Pacaran Tanpa Menggangu Pelajaran Atau Pekerjaan? Bisa Kok, Begini Caranya

Kalau bisa menjadikanmu lebih baik, pertahankan. Namun jika membuatmu lebih buruk, tinggalkan!

Banyak sekali kasus pelajar harus mengalami penurunan nilai akademisi gegara bermain hati, ada juga seorang pekerja yang mengalami penurunan produktifitasnya, akibat disibukkan dengan persoalan hubungan pacaran.

Baca juga : 3 Momen Pernikahan Paling Mengharukan di Dunia yang Bakal Membuatmu Banjir Air Mata

Pacaran menjadi kendala untuk berprestasi? (idntimes.com)

Dalam hal ini, mereka gagal menjalankan dua persoalan sekaligus. Yaitu persoalan menjaga hubungan, dan persoalan menjaga prestasi akademisi maupun produktifitas pekerjaan. Nah, buat kamu yang ingin menjalin hubungan pacaran tanpa takut terganggu belajar dan pekerjaanmu, berikut sedikit tips yang bisa kamu praktekan.

Atur jadwal waktu untuk saling komunikasi dengan pasangan

Persoalan klasik dalam hubungan pacaran sehingga berdampak pada penurunan prestasi belajar atau bekerja ialah masalah waktu. Biasanya mereka yang tidak bisa membagi waktu dengan baik antara ngurusin hubungan dengan belajar atau bekerja, maka bisa dipastikan ada yang harus berantakan. Entah prestasi belajar atau bekerjanya, atau juga justru hubungan pacarannya yang kandas.

Mengatur jadwal ketuan dengan pasangan (majalahouch.com)

Untuk itu, agar hubungan pacaran berjalan tanpa menganggu belajar atau bekerjamu, kamu harus mengatur jadwal sebaik mungkin. Obrolkan hal ini dengan pasanganmu, waktu kapan kalian saling berkomunikasi, dan kapan waktunya kalian sama-sama fokus dengan belajar atau pekerjaan kalian. Jika kamu dan pasanganmu sudah mengatur waktu berkomunikasi dan saling menyepakatinya, maka hubunganmu tidak akan banyak menganggu belajar atau waktu bekerjamu.

Ajak pasangan belajar bersama

Jika kamu masih berstatus pelajar, dan sedang menjalin hubungan namun takut prestasi belajarmu menurun, kamu bisa mengajak pasanganmu untuk belajar bersama. Ingat, pasangan juga bisa menjadi motivasi belajarmu meningkat loh.

Belajar bersama pasangan lebih menyenangkan (cewekbanget.grid.id)

Ajaklah pasanganmu ke Perpus atau toko buku untuk saling berdiskusi mata pelajaran, tapi ingat! Jangan ngobrolin yang lain jika memang tujuannya belajar. Belajar bareng pasangan selain lebih menyenangkan juga bisa meningkatkan prestasimu di kelas bukan?

Saling mendukung dalam belajar atau pekerjaan pasangan

Ada kalanya kita merasa jenuh saat pasangan sibuk dengan dunianya. Baik itu disibukkan dengan pendidikannya maupun dengan kesibukan pekerjaannya. Kejenuhan dan kesibukan ini yang kadang membuat hubungan terasa hambar.

Agnes Mo sedang mendukung pacarnya dalam pertandingan basket (liputan6.com)

Padahal, seandainya kamu saling mendukung dengan kesibukan pasangan, hal itu justru akan membuat hubungan lebih menyenangkan. Selain itu kamu dan pasanganmu juga akan lebih fokus dengan kesibukan masing-masing. Cobalah saling mendukung dengan kesibukan masing-masing, selagi itu memang baik dilakukan kamu dan pasanganmu.

Jika ada konflik, segera selesaikan jangan sampai menganggu aktivitasmu yang lain

Tidak hanya menakutkan bagi keutuhan hubungan, adanya konflik dalam pacaran juga kerap berdampak ke persoalan lainnya. Biasanya jika seseorang sedang ada konflik dalam hubungannya, ia akan tidak semangat dalam bekerja maupun belajar. Emosi yang tidak stabil akan membuat konsentrasinya menjadi buyar atau tidak fokus.

Selesaikan secepat mungkin jika ada konflik (popcornfor2.com)

Untuk itu, sesegera mungkin kamu menyelesaikan konflik dalam hubunganmu jika memang itu ada. Sebab jika hubunganmu baik, maka berdampak baik pula bagi mood  kamu, termasuk semangat belajar dan bekerja pun akan membaik pula.

Saling mengerti akan kesibukan pasangan

Saling pengertian menjadi salah satu kunci keberhasilan hubungan, terlebih bagi pasangan yang memang memiliki kesibukan sendiri-sendiri. Saat kamu memahami kesibukan pasangan, hal itu tidak hanya akan membuat hubunganmu jauh dari konflik, namun juga akan membuat kamu dan pasanganmu lebih tenang, meskipun komunikasi tidak begitu intens.

Saling mendukung pasangan dan saling mengerti kesibukan masing-masing (popmagz.com)

Jika pasanganmu memang sedang sibuk dengan belajar atau bekerja, cobalah fahami sehingga kehadiranmu tidak menganggu dia untuk memenuhi kewajibannya. Semakin kamu pengertian dengan kesibukan pasanganmu, maka semakin berhasil kamu menjaga hubunganmu dari sebuah keegoisan.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar kamu tidak merasa terganggu dalam belajar maupun bekerja, meskipun menjalin sebuah hubungan. Jika kamu punya pendapat lain, silahkan tambahkan di kolom komentar, tentu dengan bahasa yang sopan dan tidak provokatif yah…

 

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Jangan Pernah Korbankan 8 Hal Penting Ini Hanya Demi Sebuah Hubungan Cinta

Bermula dari Iseng, Ibu Ini Jadi Selebgram dan Pakar Seni Memotret dengan Ponsel