3 Hal Ini Lebih Cocok Jadi Obrolan Basa-basi, Daripada Komentar “Kok Kamu Gendutan Si?”

Baru juga ketemu, udah dikatain gendutan!

“Eh ada Malika, udah lama banget nih nggak ketemu. Kok kamu gendutan sih?”
“Lho, aku kira kamu udah nikah. Terus kapan dong nikahnya?”

Ada beberapa pertanyaan yang sering digunakan untuk memancing obrolan basa-basi. Misalnya saja seperti contoh di atas, menanyakan perubahan fisik atau status hubungan memang terkesan biasa. Tapi tahukah kamu? Pertanyaan tersebut ternyata membuat orang lain merasa tidak nyaman lho.

Obrolan basa-basi (ytimg.com)

Bahkan beberapa ada yang tersinggung jika ditanya seperti itu, apalagi baru pertama kali bertemu setelah sekian lama. Daripada mengungkit bentuk fisik atau status yang sensitif, ada baiknya kamu ganti dengan sesuatu yang lebih positif. Berikut ini beberapa kalimat yang dianggap lebih cocok untuk obrolan basa-basi.

Puji bagian yang menarik dari orang tersebut

Siapa sih yang suka jika berat badannya dipertanyakan, atau jerawatnya menjadi fokus utama di pertemuan pertama? Alih-alih bisa akrab, obrolan basa-basi yang menyangkut hal sensitif justru bisa membuat kamu dijauhi. Lebih baik ganti kalimat dengan hal-hal yang berbau pujian.

Puji bagian yang menarik dari orang tersebut (greatist.com)

Puji salah satu bagian menarik yang kamu lihat dari orang yang diajak basa-basi. Misalnya lesung pipi yang cantik, rambutnya yang hitam bergelombang, atau bahkan senyumnya yang menawan. Berikan pujian kepada hal-hal positif yang ada pada dirinya, hal tersebut bisa menambah kepercayaan diri dan rasa nyaman ketika bicara.

Puji tentang fashion dan pencapaian yang telah diraih

“Udah lama nih nggak ketemu, kamu lagi bikin project apa sekarang?”
“Kamu cantik banget pakai dress warna pink ini, cocok deh sama kulitmu yang cerah”
“Denger-denger kamu barusan naik jabatan ya? Selamat ya? Apa nih rahasia suksesnya?”

Puji tentang fashion dan pencapaian yang telah diraih (dtkaustin.com)

Jika kamu masih enggan memuji tentang fisik, maka cobalah puji bagian menarik dari penampilan atau bahkan pencapaian yang sudah diraih. Obrolan seperti ini bukan hanya menambah rasa percaya diri dan membuat suasana makin akrab, namun juga bisa memberikan informasi secara tidak langsung sehingga percakapan makin seru. Atau jika beruntung kamu bisa dapat ‘ilmu’ dari orang lain.

Basa-basi di media sosial

Bertemu teman lama memang tak melulu di dunia nyata, terkadang justru terjadi di dunia maya. Jika begitu, obrolan basa-basi apa yang harus di ucapkan? Cobalah cari tau apa aktivitas yang diunggah di akun medsosnya. Misalnya foto liburan, selfie yang terlihat cantik, atau bahkan foto keluarga.

Basa-basi di media sosial (shopback.com)

Sebagai contoh dia baru saja mengunggah foto mendaki gunung, kamu bisa tanyakan “Barusan dari Rinjani ya? Kata orang sih disana indah banget, ceritain dong pengalaman kamu saat naik gunung.” atau bisa juga “Wah abis liburan keluarga ya? Mama papa kamu kelihatan bahagia banget tuh, wajahnya berseri”. Jika kamu bertanya hal positif maka dia juga bisa dengan senang hati menceritakan pengalaman kepadamu.

Nah itulah beberapa hal yang dianggap lebih cocok untuk memulai basa-basi. Jangan melulu tanya tentang fisik yang ujungnya bikin dia keki ya!

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *