Yakin Deh, Pasti Kamu Nggak Bakal Nemuin 7 Jenis Ojek Ini Selain di Indonesia

Kok bisa-bisanya sih ada ojek gendong segala?

Setiap hari, pasti kamu sering menjumpai atau bahkan menggunakan jasa ojek motor yang bejibun banyaknya di Indonesia itu, entah itu ojek konvensional ala bapak-bapak di pangkalan, atau ojek online yang sekarang lagi naik daun. Tapi, tahukah kamu kalau ojek yang ada di negara kita nggak hanya itu?

Selain ojek motor, masih banyak jenis ojek unik di Indonesia. | inovasee.com

Selain ojek motor, Indonesia masih punya banyak jenis ojek yang saya yakin, kamu nggak akan menemukannya di negara lain. Jenis ojek ini unik-unik, mulai dari ojek sepeda onthel hingga ada yang menawarkan jasa ojek gendong. Iya, penumpangnya diangkut dengan cara digendong!

1. Ojek onthel

Kita mulai dari ojek onthel yang sudah ada sejak tahun 1972 dan sangat populer di Batavia atau Jakarta. Bahkan, ojek ini menjadi primadona saat Indonesia mengalami krisis moneter 1998. Tapi semakin ke sini, ojek ini hanya bisa ditemukan di beberapa daerah saja, Kota Tua Jakarta, misalnya.

Ojek onthel, sudah ada sejak 1972. | yudasmoro.files.wordpress.com

2. Ojek barang

Ada juga ojek barang yang bisa kita temui di berbagai daerah di indonesia, khususnya di daerah perbukitan dan pegunungan dengan jalur yang ekstrim dan sulit dilalui kendaraan. Karena sulitnya medan yang ditempuh ini, maka para ojek barang sering kali mematok harga yang luar biasa tinggi.

Karena medan yang sulit, ojek barang benar-benar dibutuhkan mereka yang tinggal di pegunungan. | beritadaerah.co.id

3. Ojek air

Ojek ini bersifat musiman. Hanya muncul di daerah-daerah yang sedang dilanda banjir, mereka membantu para warga melewati genangan air menggunakan gerobak dengan upah yang cukup murah. Tak hanya manusia, ojek ini juga siap mengangkut berbagai macam barang seperti sepeda motor.

Di daerah-daerah yang sedang dilanda banjir, ojek air seperti ini sangat digemari. | beritadaerah.co.id

4. Ojek payung

Sama seperti ojek air, ojek payung juga hanya muncul saat musim penghujan. Rata-rata pelakunya adalah anak-anak dan remaja yang sekadar ingin mengisi waktu. Meskipun tarifnya sangat murah, nggak jarang mereka mendapat uang lebih karena banyak pelanggan yang merasa iba.

Ojek payung juga termasuk salah satu ojek musiman di Indonesia. | metrotvnews.com

5. Ojek palang

Ojek ini banyak ditemui di daerah Tasikmalaya. Ojek palang terkenal hebat karena mampu membawa banyak barang hanya dengan satu motor. Apa rahasianya? Tentu saja palang yang mereka gunakan. Tapi di samping itu, mereka juga harus punya skill dewa agar bisa menyeimbangkan laju motor.

Dibutuhkan skill dewa agar bisa menjadi supir ojek palang seperti Abang ini. | dailymoslem.com

6. Ojek perahu

Ojek perahu berfungsi sebagai sarana penyeberangan di daerah bantaran sungai. Ojek ini terbilang sangat sederhana karena hanya menggunakan rakit bambu atau perahu yang terbuat dari papan, dan menggunakan tali sebagai pengganti mesin perahu. Maka nggak heran kalau tarifnya pun sangat murah.

Di daerah bantaran air, bisa jadi, ojek perahu adalah sarana satu-satunya untuk pergi dari satu sisi ke sisi daratan yang lain. | antarafoto.com

5. Ojek gendong

Iya, kamu nggak salah baca. Karena memang nggak banyak yang tahu keberadaan ojek yang hanya ditemukan di beberapa pesisir pantai seperti Situbondo, Jawa Timur ini. Mereka akan menggendong para ‘penumpang’ yang kebanyakan wanita untuk naik ke perahu tanpa harus basah oleh air. Wihh…

Hm.. kok kesannya gimana gitu ya…| tirto.id

Dari semua jenis ojek unik yang saya yakin kamu belum pernah menggunakan jasanya di atas, mana yang paling ingin kamu coba? Jangan bilang ojek gendong ya, takutnya nanti kamu malah baper sama abang ojeknya.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Menilik Malaka Jaya, Kampung Berisi Orang Kembar di Jakarta

Waduh! Menurut Penelitian, Kaum Millenial Lebih Miskin Daripada Generasi Pendahulunya