Di Indonesia Identik dengan Makanan Pinggir Jalan, Siapa Sangka Pecel Lele Menjadi Hidangan Mahal di Korea

Mau ngajak makan pecel lele di Korea? Siapkan uang sebanyak ini~

Bagi masyarakat Indonesia, kebanyakan pecel lele identik dengan makanan kaki lima yang terbilang cukup murah. Di beberapa kota besar, pecel lele yang dijual pedagang kaki lima di pinggir jalan dipatok harga 10-15 ribu.

Harga pecel lele di Korea. (travelgotoindo.blogspot.com)

Karena harganya cukup murah, tidak jarang makanan ini dipandanga sebelah mata oleh kaum yang beruang.Bahkan, di kota-kota besar, kamu bakalan dipandang sinis jika mengajak makan si doi di warung pecel lele pinggir jalan.

Namun di sebrang jauh di sana,di sebuah negara yang terkenal akan budaya K-Popnya, pecel lele masuk dalam kategori makanan mewah yang hanya dikonsumsi oleh kalangan menengah ke atas.

Harga lele wah, pecel lele termasuk makanan mewah di Korea

Di Indonesia, harga per kilo ikan lele tergolong cukup terjangkau. Yakni dikisaran harga 20-25 ribu. Untuk satu kilo, biasanya terdapat 4-6 ekor lele, tergantung besarnya. Jadi, jika dijual dengan seharga 10-15 ribu perporsi, penjual sudah mendapatkan untung.

Hal ini berbeda dengan di Korea, sebagaimana dilansir dalam guideku.com, harga satu kilo lele di Korea mencapai 2 juta rupiah. Tentu harga tersebut terbilang cukup mahal untuk mendapatkan 4-6 ekor ikan lele.

Seporsi ikan lele di Korea mencapai 300 ribu. (flickr.com)

Tidak heran, penjual pecel lele di Korea biasanya mematok harga sampai Rp 300,000 perporsinya. Tingginya harga yang ditawarkan membuat olahan lele di Korea cukup disegani, bahkan lele menjadi makanan orang papan atas.

Faktor yang mempengaruhi mahalnya ikan lele di Korea

Ada berbagai faktor yang menjadikan harga ikan lele selangit di negeri ginseng. Pertama, lele di Korea bukanlah ikan yang familiar. Tidak banyak petani tambak di sana yang membudidaya ikan jenis ini.

di Korea satu kilo ikan lele seharga Rp 2 juta. (petanismart01.blogspot.com)

Selain itu, kurs mata uang rupiah dan mata uang Korea juga berpengaruh. Mungkin harga Rp, 300, 000 bagi kita terlalu mahal untuk seporsi pecel lele. Tapi bagi masyarakat Korea yang penghasilannya lebih tinggi dibandingkan kita, harga segitu sudah wajar mengingat lele jenis ikan langka di Korea.

Sebenarnya bukan hanya di Korea, ikan lele juga menjadi komoditi mahal di beberapa negara Eropa. Seperti di Swiss, lele dibanderol harga Rp 225 perporsinya. Fantastis bukan?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *