7 Pekerjaan Wah Bagi Kamu Lulusan SMA yang Enggan Masuk Kuliah

Nomor 4 keren!

Berbeda dengan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang didominasi oleh berbagai ilmu dasar untuk menggeluti dunia kerja setelah lulus nanti, SMA (Sekolah Menengah Atas) cenderung fokus pada empat mata pelajaran ini: Fisika, Fisika, Biologi, dan Matematika.

Baca juga : Bernostalgia dengan Kata-Kata Mutiara dari Serial Kartun Favorit Generasi 90-an

Pada dasarnya, siswa SMA memang dipersiapkan jenjang perguruan tinggi. – henitasilmikhavata.wordpress.com

Keempat mata pelajaran itu diajarkan bukan untuk mempersiapkan dirimu masuk dunia kerja, melainkan jenjang perkuliahan. Masalahnya, tidak semua siswa SMA bisa atau mau melanjutkan belajarnya di perguruan tinggi.

Kalau kamu adalah salah satunya, terus setelah lulus nanti mau ngapain? Pilihan terakhir yang paling masuk akal tentu saja kerja. Tapi dengan ijazah SMA-mu itu, kamu harus pintar memilih pekerjaan, karena mayoritas perusahaan lebih melirik mereka yang berijazah SMK, D3, S1, dan seterusnya.

Tapi jangan khawatir. Dengan berbekal ijazah SMA, kamu tetap berpeluang besar mendapat pekerjaan yang tidak hanya menghasilkan banyak uang, namun juga terlihat keren. Sebagai gambaran, sembilan jenis pekerjaan berikut ini layak kamu pertimbangkan.

1. Customer service

Pasti kamu sudah tidak asing mendengar nama ini. Customer service adalah mereka yang selalu siap mendengar keluhan sekaligus menyelesaikan masalah pelanggan. Hampir semua perusahaan membutuhkan karyawan yang mau mengisi posisi ini. Jadi kalau kamu tertarik, mengapa tidak?

Kalau kamu cakap dalam berkomunikasi, jangan ragu memilih pekerjaan ini. – detik.com

2. Polisi

Waktu kecil kamu pernah bercita-cita menjadi polisi tapi terbentur dengan biaya tinggi masuk Akademi Kepolisian? Jangan khawatir, karena tidak ada kata mustahil untuk menggapai mimpimu itu. Setelah lulus nanti, persiapkan dirimu sebaik-baiknya untuk mendaftar menjadi seorang polisi.

Siapa bilang lulusan SMA tidak bisa mendaftar polisi? – sipsspolri.com

3. Input data

Saking banyaknya data yang harus rutin dimasukkan ke dalam sistem, banyak perusahaan yang kemudian membuka lowongan untuk pekerjaan ini. Tapi hati-hati, ketelitian adalah syarat wajib kalau kamu berniat melamarnya.

Kamu yang punya ketelitian tinggi, pekerjaan input data merupakan posisi yang pas dan wajib dicoba. – kontenesia.com

4. Asisten pilot

Lulusan SMA bisa menjadi asisten pilot? Kata siapa tidak bisa? Sekarang, beberapa maskapai penerbangan di Indonesia sudah membuka pelatihan pilot untuk siswa lulusan SMA. Bagaimana, siap mencobanya?

Siapkan dirimu untuk melamar pekerjaan bergengsi ini! – sharingdisini.com

5. Penulis

Kamu suka membaca novel-novel dari Tere Liye, Bernard Batubara, atau Raditya Dika? Ya, merangkai kata yang bisa diterima dan dibaca banyak orang tentu sangat menyenangkan. Dan kalau kamu memang hobi menulis, mengapa tidak mulai dari sekarang?

Hobi menulis? Maka jadikan itu sebagai pekerjaan yang menghasilkan uang. – novusasia.com

Sebagai langkah awal, kamu bisa menjadi penulis lepas untuk beberapa media online yang topiknya sesuai dengan keahlianmu. Atau yang lebih sederhana, buat blog dan terbitkan tulisanmu sendiri! Karena kamu tahu, Radit pun dulu menggunakan cara terakhir ini dengan kambingjantan.com-nya.

6. Staf agrikultur

Indonesia adalah salah satu negara terbaik untuk sektor peternakan, pertanian, dan pertanian sehingga peluang kerja di ketiga bidang itu pun terus terbuka lebar. Kalau kamu suka dengan hal yang berbau biologi misalnya, coba deh berpikir untuk menjadi staf agrikultur sebuah perusahaan.

Banyak lho perusahaan yang membutuhkan staf agrikultur seperti mereka. – aleut.wordpress.com

7. Pengajar bimbel

Menjadi seorang pengajar bimbel (bimbingan belajar) tentu sangat cocok buat kamu yang memang pintar dalam mata pelajaran tertentu. Setelah lulus nanti, kamu bisa melamar pekerjaan ini dan mulai mengajar anak-anak SD atau pun SMP.

Bekerja sambil berbagi ilmu? Mengapa tidak… – arenalte.com

Dari ketujuh alternatif di atas, mana pekerjaan yang paling kamu suka?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Ini yang Akan Terjadi Jika Ibu Kota Jadi Pindah Ke Palangkaraya

Kamu yang Menjadikan Tidur Sebagai Hobi, 7 Hal Ini Pasti Sudah Tak Asing Lagi