Nyatanya Persahabatan Juga Bisa Terjalin Dari Pandangan Pertama, Ini Penjelasannya!

Pandangan pertama nggak melulu soal cinta!

459
SHARES

Cinta pada pandangan pertama, kalimat ini tentu sangat akrab terdengar di telinga. Menggambarkan betapa indahnya benih-benih cinta yang seketika tumbuh hanya dalam sekali tatapan, sangat romantis bukan? Meskipun banyak yang tak setuju dengan cinta pandangan pertama, nyatanya juga masih banyak yang sepakat bahwa cinta ini benar-benar ada dan nyata. Namun, pandangan pertama tak hanya bisa melahirkan rasa cinta. Persahabatan yang kekal juga bisa bermula dari pandangan pertama.

msecnd.net

Dulu saat kamu pertama kali masuk sekolah ataupun kuliah, tak ada satupun teman yang kamu kenal. Tapi ada beberapa orang yang nggak bikin kamu malu untuk ngajak bicara duluan. Pernah mengalami ini? Bisa jadi karena menurut kamu orang tersebut terkesan ramah ataupun gayanya yang mirip denganmu. Mungkin inilah yang disebut dengan sahabat pada pandangan pertama dan inilah beberapa penjelasannya.

1. Memiliki chemistry

Jangan salah, nggak cuma orang pacaran aja yang butuh chemistry. Nyatanya, ada penelitian yang menunjukkan bahwa persahabatan juga memiliki chemistry layaknya orang pacaran. Ada sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Social and Personal Relationship yang melibatkan beberapa mahasiswa tingkat awal kuliah. Dan kebanyakan dari mereka mengaku masih menjalin persahabatan dengan teman pertama mereka.

entrepreneur.com

Kecocokan satu sama lain menjadi salah satu alasannya. Meskipun tak ada jaminan akan selalu menjadi sahabat selamanya, setidaknya kamu akan lebih aktif membangun pertemanan dengannya karena sudah merasa cocok.

2. Kesan pertama yang “kuat”

Ketika kamu melamar pekerjaan dan bertemu dengan HRD untuk pertama kali, pasti ingin mendapatkan kesan pertama yang baik. Begitu juga dengan persahabatan. Karena kesan pertama itu akurat, kesan pertama yang baik akan menjadi motivasi untuk mengusahakan pertemanan. Apalagi kalau kamu cewek yang sejak kecil gampang banget percaya sama perasaan.

huffpost.com

Ada dua alasan kenapa kamu bisa mulai persahabatan untuk pertama kali. Yang pertama karena alasan kognitif yang lebih mengandalkan rasio, dan kedua karena alasan emosional atau intuisi. Apalagi chemistry pribadi lebih condong ke perasaan nyaman yang kamu rasakan saat bersama sahabat.

3. Cara kerja otak

Pada tahun 2009 ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa ada dua bagian otak yang aktif ketika kau bertemu dengan orang baru. Bagian pertama adalah amygdala, bagian dalam otak yang berhubungan dengan emosi. Bagian kedua adalah korteks posterior cingulate yang berhubungan dengan memori autobiografi.

thoughtcatalog.files.wordpress.com

Nah bagian otak yang kedua ini juga bisa membantumu menimbang keputusan dan menilai sesuatu. Setelah pandangan pertama terjadi, kamu akan memberikan penilaian terhadap orang baru tersebut. Kemudian kamu akan mengambil keputusan apakah kamu mau dekat dengannya atau tidak.

4. Tergantung karakter

Tidak semua pandangan pertama bisa jadi sahabat. Hal ini juga dipengaruhi oleh karakter dari dalam diri masing-masing. Hal ini sudah ditemukan oleh sebuah penelitian. Umumnya orang-orang yang mudah terbuka dan memiliki kepribadian ekstrovert lebih bisa merasakan chemistry instan dengan sahabat. Dan mereka yang introvert membutuhkan waktu agar chemistry tersebut bisa muncul.

thoughtcatalog.files.wordpress.com

Nah itulah 4 penjelasan kenapa pandangan pertama juga berlaku untuk persahabatan. Karena hidup nggak melulu tentang cinta, mereka yang berlabel sahabat juga wajib kamu jaga.

459
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"