5 Gunung Terkenal di Indonesia yang Menyimpan Pasar Gaib di Dalamnya

“Kedengarannya ramai deh, tapi kok nggak ada siapa-siapa ya…?”

Kamu boleh saja tidak percaya dengan hal-hal yang berbau mistis, termasuk tidak percaya bahwa ada beberapa gunung di Indonesia yang menyimpan pasar gaib di dalamnya, yang merupakan tempat para makhluk halus melakukan jual beli. Tapi, coba tanya pada teman-temanmu yang hobi mendaki gunung.

Di Indonesia, ada beberapa gunung yang menyimpan pasar gaib di dalamnya. | vonholzenphoto.com

Mereka yang suka mendaki gunung pasti tahu, bahwa pasar gaib itu memang benar-benar ada. Dan bukan hanya satu, tapi setidaknya ada lima pasar gaib di Indonesia, di lima gunung yang berbeda. Di mulai dari pasar Bubrah di gunung Merapi, inilah lima pasar gaib yang bisa kamu buktikan sendiri itu:

1. Gunung Merapi

Orang menyebut pasar gaib di gunung Merapi dengan nama pasar Bubrah. Berada di pos 4 pendakian, kamu bisa datang ke sana untuk membuktikan kebenarannya. Tapi, hampir semua orang yang pernah dan akan mendaki gunung Merapi pasti berharap agar tidak melihat keramaian pasar ini.

Sebuah prasasti memoriam yang berada di dekat dengan pasar Bubrah. | sugengwasana.blogspot.co.id

2. Gunung Arjuno

Kamu yang tinggal di Jawa Timur bisa mendaki gunung Arjuno untuk mendatangi pasar gaib selanjutnya. Kalau ‘beruntung’, kamu bisa melihat pasar gaib yang suasananya sangat mirip dengan pasar tradisional di dunia nyata. Tapi pesan dari para pendaki, jangan pernah membeli apa-apa.

Saat kamu melihat pasar gaib di gunung Arjuno, jangan pernah berpikir untuk membeli apapun di sana. | pampimpom.wordpress.com

3. Gunung Lawu

Ketika kamu berencana mendaki gunung Lawu, para pendaki yang sudah berpengalaman biasanya menyarankan agar kamu lewat Cemoro Kandang karena medannya lebih mudah. Tapi hati-hati, di sana kamu akan melewati pos 5 yang sering ‘ramai’ oleh suara para penjual yang tidak kasat mata.

Inilah jalur pendakian gunung Lawu via Cemoro Kandang yang sering ‘ramai’ oleh para penjual gaib itu. | pecintaalam.org

4. Gunung Bawakaraeng

Gunung Bawakaraeng berlokasi di Sulawesi Selatan. Hampir sama dengan fenomena pasar gaib di gunung-gunung lain, di gunung ini pun kamu bisa mendengar riuhnya keramaian pasar, tapi saat didekati, tidak ada apapun yang terlihat. Masyarakat sekitar menyebut pasar ini dengan pasar Anjaya.

Pasar gaib di gunung Bawakaraeng diberi nama pasar Anjaya oleh warga sekitar. | ardiyanta.com

5. Gunung Salak

Bukan hanya keangkeran dan pasar gaibnya saja yang membuat gunung Salak begitu ditakuti para pendaki, karena gunung yang berada di Jawa Barat ini dipercaya masyarakat sebagai tempat berdirinya kerajaan jin. Maka, tidak heran kalau sering terjadi kecelakaan dan pendaki yang tersesat.

Gunung Salak, salah satu gunung terangker di seluruh Indonesia. | ekilwen.wordpress.com

Sekali lagi, pasar gaib dan hal-hal mistis lainnya adalah sebuah kepercayaan yang fleksibel. Kamu boleh saja tidak percaya, dan tidak akan ada orang yang akan melarangnya. Tapi, apakah wajar kalau pengalaman yang diceritakan oleh mayoritas pendaki yang kamu dengar itu hanyalah hoax semua?

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Saat Para Milyarder Doyan Tampil Sederhana, Kenapa Kita Justru Doyan Tampil Sok Kaya?

Girls, Flat Shoes Ternyata Sama Berbahayanya dengan High Heels Loh!