Menahan Ijazah Karyawan Merupakan Perbuatan Keji dan Melanggar Undang-Undang

Kamu salah satu korbannya?

1.1k
SHARES

Apa kamu adalah seorang karyawan yang sampai detik ini masih was-was karena ijazah yang kamu perjuangkan selama bertahun-tahun ditahan oleh perusahaan? Faktanya, belakangan ini semakin banyak saja perusahaan yang melakukan kebijakan seperti itu. Jadi, mari kita berpikir kritis dan mulai bertanya, sebetulnya, bolehkah perusahaan menahan ijazah karyawan?

Belakangan ini, jumlah perusahaan yang menahan ijazah karyawan terus meningkat. | spbumisuksesindo.blogspot.co.id

Jawabannya adalah tidak boleh. Karena berdasarkan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, tidak ada satu pun aturan yang membolehkan perusahaan menahan surat-surat berharga milik karyawan, termasuk ijazah. Kalau perusahaan nekat, maka itu melanggar hukum.

Tidak melanggar karena kesepakatan

Yang kemudian menjadi masalah adalah, dalam prakteknya, ada beberapa kasus yang diperbolehkan karena adanya kesepakatan kedua belah pihak. Dengan kata lain, pihak karyawan sepakat untuk membolehkan perusahaan tempatnya bekerja untuk menahan ijazahnya.

Penahanan ijazah menjadi lolos hukum karena adanya kesepakatan kedua belah pihak. | papasemar.com

Kesepakatan itu kemudian dituangkan dalam perjanjian kerja yang mengikat karyawan dengan perusahaan dalam hubungan kerja, baik secara lisan maupun tertulis.

Karyawan menjadi yang paling dirugikan

Bagi kebanyakan karyawan yang tidak mengerti hukum dan resiko ketenagakerjaan, ditahannya ijazah mereka oleh perusahaan bukanlah masalah yang perlu dipikirkan. Namun sebenarnya, karyawan menjadi pihak yang paling dirugikan dengan penahanan itu.

Karyawan menjadi pihak yang paling dirugikan atas penahanan ijazah mereka. | mapcorner.wg.ugm.ac.id

Mengapa? Karena karyawan akan kehilangan kesempatan besar untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik di tempat lain. Dan kalau nekat ingin mengundurkan diri, maka karyawan harus membayar denda sebagai uang tebusan untuk mendapatkan ijazahnya kembali.

Perusahaan pun berpotensi rugi

Kesepakatan bersama antara karyawan dan perusahaan itulah yang membuat kontrak kerja beberapa perusahaan sering kali melanggar undang-undang, merugikan hak-hak karyawan, namun dibolehkan.

Jadi bagaimana pun cara perusahaan melakukannya, penahanan ijazah bukanlah solusi yang bijak sebagai jaminan kontrak kerja atau cara agar karyawan bertahan lama di perusahaan. Sebab, hal itu tidak hanya merugikan karyawan, namun juga perusahaan. Kalau sewaktu-waktu ijazah itu hilang, rusak, dan terkena bencana, maka perusahaan bisa dituntut balik oleh karyawan.

Kalau hal seperti ini terjadi dan ijazah para karyawan hilang, maka perusahaan bisa dituntut balik oleh karyawan. | metropantura.com

Dengan kalimat yang lebih sederhana, kalau perusahaan tempatmu bekerja menahan ijazah yang kamu perjuangkan mati-matian itu dan saat ini tidak tahu disimpan di mana, maka, tentu saja, kamu pantas khawatir dan bertanya-tanya.

1.1k
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."