Pelajaran Berharga Untuk Orang Tua dari Surat Kepala SD di Bantul yang Viral

Meski merupakan saduran, namun isinya memang perlu banget diketahui para orang tua

269
SHARES

Beberapa waktu lalu, sebuah surat viral beredar di berbagai media sosial dan lantas jadi pembicaraan. Ada dua hal yang paling jadi sorotan. Pertama, surat tersebut dikirim oleh seorang Kepala SD Mutiara Persada di Bantul, Yogyakarta, untuk para orang tua siswa kelas 6 yang akan segera melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.


Kedua, isi surat tersebut memang inspiratif dan bisa jadi bahan renungan bagi para orang tua, namun banyak pihak yang mengatakan bahwa surat tersebut tidak orisinil dan menjiplak dari surat serupa yang pernah beredar di Singapura. Suwarsana, sang Kepala Sekolah, tidak menampik hal itu. Ia mengatakan bahwa motivasinya menyadur ulang surat inspiratif tersebut agar lebih banyak orang tua yang menerima pesannya. Selain itu, Suwarsana juga menginginkan ada nilai kedekatan personal antara orang tua dengan sekolah.

Semua anak istimewa

Beginilah isi surat Kepala SD Mutiara Persada yang viral itu – twitter.com/yanskii

 

Keberhasilan itu tidak hanya ditentukan di sekolah dasar, tapi didukung dengan berbagai macam faktor. Pengalaman saya mengajar, misalnya di sekolah dasar belum dapat ranking, nanti di SMP atau di SMA berprestasi. Kepekaan anak-anak tidak sama.

-Suwarsana-

Melalui surat ini, para orang tua diajak untuk lebih mengenal kemampuan anaknya, bukan justru memaksakan kehendak diri pada anak. Menurut Suwarsana, dirinya terinspirasi untuk menuliskan surat ini setelah mendengar berita soal seorang siswi yang bunuh diri karena nilai ujiannya jelek. Dirinya beranggapan bahwa hal itu terjadi karena orang tua saat ini cenderung tidak memperhatikan proses anak selama bersekolah dan menyebabkan orang tua tidak memahami perkembangan anak di sekolah.

Mengubah pola pikir orang tua

Saat ini, masih banyak orang tua yang berpikiran bahwa ukuran kesuksesan adalah dengan melihat prestasi anak di sekolah. Semakin bagus peringkatnya di kelas, maka semakin pintar dan sukses. Hal inilah yang perlu dibenahi. Karena jika tidak, anak jadi merasa terbebani untuk harus selalu mendapatkan prestasi bagus akibat tekanan orang tuanya. Bagaimanapun juga, orang tua tidak bisa lepas tangan dan sepenuhnya menyerahkan pendidikan anak pada sekolah.

Dukungan orang tua adalah jalan bagi anak mencapai prestasi terbaiknya – sdmtamanagung.wordpress.com

Kalaupun anak mendapatkan nilai jelek di sekolah, itulah waktunya orang tua berperan memberi semangat, bukannya mematahkan semangat anak dengan memarahinya atau menghukumnya. Yakinlah, bahwa setiap anak punya keistimewaannya masing-masing. Tugas orang tua yang baik adalah mendampinginya untuk menemukan keistimewaan tersebut.

Bagaimana, para orang tua, sudah siapkah untuk membantu buah hati menemukan jalan terbaiknya?

 

 

269
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~