Study Membuktikan, Orang Desa Lebih Bahagia Dibandingkan Orang Kota. Kok Bisa?

Menurut kamu lebih bahagia hidup di kota apa di desa guys?

Banyak yang beranggapan jika hidup di kota itu bergelimang kebahagiaan. Dimana-mana ada tempat hiburan, banyak pusat perbelanjaan, dan berbagai tempat tongkrongan sangat mudah ditemukan. Memang kedengarannya menyenangkan. Namun siapa sangka, hasil penelitian ternyata hidup di desa lebih bahagia dibandingkan di kota.

Hasil penelitian orang kota tidak lebih bahagia dari orang desa

Penelitian yang dilakukan oleh McGill University, Montreal, Kanada yang bekerja sama dengan Vancouver School of Economics, mendapatkan jika hidup di desa nyatanya mampu membuat orang delapan kali merasa lebih bahagia. Hal ini tentu mengejutkan, mengingat desa tak lengkap seperti perkotaan dengan segala hingar bingarnya.

Kehidupan di desa dinilai lebih bahagia (brilio.net)

Penelitian tersebut menggunakan metode survei dimana orang kota dan orang desa diminta untuk menentukan indeks kebahagiaan hidup mereka di skala 1-10. Hasilnya, 80% orang kota menilai kebahagiaan hidupnya dibawah angka 5. Sedangkan mereka yang hidup di desa mengisinya di atas 5, yakni antara 7,04 hingga 8.94.

Alasan yang dilontarkan mayoritas orang kota ialah, sebab mereka tidak mendapatkan basis komunitas sosial yang kuat jika dibandingkan di desa. Bagi mereka, kehidupan di desa masih menawarkan nilai kemasyarakatan yang tinggi meski dalam berbagai keterbatasan. Sementara di kota masyarakatnya sudah individual dan nilai kebersamaan sudah mulai berkurang.

Di desa lebih mudah menemukan komunitas sosial (heartline.co.id)

Penelitian lain juga dilakukan di Amerika, dengan menggunakan 400 ribu responden. Dari penelitian ini mendapatkan fakta meskipun hidup di kota menawarkan gaji pekerjaan lebih tinggi dan kualitas pendidikan lebih bagus, nyatanya mereka justru merasa tidak lebih bahagia dibandingkan dengan yang hidup di desa. Tentu sangat ironis bukan?

Lalu bagaimana dengan kondisi di Indonesia?

Sepertinya fenomena tersebut juga terjadi di Indonesia. Meskipun menurut Badan Pusat Statistik indeks kebahagiaan orang kota meningkat, nyatanya hal tersebut juga sebanding dengan meningkatnya tingkat stres di kalangan orang kota.

Kebahagiaan hidup di desa (nrzenterprise.blogspot.com)

Berbagai permasalahan seperti kemacetan, kehidupan yang sangat dinamis, dan tekanan kerja yang cukup berat menjadi penyebab. Belum lagi gaya hidup yang tidak sehat, membuat banyak orang kota yang merasa tidak lebih bahagia dibandingkan di desa. Bagaimana menurutmu, lebih bahagia hidup di kota apa di desa?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *