Faktanya, Orang Sarkastik Justru Bisa Jadi Teman Paling Menyenangkan. Ini Buktinya!

Punya temen sarkastik? Kamu beruntung

Seseorang yang memiliki sifat sarkastik cenderung ceplas-ceplos, spontan bahkan nggak jarang membuat orang lain nggak nyaman dan tersinggung dengan kata-katanya. Nggak heran sih kalau akhirnya banyak orang yang malas berteman dengan tipe sarkastik. Bahkan merasa risih ketika sedang ngobrol sekalipun.

Orang sarkastik (rd.com)

Meskipun begitu, nyatanya seseorang yang sarkastik tak melulu jelek kepribadiannya. Justru mereka adalah orang yang tepat jika kamu sedang mencari teman yang menyenangkan. Mau tau alasannya? Baca sampai selesai artikel berikut ya.

Orang sarkastik biasanya tau saat kamu berbohong ataupun saat kamu nyari-nyari alasan

Yaaa anggaplah mereka sejenis dengan dukun atau cenanyang yang bisa tau ketika kamu berbohong atau cuma nyari-nyari alasan untuk membenarkan sesuatu. Menurut seorang psikolog dari Universitas Haifa, Dr. Shaman-Tsoory, pemahaman tentang alasan pemikiran dan perasaan berkaitan dengan kemampuan kita mengerti sarkastik.

Orang sarkastik biasanya tau saat kamu berbohong ataupun saat kamu nyari-nyari alasan (mentalfloss.com)

Misalnya saja kamu tidak membawa pesanan teman, kamu beralasan bahwa kamu lupa. Orang sarkastik tak aka percaya begitu saja. Mereka bisa mmebaca pikiranmu dengan mudah dan tau apa yang harus dikatakan untuk mengutarakan perasaan yang mereka inginkan.

Otaknya yang cerdas dan kritis menjadi keuntungan

Ada sebuah artikel di Smithsonian yang ditulis oleh Richard Chin. Artikel ini berisi tentang penjelasan bahwa otak manusia harus bekerja lebih keras untuk memahami sarkastik. Garis besarnya, seorang sarkastik akan menggunakan otaknya sedikit lebih keras dari orang kebanyakan.

Otaknya yang cerdas dan kritis menjadi keuntungan (insiderguides.com.au)

Jadi jangan anggap sarkastik kurang pintar. Mereka justru menyembunyikan kecerdasan dibalik sifatnya yang ceplas-ceplos itu. Orang kaya gini sih enak banget kalau diajak diskusi tentang berbagai hal.

Karena tajam pikirannya, dia tau mana yang tulus dan mana yang tidak

Meskipun sering dianggap menyebalkan karena omongannya, temen yang sarkastik justru bisa membedakan mana orang yang tulus dan mana yang tidak. Toh nanti pada akhirnya teman yang dianggapnya tulus juga bisa ketularan jadi sarkastik. Bahkan persahabatannya bisa diwarnai dengan sindiran-sindiran konyol tapi menyenangkan.

Karena tajam pikirannya, dia tau mana yang tulus dan mana yang tidak (huffpost.com)

Kamu harus ingat salah satu konsep sahabat. Mereka adalah orang yang akan tertawa paling keras ketika kamu jatuh, tapi mereka pula yang jadi orang pertama yang akan membantumu untuk bangkit kembali. Dan mungkin seperti itu juga gambaran orang sarkastik.

Nggak gampang sakit hati

Keuntungan berteman dengan orang sarkastik adalah sifat mereka yang nggak gampang sakit hati. Mereka orang yang paling sabar menerima ejekan. Mereka juga termasuk cerdas karena bisa membedakan mana guyonan dan mana ejekan.

Nggak gampang sakit hati (nbcnews.com)

Menyenangkannya, kamu masih bisa enak berteman tanpa asa canggung. Karena semua omongan bisa jadi hanya dianggap guyonan olehnya jadi nggak pernah dimasukan ke hati, apalagi sampai sakit hati dan dendam.

Dia adalah pemecah masalah yang hebat

Poin di atas telah menjelaskan betapa teman sarkastik memiliki otak yang cukup kritis. Tapi ternyata kemampuannya tak hanya itu, mereka juga tipe orang yang bisa membantu memecahkan masalah. Meskipun sering bikin jengkel, nyatanya mereka bisa membantu kita memecahkan masalah dengan mengedepankan rasional dan akuransi sebab-akibat.

Pemecah masalah yang baik (businessinsider.com)

Ketika kamu sudah pasrah dengan masalah yang kamu hadapi, cobalah minta bantuan temanmu yang sarkastik. Setidaknya mereka memiliki jalan keluar yang bahkan tak terpikirkan olehmu.

Nah itulah sekian alasan kenapa berteman dengan orang sarkastik sebenarnya menyenangkan. Hanya saja kamu harus tahan dengan sifat ceplas-ceplosnya yang kadang menjengkelkan.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tidak Disangka, Ternyata Orang yang Suka Berkata Kasar Atau Kotor Merupakan Tanda Orang Cerdas

Ketika Keberadaan Setan Diungkap Oleh Ilmu Pengetahuan, Ini Penjelasannya