Dengan 5 Cara Ini Seorang Pemalu Bisa Sukses Tampil di Depan Banyak Orang

Pemalu juga bisa sukses kok!

Sifat pemalu itu manusiawi, nggak ada yang salah kalaupun kamu seorang yang pemalu. Bahkan, rasa malu sangat sangat sangat dibutuhkan dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Yang salah dan keliru adalah apabila sifat malu tersebut dalam porsi yang berlebihan hingga menghambat kamu untuk tampil di depan umum dan menjadi seorang yang sukses.

tremefantasysports.com
tremefantasysports.com

Masih belum terlambat! Kau yang pemalu juga bisa kok sukses tampil di depan umum. Selain mengumpulkan rasa percaya diri, kamu juga butuh latihan. Nah berikut ini ada 5 cara ampuh bagi seseorang yang pemalu agar bisa tampil memukau di depan banyak orang.

1. Berhenti bersembunyi

Yang harus kamu lakukan pertama kali adalah berhenti bersembunyi dan keluarlah! Yakinkan dan katakan pada dirimu bahwa, kamu bisa melakukannya. Jangan hanya bersembunyi dan mulai tunjukkan dirimu. Terus menerus menutup diri hanya akan menghambatmu untuk berkembang dan mengenal dunia luar. Mulailah terbuka kepada orang lain dan ekspresikan apa yang kamu inginkan.

Thought Catalog
Thought Catalog

2. Berlatih lakukan segala hal sendirian

“Nanti temenin ke toko baju yuk, pengen beli ini itu tapi nggak ada temen”

“Duh, pengen banget ke cafe itu tapi masa sendirian? Kan malu kalau nggak ada temennya. Masa iya yang lain berdua bertiga aku sendirian aja”

“Aku nggak mau dateng ke pesta itu ah, malu, banyak banget orang-orang yang nggak aku kenal”

Familiar sama kalimat di atas? Terkadang kamu mencegah diri sendiri untuk berkembang dan cenderung terkekang oleh pikiran negatifmu sendiri. Memang butuh waktu, tapi kalau kamu mau kamu pasti bisa. Cobalah kesana-kesini sendiri tanpa harus mengandalkan orang lain.

themodernman.com
themodernman.com

3. Ekspresikan diri lewat hal-hal yang kamu sukai

Sangatlah penting bagi kamu untuk mengenali siapa dirimu yang sebenarnya. Apa yang kamu sukai, apa yang kamu ingin lakukan, dan juga apa yang ingin kamu capai. Jika kamu sudah yakin tentang dirimu, mulailah ambil langkah untuk mengekspresikannya.

Sesuatu yang kamu sukai akan memberikanmu keberanian dan juga rasa kepercayaan diri untuk tampil. Memang tidak seketika berhasil, kamu hanya harus berlatih untuk menunjukkan diri dengan bakat yang kamu miliki.

cloudfront.net
cloudfront.net

4. Bicara di depan kaca

Karena berlatih merupakan salah satu cara paling jitu untuk mengatasi sifat pemalu. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk melatih diri adalah dengan bicara di depan kaca. Bayangkan saja kamu sedang menghadapi seseorang atau bicara dengan banyak orang. Atur nafas dan juga suara. Sedikit demi sedikit, dengan latihan ini rasa percaya diri kamu akan terbentuk.

media.mnn.com
media.mnn.com

5. Sering bertemu dengan orang banyak

Ini sangatlah penting. Latihan paling nyata yang bisa dilakukan kamu yang sangat pemalu. Ketika mendapat kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang, entah itu dalam organisasi, pesta, seminar atau apapun itu, terima saja dan lakukan! Jangan malah menghindar.

Kebiasaan bertemu banyak orang ini akan melatih mental dan juga rasa percaya diri yang selama ini “ngumpet” dalam dirimu. Semakin banyak orang yang kamu temui, akan semakin meningkatkan keberanianmu untuk tampil di muka umum di kesempatan yang lain.

wisegeek.com
wisegeek.com

Siapa yang bilang seorang pemalu tak bisa sukses? Sudah banyak yang membuktikan bahwa pemalu juga bisa sukses, bahkan menjadi publc figure. Misalnya saja Kristen Stewart, Ariana Grande, dan juga Miley Cyrus. Nggak menyangka kan kalau mereka juga memiliki sifat pemalu? Sama.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *