkan beberapa ciri ini di foto-foto yang diunggahnya, sebaiknya kamu turut memantau atau memberikan perhatian padanya agar hal-hal yang tak diinginkan bisa dihindari.

Kerap memilih filter hitam, abu-abu atau biru

Warna-warna hitam, kelabu atau biru identik dengan mereka yang menderita depresi – petapixel.com

Bagi beberapa orang, pemilihan warna filter yang cenderung hitam, abu-abu atau biru mungkin terlihat menarik dan bernilai seni. Tapi siapa sangka, filter dengan pilihan warna tersebut ternyata menunjukkan kemungkinan depresi yang besar pada seseorang ketimbang mereka yang memilih filter berwarna cerah.

Sering mengunggah foto, namun sedikit yang berisi orang lain

Banyak mengunggah gambar tapi minim objek hidup adalah salah satu ciri orang depresi – hotsaucedrops.com

Terkadang kita jengkel saat seseorang terlalu sering memposting foto dirinya di media sosial. Tapi di luar kejengkelan itu, perlu juga kita perhatikan selfie seperti apa yang diunggah seseorang. Menurut Chris Danforth dari University of Vermont dan Andrew Reece dari Harvard University, penderita depresi cenderung mengunggah foto dengan wajah di dalamnya (bisa selfie atau foto orang lain). Bedanya, mereka yang depresi memilih untuk tidak menampilkan banyak orang dalam foto yang diunggahnya. Penderita depresi juga senang memposting foto benda mati atau pemandangan daripada objek hidup seperti manusia. Apalagi jika kesan suram dan sunyi amat menonjol dari foto yang diunggahnya, maka semakin besar kemungkinan orang tersebut menderita depresi.

Banyak mendapat like dan komentar

Banyak mendapat like dan komentar tak selamanya berarti baik loh – marketingland.com

Mendapat banyak like dan komentar dari pengguna Instagram lainnya memang menyenangkan. Itu bisa membuat kita selalu semangat untuk terus mengisi akun Instagram kita dengan foto-foto terbaru. Tapi ternyata, banyaknya jumlah like dan komentar yang muncul juga bisa jadi pertanda depresi bagi seseorang. Hal ini dikarenakan pemilik akun tersebut lebih banyak mempunyai teman di media sosial daripada teman di dunia nyata. Jadi meskipun di Instagram banyak orang yang berinteraksi dengannya, dalam kenyataan sehari-hari amat sedikit orang yang bersinggungan langsung dengannya.

Kalau kamu menemukan ciri-ciri tersebut pada Instagram salah seorang kawanmu, alangkah baiknya kalau kamu memberikan sedikit perhatian padanya. Bisa jadi, ia memang membutuhkan perhatian dari orang-orang di sekitarnya untuk sembuh dari depresi…

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Karena 5 Alasan Ini, Cewek yang Naik Matic Selalu Bikin Cowok Jatuh Hati

Sebentar Lagi, Warnet Hanya untuk 18+. Terus Mereka yang Masih Sekolah Bagaimana?