Kenapa Sih Orang Korea Selatan Gemar Melakukan Operasi Plastik?

Jangan-jangan, operasi plastik akan segera diwajibkan di sana….

Rasanya kita semua akan sepakat bahwa Korea Selatan adalah negara yang penduduknya ‘ketagihan’ dengan operasi plastik. Bahkan sudah bukan cerita mengejutkan kalau kita mendengar bahwa remaja yang baru saja merayakan hari ulangtahun ke-17 akan meminta operasi plastik sebagai kadonya.

Baca juga : 7 Alasan Gadis Dayak Layak Dijadikan Istri Idaman

Operasi plastik seakan menjadi suatu hal yang lumrah dilakukan oleh warga Korea Selatan, karena bukan cuma kalangan selebritas saja yang melakukannya. Banyak pula orang-orang dari luar Korea Selatan tertarik untuk melakukan operasi plastik ke negeri ginseng tersebut karena hasilnya terbilang memuaskan.

Tapi omong-omong, kenapa sih orang Korea Selatan bisa sedemikian gemarnya dengan operasi plastik?

Nggak pede dengan wajah bawaan lahir

Coba bandingkan wajah asli dengan hasil permaknya – uzone.id

Alasan ini menjadi faktor utama warga Korea Selatan senang melakukan operasi plastik. Sebagai bangsa rumpun Asia Timur, ciri fisik utama wajah orang Korea Selatan adalah mata yang sipit dan tulang wajah berbentuk persegi. Dua hal itulah yang lantas menjadi sasaran operasi. Tercatat ada 95 persen wanita Korea Selatan melakukan operasi plastik pada lipatan kelopak mata dan 60 persen melakukan operasi bone structure untuk mendapatkan rahang berbentuk V yang dianggap lebih menawan.

Budaya seragam

Mukanya kok sama semua ya rasanya? – tumblr.com

Berbeda dengan orang Jepang yang gemar tampil berbeda dari lainnya, orang Korea Selatan justru menyenangi keseragaman. Biasanya, mereka enggan untuk terlihat berbeda karena bisa dianggap aneh. Maka sudah nggak perlu heran lagi kalau orang Korea Selatan senang operasi plastik, karena mayoritas orang sana mempunyai kriteria yang sama tentang wujud manusia yang rupawan, seperti rahang berbentuk V dan mata yang terlihat lebih besar. Contoh nyatanya, kita bisa lihat kalau rata-rata artis Korea Selatan wajahnya sama dan sulit dibedakan karena stereotype seragam itulah yang dipercaya.

Ikut tren

Melihat idolanya operasi plastik dan jadi tampan, nggak heran kalau banyak yang juga ingin mengikuti jejak para idola – linkfood.com

Sebenarnya, operasi plastik sudah mulai ramai dilakukan di Korea Selatan sejak tahun 2000-an, namun baru benar-benar booming setelah industri hiburan di Korea Selatan meledak dimana-mana. Gara-gara melihat para artis menjadi kian rupawan sejak operasi plastik, nggak heran kalau warga lainnya pun ikut ingin terlihat serupawan idolanya.

Dirasa lebih mudah mencapai sukses

Tampan dan cantik dianggap lebih mudah mencapai sukses ketimbang yang tidak tampan atau cantik – 967hitz.fm

Nggak cuma di Korea Selatan, mereka yang berwajah rupawan selalu digambarkan akan lebih mudah mencapai kesuksesan dibanding mereka yang kurang rupawan. Menjadi tampan atau cantik juga menjadi nilai lebih untuk meningkatkan rasa percaya diri. Oleh karen itulah sekitar 25 persen orang tua di sana nggak ragu menyarankan putra-putrinya untuk operasi plastik sejak dini. Bertemu anak SMP yang sudah memiliki wajah hasil permak di sana adalah hal yang biasa.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Sudah Hampir 2 Tahun Pacaran? Saatnya Putuskan, Halalkan atau Tinggalkan!

Jihan Audy, Biduan Koplo Berusia 13 Tahun yang Bikin Netizen Jatuh Hati