5 Pantai Ini Jadi yang Paling Indah di Gunungkidul Yogyakarta, Yuk Main Air Disana!

Gunungkidul memang punya banyak pantai indah, tapi kalau tanya mana yang paling cantik, 5 ini jawabannya

Yogyakarta memiliki segudang keistimewaan yang selalu dirindukan mereka yang pernah datang. Rasanya ingin selalu kembali ke kota gudeg ini. Menikmati syahdunya angkringan, megahnya Merapi di utara, budanya yang kental, dan keramahan orang-orangnya yang sulit dilupakan. Terlebih lagi sederet wisata pantai selatan yang tiada duanya.

Bicara soal wisata pantai di Yogyakarta, hampir semua yang dibilang indah ada di Gunungkidul. Meski sebagian wilayahnya dihiasi oleh pegunungan kapur dan sering dilanda kekeringan, siapa sangka kabupaten satu ini menyimpan “surga” tersembunyi. Deretan pantai pasir putih nan eksotis bisa ditemukan dibalik bukit-bukit yang berjajar. Hampir semuanya memiliki keindahan masing-masing. Tapi kamu mau tau mana yang paling cantik? Berikut ini daftarnya.

Pantai Wohkudu

Wohkudu merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang terhampar di Gunungkidul. Lokasi yang tersembunyi membuatnya masih jarang didatangi wisatawan. Karena letaknya terhimpit dua bukit, pantai ini tak begitu luas. Namun itu bukan masalah, kedamaian yang disajikan ditambah eloknya batu karang di tepian membuatnya terlihat cantik. Cocok untuk menenangkan diri dari ramainya perkotaan.

Pantai Wohkudu (Instagram @reyy_boienz)

Pantai Wohkudu terletak di Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, sekitar 2 jam dari kota Yogyakarta. Jauhnya perjalanan akan terbayar lunas ketika sampai disana. Kamu akan disambut oleh pasir putih nan halus, perbukitan karang yang berdiri kokoh, hingga birunya air laut.

Pantai Wediombo

Pantai selatan memang terkenal karena ombaknya yang ganas sehingga wisatawan tak bisa bermain air dengan bebas. Namun berbeda dengan yang lain, Wediombo memiliki satu spot spesial dimana kamu bisa berenang dan main air sepuasnya. Pantai ini di dominasi dengan batuan karang dengan pasir putih yang tidak terlalu luas. Di kanan kirinya kamu akan melihat bukit karang yang indah.

Pantai Weiombo (ksmtour.com)

Pantai Wediombo masih terbilang sepi dibanding yang lain. Kamu bisa merasakan ketenangan ditemani suara deburan ombak yang syahdu. Relaksasi sambil berenang? Bisa. Lokasinya ada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Timang

Jika kamu ingin menikmati keindahan pantai sembari menaklukkan tantangan, pantai Timang bisa jadi tujuan. Agar bisa mencapai bibir pantai kamu harus melewati jalan terjal yang berbatu. Di sepanjang pesisir terdapat hamparan pasir putih, tumbuhan pandan yang tumbuh subur, serta bukit karang yang tegar. Airnya biru seakan menggoda untuk segera membasuh badan.

Pantai Timang (Instagram @jogja)

Pantai ini terkenal dengan pulau karang besar dengan tebing yang sangat curam. Agar bisa sampai di Pulau Timang kamu harus menaiki kereta gantung tradisional atau gantole. Bahannya terbuat dari kayu dan bambu yang dirangkai dengan tambang tali plastik yang sangat kuat. Kemudian ditarik oleh beberapa orang sehingga bisa bergerak ke arah Pulau Timang.

Pantai Indrayati

Indrayanti sebenarnya bukan nama resmi pantai cantik ini. Julukan aslinya adalah Pantai Pulang Syawal. Nama Indrayanti sendiri berasal dari salah satu pemilik kafe dan penginapan di sekitar lokasi. Jika berkunjung kesini, sensasi pertama yang akan dirasakan adalah ‘Pulau Bali’. Keindahan alam sekitar, hamparan pasir putih nan luas, hingga air laut yang biru akan mengingatkan dengan Pulau Dewata.

Pantai Indrayati (cikasur.com)

Pengelolaan Pantai Indrayanti terbilang cukup baik. Bahkan mereka dengan tegas memberi denda 10 ribu rupiah bagi wisatawan yang kedapatan buang sampah sembarangan. Lokasinya ada di terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Sudah banyak fasilitas yang disediakan seperti resto, penginapan, gazebo, tempat bermain anak, mushola, toilet, hingga jet ski.

Pantai Slili

Dibandingkan pantai lainnya, Slili tergolong kecil karena hanya memiliki garis pantai panjang 100 meter. Meski begitu keindahannya tak perlu diragukan, bahkan tak kalah dari pantai tersohor yang ada di Pulau Dewata. Lokasinya sendiri ada diantara pantai Krakal dan Sadranan, tepatnya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Slili (panduanwisatajogja.com)

Akses menuju lokasi terbilang mudah dilalui baik dengan roda dua maupun empat. Fasilitasnya juga termasuk lengkap, bahkan kamu bisa berkemah jika ingin menikmati sunrise yang menakjubkan dari pantai ini. Tapi kalau tak ingin repot ada juga penginapan yang bisa disewa. Banyak juga gubuk dan gazebo yang disediakan untuk menikmati angin sepoi-sepoi ala pantai.

Jadi, kapan gendong ransel atau tarik koper dan bertandang ke Yogyakarta? Sederet pantai tersebut sudah menunggu kedatangan kamu~

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *