7 Pelajaran Menjadi Pemuda yang Kreatif dan Produktif ala Steve Jobs

Ngaji kehidupan bareng mbah Steve Jobs dulu.

318
SHARES

Bagi sebagian generasi millennial tentu tidak asing dengan nama Steve Jobs, salah satu orang paling berpengaruh di dunia teknologi modern ini banyak berpengaruh dengan transformasi teknologi, seperti halnya Bill Gates, Mark Zuckerberg, Jack Ma, dan Jack Dorsey.

Steve Jobs merupakan salah seorang yang paling berpengaruh di teknologi modern (kimwhitephotos.com)

Seperti tokoh teknologi yang lainnya, Steve Jobs sebagai pendiri perusahaan Apple.Inc, juga banyak dijadikan motivasi dan pedoman hidup di kalangan anak muda. Terutama melalui petuah-petuahnya tentang perjuangan, produktivitas, inovasi, dan berfikiran visioner. Yang mana semua itu memang sedang dibutuhkan anak muda.

Dari beberapa pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari seorang Steve Jobs, tujuh point ini penting kamu gunakan untuk pedoman hidup anak muda agar selalu berfikir inovatif dan produktif.

1. Terus bergerak mencari inovasi

Steve Jobs memang dikenal sebagai seseorang yang visioner, pantang menyerah, dan inovatif. Sepertinya bagi dirinya kehidupan ini statis yang harus selalu bergerak mencari inovasi.

“Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan besar adalah mencintai apa yang kamu lakukan. Jika kamu belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan hanya diam. Seperti halnya pasangan hidup, kamu akan tahu bila kamu telah menemukannya. Dan, sama seperti relasi yang baik, akan lebih baik dan lebih baik seiring dengan berjalannya waktu. Jadi teruslah mencari sampai kamu menemukannya. Jangan diam” ~Steve Jobs

Itulah kata-kata dari Steve Jobs yang patut ditiru para anak muda. Terus bergerak mencari inovasi demi sebuah karya besar yang bisa bermanfaat bagi masyarakat, merupakan tugas kita sebagai anak muda.

2. Mencintai apa pekerjaanmu merupakan sebuah keharusan

Bagi seorang Steve Jobs, mencintai apapun pekerjaan yang kita lakukan merupakan sebuah keharusan. Kita tidak bisa berprestasi apa-apa dalam pekerjaan kita jika tidak ada cinta dalam mengerjakannya.

If You don’t love something, you’re not going to go the extra mile, work the extra weekend, challenge the status quo as much, ~Steve Jobs

Kenapa mencintai pekerjaan merupakan sebuah keharusan? Sebab dengan mencintai pekerjaan, seberat apapun pekerjaanmu itu akan terasa menyenangkan sebagai tantangan. Namun jika kamu tidak mencintai pekerjaanmu, seringan apapun tantangan pekerjaan itu tentu akan terasa menyeramkan.

3. Hidup ini singkat, Jadikanlah hidup ini sangat berarti

Kematian merupakan salah satu fase dalam kehidupan yang pasti kita alami. Hal inilah yang membuat seorang Steve Jobs sangat menggunakan waktu dalam kehidupannya dengan sungguh-sungguh. Bahkan dalam usia lanjutnya yang diserang kanker ia masih sempat menghadirkan inovasi terbaru bagi perusahaannya.

“Mengingat bahwa saya akan segera mati adalah alat yang paling penting yang pernah saya temukan untuk membantu membuat keputusan besar dalam hidup,” ~ Steve Jobs

Kata-kata itulah yang selalu Steve Jobs katakan untuk memotivasi dirinya agar selalu produktif dalam hidupnya yang singkat.

4. Mencari inspirasi dengan traveling

Kebiasaan seorang Steve Jobs saat mencari inspirasi guna mendapatkan ide baru ialah dengan melakukan perjalanan traveling. Baginya di alam ini banyak sekali konsep yang bisa diambil untuk dijadikan sebuah konsep produk baru.

Konon saat Steve hendak mendirikan Apple, Ia pergi ke India. Disana ia mendapatkan ketenangan, dia lebih bisa mengontrol emosinya, dan mendapatkan perspektif baru dalam hal produk. Kesimpelan, keminimalisan, kemudahan, dan juga keindahan. Konsep itulah yang kemudian ia gunakan dalam produk Apple.

5. Bukan hanya menciptakan produk yang berbeda, namun juga bisa berguna

Selain visioner, Steve Jobs juga dikenal sebagai pemikir dan pekerja yang sangat idealis. Bahkan beberapa kali idealisnye tersebut harus bertentangan dengan orang banyak di sekitarnya. Kata-kata Steve Jobs yang sangat terkenal ialah

“Saya lebih suka mempertaruhkan visi daripada membuat sebuah produk yang pasaran.” ~ Steve Jobs

Itulah kenapa produk yang dihasilkan Steve Jobs tidak hanya laku di pasaran, namun ramah digunakan, memudahkan penggunanya, serta yang pasti berbeda dari produk lain. Ia selalu memegang teguh idealismenya yang tidak mau mengikuti pasar, melainkan menciptakan sebuah pasar dari idenya.

6. Banyak orang yang membutuhkan sesuatu namun tidak menyadarinya. Sampai kita menyediakan apa yang mereka butuhkan

Banyak kalangan orang menggunakan awalnya menggunakan Apple bukan karena fungsinya dan performanya, namun cenderung karena nama besar perusahaan tersebut. Tetapi kemudian setelah mereka menggunakan produk Apple, mereka baru sadar, teknologi semacam inilah yang selama ini ia cari. Nah, itulah konsep yang hendak dibangun oleh Steve Jobs.

“Benar-benar sulit untuk merancang produk melalui diskusi kelompok. Seringkali, orang tidak tahu apa yang mereka inginkan sampai Anda menunjukkannya kepada mereka,”~Steve Jobs

Menurut Steve Jobs, banyak orang yang sebenarnya membutuhkan sebuah teknologi terbaru dalam hidupnya, namun mereka tidak banyak yang menyadari. Tugas kita adalah mencari apa yang mereka butuhkan sampai mereka sadar jika selama ini itulah yang mereka butuhkan.

7. Selalu perfeksionis dalam segala urusan

Ketika seseorang mengedepankan kesempurnaan, maka ia akan menggunakan ide terbaik, bahan terbaik, kerja terbaik, tim terbaik, dan hasil terbaik dalam setiap produk yang dihasilkan. Inilah yang coba dibangun oleh Steve Jobs di perusahaannya. Steve Jobs mengumpamakan istilah tersebut dengan kata

“Kamu telah memanggang sebuah kue yang sangat cantik, namun kemudian kamu menggunakan kotoran anjing untuk hiasannya,”~ Steve Jobs

Maksud dari kata-kata tersebut ialah, ketika kamu mendapatkan ide yang luar biasa, seharusnya mengerjakannya dan menyelesaikannya juga dengan hal yang luar biasa, jadi karya kita tidak akan sia-sia dengan hasil yang sempurna.

318
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,