Sebelum Menyambut Cinta yang Baru, Cobalah Pantaskan Diri dengan 5 Cara Ini

Memantaskan diri dulu sebelum cari yang baru

Kegagalan dalam hubungan cinta adalah hal yang biasa dan bisa menimpa siapa saja, termasuk kamu. Nggak cuma sekali, kamu bahkan bisa gagal berkali-kali. Rasa sakit hati, kecewa, hingga galau selalu mengikuti paska putus cinta. Dalam masa inilah, kamu mengerahkan seluruh tenaga agar bisa segera sembuh dari luka hati yang menganga. Dan tentu, berusaha menemukan tambatan hati yang baru setelah meninggalkan yang lama.

Baca juga : Karena Kesetiaan Itu Mahal, Maka Orang Murahan Memang Tak Bisa Melakukannya

Tapi sebelum kamu benar-benar mencari pengganti dia yang telah pergi, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Sebuah hubungan yang langgeng mempunyai tujuan, harapan serta motivasi yang sama dari kedua pihak. Tanpa ini hubungan hanya akan berakhir sama seperti yang sebelumnya, sia-sia dan hanya membuat luka. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menyiapkan dirimu terlebih dahulu.

Menyiapkan diri sebelum cinta yang baru datang menghampiri. Dengan begitu kamu bisa memiliki perjalanan cinta yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Nah, berikut ini ada 5 cara memantaskan diri yang bisa kamu ikuti.

1. Pastikan kamu selesai dengan dirimu sendiri

Seperti kata orang, pengalaman adalah guru paling baik yang bisa menyampaikan pelajaran berharga. Setiap pelajaran ini akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik lagi di setiap levelnya. Patah hati juga akan memberikanmu pelajaran. Kamu bisa lebih memahami bagaimana dirimu, menilai seperti apa karaktermu, apa kelebihan dan juga kekurangan yang kamu miliki.

Pastikan kamu selesai dengan dirimu sendiri (jermexpress.com)

Kamu mulai paham apa pelajaran yang kamu dapatkan serta menaikkan dirimu ke level yang lebih tinggi dan mulai hidup dengan stabil. Karena memang pasangan baru juga akan masuk kedalam hidupmu nantinya dan begitupula kamu yang masuk ke hidupnya. Jika hidupmu saja kamu tak paham bagaimana kamu bisa menjalani kehidupan berdua? Akhirnya hubunganmu hanya akan kembai sia-sia.

2. Pastikan kamu puas dengan hidupmu

Sebelum kamu siap hidup dan bersedia membahagiakan orang lain, coba tengok dulu bagaimana hidupmu. Apa kamu sudah puas dengan pendidikan yang kamu dapatkan, apakah cita-citamu sudah terwujud, sudah mengunjugi tempat yang kamu inginkan dan apakah hidupmu sudah bagahia. Karena memang, dirimu adalah yang paling penting. Kebahagiaan dan kepuasan harus sudah kamu rasakan sebelum memutuskan membahagiakan orang lain.

Pastikan kamu puas dengan hidupmu (affinitymagazine.us)

Jika memang kamu sudah puas dengan hidupmu, setidaknya kamu selalu memiliki semangat di pagi hari. Kamu juga tak akan menuntut ataupun mencari kepuasan dari pasanganmu yang baru sehingga hubunganmu bisa lebih mengalir.

3. Terima dan maafkan dirimu sendiri di masa lalu

Dari semua poin, mungkin ini yang sedikit sulit dilakukan. Setiap orang punya masa lalu dan juga kesalahan-kesalahan yang menyertainya. Terkadang justru penuh dengan penyesalan yang tiada ujungnya. Masalahnya, tak semua orang bisa menerima masa lalunya dengan lapang dada. Bahkan masih banyak yang tak bisa memaafkan dirinya dan hidup dalam penyesalan.

Terima dan maafkan dirimu sendiri di masa lalu (squarespace.com)

Masih mengharapkan mantan ataupun mencari pasangan baru yang mirip dengan mantan menjadi tanda bahwa kamu tak bisa menerima kenyataan. Berusahalah terima apapun masa lalumu, maafkan dirimu dan siap sambut cinta yang baru. Boleh saja mengenang masa lalu, tapi jangan sampai menggoyahkan langkahmu.

4. Atur kembali hidupmu

Menghabiskan waktu untuk mantan dan meratapi kesedihan, mungkin akan sedikit mengacaukan hidupmu. Makan tak teratur, kamar berantakan, penampilan seadanya hingga sering mengurung diri di kamar. Wajar memang tapi jangan sampai berlarut-larut. Kamu harus segera bangkir lagi dan mulai menata hidup.

Atur kembali hidupmu (blogcdn.com)

Tak hanya introspeksi diri, kamu juga harus mulai menata penampilan, membangun percaya diri hingga mulai dengan hidup sehat. Semuanya harus kamu atur lagi dan rapikan. Dengan begitu kamu akan lebih siap untuk pasangan yang baru. Bukan tidak mungkin dengan keteraturan ini kamu akan mendapatkan yang lebih baik dari mantan.

5. Pastikan kamu bisa menerima kelebihan dan kekurangan calon pasangan

Di dunia ini, hanya Tuhan yang boleh menyandang kata ‘sempurna’. Manusia tak memiliki hak untuk menyebut dirinya sempurna ataupun mencari kesempurnaan dari orang lain. Begitu pula kamu yang harus menerima setiap kelebihan dan kekurangan calon pasangan. Kamu mungkin punya setumpuk harapan atau sederet kriteria untuk calon pasangan, tapi percayalah hal ini justru akan membuat hidupmu semakin berat.

Pastikan kamu bisa menerima kelebihan dan kekurangan calon pasangan (mtlblog.com)

Cinta bukan tentang untung rugi. Kamu hanya harus menemukan dia yang cocok dan bisa membuatmu merasa nyaman bahkan jika dia jauh dari kriteriamu. Apalagi jika dia bisa membuatmu yakin padanya melalui sifat dan tindakannya, kriteria sudah tak ada artinya.

Dan begitulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk pantaskan diri demi dia yang akan hadir. Pastikan kamu benar-benar lepas dari masa lalu agar bisa menyambut masa depan. Yuk semangat memantaskan diri 😀

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Kalau Pacarmu Memang Belum Siap Nikah, Jangan Dipaksa. Nanti Hancur Semua

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Lagi Curhat di Medsos