Kamu yang Lahir Bulan Juni Patut Bangga, Sebab 4 dari 7 Presiden Kita Juga Lahir di Bulan Juni

lanjutkan tradisi yang lahir bulan Juni menjadi pemimpin Bangsa ini.

1.9k
SHARES

Bulan juni sepertinya menjadi bulan yang bermakna bagi para mantan pemimpin Bangsa Indonesia. Pasalnya, selain menjadi hari monumental lahirnya Pancasila, bulan Juni juga menjadi hari lahirnya para pemimpin Bangsa Ini.

Para pemimpin yang lahir bulan Juni

Kamu juga lahir di bulan Juni? Sepertinya kamu boleh berbangga diri, sebab sejarah mencatat banyak pemimpin besar yang lahir di bulan juni. Semoga saja kamu bisa menjadi pemimpin besar selanjutnya. Lalu siapa saja mantan Presiden Indonesia yang lahir di bulan Juni?

1. Sang Proklamator, Ir. Soekarno

Berbicara soal perjuangan Bangsa Indonesia, maka tidak terlepas dari sosok Presiden pertama kita, Ir Soekarno. Beliau merupakan corong kemerdekaan Bangsa Indonesia, meskipun tidak menyampingkan para jasa-jasa pahlawan dan tokoh yang lainnya.

Soekarno dilahirkan di Surabaya pada tanggal 6 Juni 1901 (beritatrendz.com)

Namun kehadiran Soekarno bagi kemerdekaan Bangsa Indonesia sangatlah terasa, dikenal sebagai orator ulung Soekarno berhasil menyalakan api perjuangan dan persatuan Bangsa Indonesia hingga meraih kemerdekaan. Inilah kelebihan mereka yang lahir bulan Juni, ia memiliki kempampuan menjadi komunikator yang hebat.

Nah, dibalik besarnya jasa Presiden Soekarno, ternyata ia salah satu pemimpin Bangsa Indonesia yang lahir di bulan Juni. Soekarno dilahirkan di Surabaya pada tanggal  6 Juni 1901, ia menjadi Presiden pertama Indonesia saat berusia 44 tahun. Namun, di bulan Juni juga Sang Proklamator kita menghembuskan nafas terakhirnya, tepatnya pada tanggal 21 Juni 1970, atau tiga tahun setelah lengser menjadi Presiden.

2. Jenderal Besar TNI H. M. Soeharto

Setelah terjadi gejolak kemanan negeri ini atas tragedi 30 September, kondisi kepemimpinan Sokerano mulai melemah. Hingga akhirnya pada 22 Februari tahun 1967, Presiden Soekarno menyerahkan jabatannya kepada Soeharto di depan anggota Kabinet Ampera.

Soeharto lahir tanggal 8 Juni 1921 (tirto.id)

Namun uniknya, sama halnya dengan Presiden pertama, Soeharto sebagai Presiden kedua Negara Indonesia juga lahir di bulan Juni, tepatnya tanggal 8 Juni 1921. Sampai detik ini Soeharto merupakan Presiden terlama di Indonesia, dengan masa jabatan hampir 32 tahun.

Soeharto mundur menjadi Presiden setelah terjadi demonstrasi besar-besaran pada bulan Mei 1998. Kemudian, mantan orang nomor satu di negeri ini menghembuskan nafasterakhir pada 27 Januari 2008.

3. Prof. Dr.-Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie

Sepertinya mereka yang lahir di bulan juni masih dipercaya memimpin negeri ini, selanjutnya B.J Habibie yang memangku jabatan sebagai Presiden Negara Indonesia. Habibie merupakan Presiden ketiga di negara ini dengan masa jabatan  21 Mei 1998 – 20 Oktober 1999.

B.J Habibie lahir 25 Juni 1936 (arah.com)

Sebelum diangkat menjadi Presiden, nama B.J Habibie sudah menggaung diseantero Indonesia, bahkan gaungannya sampai ke mancanegara. Hal itu dikarenakan kecerdasan Habibie yang sangat mumpuni di bidang teknologi. Bahkan Habibie sempat menjabat menjadi Menteri di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Habibie yang pernah berhasil membuat Indonesia produksi pesawat terbang sendiri ini, lahir di kota Parepare pada 25 Juni 1936. Masih di bulan Juni kan. Ia menjabat sebagai Presiden kurang lebih selama 1 tahun dan 5 bulan sebagai presiden. Gimana, dari Presiden pertama sampai Presiden ketiga lahir di bulan Juni loh. Kamu yang lahir di bulan Juni juga harus seperti mereka.

4. Ir. H. Joko Widodo

Selanjutnya Presiden yang lahir di bulan Juni ialah Presiden saat ini, dikenal sebagai Presiden yang suka blusukan, Jokowi menjadi Presiden ketujuh di negeri ini. Karier Jokowi di dunia perpolitikan bisa dikatakan sangat cepat merangkak naik, dari mulai menjadi Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta, sampai menjadi Presiden Indonesia.

Jokowi lahir di Surakarta pada tanggal 21 Juni 1961 (ksp.go.id)

Jokowi lahir di Surakarta pada  tanggal 21 Juni 1961. Ia dilahirkan dari keluarga yang biasa-biasa saja. Presiden yang kerap memberi hadiah sepeda kepada masyarakat ini mulai menjabat menjadi Presiden pada tanggal 20 Oktober 2014.

Nah, itulah empat pemimpin Bangsa kita yang lahir di bulan Juni. Kamu yang lahir di bulan Juni seharusnya bisa dong seperti bapak-bapak pemimpin kita. Jadi, lanjutkan tradisi yang lahir bulan Juni menjadi pemimpin Bangsa ini.

1.9k
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,