Pasangan LDR Ini Memilih Menikah Secara Online, Sah Nggak Sih?

Selamat datang di jaman serba online~

Pernikahan merupakan sesuatu sakral yang menjadi cita-cita banyak pasangan. Karena -diharapkan- terjadi sekali seumur hidup, pernikahan harus disiapkan dengan matang dan sungguh-sungguh. Berbagai dokumen dan syarat nikah juga harus dipenuhi. Dan yang paling penting persiapan mental sejak dini.

Baca juga : Menakjubkan! Begini Manfaat Mendengarkan Lantunan Al Qur’an Bagi Janin. Ibu Muda Wajib Coba

Menikah secara online (Facebook Chickaboo.my)

Karena sejatinya pernikahan tak semengerikan yang dikatakan orang-orang, banyak pasangan yang kemudian berkomitmen untuk menuju kesana, tak terkecuali mereka yang LDR. Nyatanya jarak tak lagi jadi penghalang, selama memiliki tekad dan niat yang kuat. Apalagi, mudahnya proses pernikahan dan kemajuan teknologi semakin mendukung niat mulia ini.

Seperti pasangan ini contohnya, melakukan hubungan jarak jauh nyatanya tak membuat keduanya gentar akan pernikahan. Dengan memanfaatkan teknologi, keduanya pun menjalani pernikahan secara online! Iya, mereka hanya bisa saling bertatap muka lewat layar laptop dan kemudian dinyatakan sah menjadi suami istri.

Pertama kali diketahui dari postingan Facebook

Pernikahan online antara pasangan LDR ini pertama kali diunggah oleh akun Facebook bernama Chickaboo.my. Dalam postingan ini terlihat dua orang sejoli yang melangsungkan pernikahan meskipun mempelai pria tak ada ditempat. Diketahui, si mempelai pria ini sedang berada di luar negeri saat pernikahannya berlangsung dirumah mempelai wanita.

Pertama kali muncul dalams ebuah postingan di Facebook (Facebook Chickaboo.my)

Bisa dilihat juga, prosesi pernikahan ini dilakukan dengan menggunakan perantara teknologi, yaitu konfrensi video atau webcam. Wanita yang tidak diketahui namanya ini menerima pinangan laki-laki yang muncul di layar laptop di depannya. Tanpa ragu, wanita ini mengangguk bahkan memperlihatkan cincin yang dipakainya kepada si laki-laki.

Kemajuan teknologi dan kesan “tabu” di masyarakat

Melihat kemajuan teknologi yang begitu pesatnya, apapun bisa dilakukan via online. Sebut saja jual beli, cari pasangan hingga pernikahan semuanya dimudahkan hanya dengan bermodal gadget. Salah satunya pernikahan yang dilakukan wanita ini.

Teknologi dan kesan tabu dalam pernikahan online (Facebook Chickaboo.my)

Hingga saat ini, postingan Chickaboo.my ini sudah dibagikan sebanyak lebih dari 30 ribu sebaran dan menuai ribuan komentar dari netizen. Tentu saja selalu ada yang pro dan kontra tentang hal ini. Bahkan ada ya menganggapnya tabu.

Wajar saja, di Indonesia sendiri pernikahan online masih sangat jarang dilakukan. Kalaupun ada, yang online biasanya dari pihak keluarga yang tidak bisa hadir. Bukan si mempelai yang memiliki hajat. Apalagi laki-laki yang seharusnya mengucapkan ijab atau pemberkatan.

Jadi, apakah pernikahan mereka sah?

Dalam Islam utamanya, sebuah pernikahan dianggap sah apabila ada pengantin laki-laki, pengantin perempuan, wali nikah dari pihak calon pengantin perempuan, saksi-saksi, ijab kabul dan juga mahar. Dalam kasus pernikahan online ini, ada banyak pendapat yang diutarakan ulama karena memang jaman dulu belum ada sehingga tidak ada di buku fiqh kalsik.

Dari fatwa yang dikeluarkan oleh Lajnah Daimah yang dikutip dari konsultasisyariah.com, bahwa akad nikah tidak boleh dilakukan dengan alat komunikasi jarak jauh. Hal ini dilakukan dalam rangka mewujudkan maqasid syariah dan menutup celah-celah terjadinya pelanggaran dari pihak tidak bertanggungjawab.

Ada yang bilang sah tapi ada juga yang menentangnya (pinimg.com)

Berbeda dengan pendapat Dr. Abdullah al-Jibrin, yang memperbolehkan pernikahan jarak jauh selama saksi bisa memastikan bahwa orang yang bersangkutan adalah wali atau si calon pengantin laki-laki. Saksi juga harus bisa memastikan tidak adanya penipuan dalam komunikasi tersebut. Semuanya juga harus dilakukan secara lancar tanpa terputus.

Meskipun ada yang mengatakan pernikahan online sah hukumnya, tetap saja masyarakat menganggapnya sebagai hal tabu. Ohya, ada baiknya mengecek jaringan internet sebelum melakukan pernikahan online ini ya!

Menurut kamu pernikahan online itu sah nggak sih?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

“You can if you think you can”

Ternyata Suka “Ngobrol” Bareng Hewan Peliharaan Itu Tanda Kecerdasan Sosial yang Tinggi Loh.

Sempat Diremehkan, Pria Gimbal Nan Sangar Ini Bikin Takjub Banyak Orang Saat Jadi Imam Shalat