Menurut Penelitian, Hanya 13,5% Orang Barat yang Bisa Jongkok dengan Sempurna! Ini Penyebabnya

Bangga ya jadi orang Asia yang bisa jongkok dalam waktu lama :D

Bagi masyarakat Indonesia, jongkok merupakan hal yang sangat wajar dilakukan dimana saja. Entah itu di toilet, pinggir jalan, saat antre, dapur hingga sedang ngobrol pun bisa dilakukan dengan jongkok. Pun aktivitas ini juga biasa dilakukan ketika kaki terasa lelah namun tak ada tempat untuk duduk. Pemandangan orang jongkok sudah sangat lazim ditemui di Asia, namun tidak di negara-negara Barat.

Jongkok (RadiusKu)

Bagi bule, atau mereka yang berasal dari negara Barat, aktivitas jongkok sangat jarang dilakukan. Bahkan setelah ditantang, mereka tak bisa melakukannya sebaik orang Asia. Dilansir dari 8Asians, dilaporkan 100% orang Asia bisa jongkok, namun hanya 13,5% orang Amerika yang bisa melakukannya. Itupun sebanyak 9% memiliki darah Asia dan sisanya karena rajin olahraga yoga. Tapi kenapa ya orang Barat tak bisa jongkok?

Postur tubuh yang tinggi

Postur tubuh yang tinggi (Youtube)

Sebagian besar orang Asia memang memiliki postur tubuh yang lebih pendek dibanding orang Barat. Hal ini tentu memiliki pengaruh terhadap kemampuan untuk berjongkok. Kaki yang panjang membuat para bule susah sekali jongkok, alhasil setiap kali mencoba mereka tak bisa seimbang dan akhirnya jatuh ke belakang.

Tidak dibiasakan untuk jongkok

tidak biasa jongkok (MalangTODAY)

Di Indonesia atau negara Asia lainnya kamu masih bisa menemukan toilet yang mengharuskan penggunanya untuk jongkok. Namun di negara Barat, hampir semua rumah maupun tempat umum menggunakan toilet duduk. Mereka tidak dibiasakan melakukan hal-hal yang mengharuskan untuk berjongkok. Sehingga wajar jika hampir 100% orang Amerika susah jongkok secara sempurna.

Perbedaan cara jongkok

Ada perbedaan yang bisa kamu lihat dari cara jongkoknya orang Asia dan Amerika. Bagi orang Asia, jongkok dilakukan dengan cara menempelkan seluruh permukaan kaki di tanah sehingga posisinya jadi lebih nyaman. Sementara para bule melakukan jongkok hanya dengan bertumpu pada ujung kaki saja dan tumit tidak menyentuh tanah.

Perbedaan cara jongkok (YouTube)

Posisi tersebut membuat jongkok jadi tidak nyaman, paha lebih banyak menumpu beban tubuh, pergelangan kaki dan tulang belakang juga lebih banyak menerima tekanan. Mereka jadi sulit mendapat keseimbangan pada posisi ini dan seringkali jatuh ke belakang.

Orang Barat langsung duduk begitu capek, orang Asia bisa jongkok jika tak ada tempat untuk duduk

Orang Barat langsung duduk begitu capek, orang Asia bisa jongkok jika tak ada tempat untuk duduk (Keepo)

Ketika terlalu lama berdiri dan merasa lelah, orang Barat akan langsung mencari tempat duduk. bagi mereka posisi istirahat ya hanya duduk dan berbaring saja. Sangat berbeda dengan orang Asia yang bisa jongkok ketika tak ada kursi. Bahkan bisa jadi sengaja jongkok meski ada tempat duduk sekalipun. Karena jongkok bisa membuat lebih rileks dan nyaman.

Nah itulah beberapa alasan mengapa orang bule tidak bisa jongkok dengan sempurna seperti orang Asia. Posisi jongkok bahkan terbukti lebih menyehatkan lho, kamu sering jongkok?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *