Keusilan NHK Menjiplak Helm Valentino Rossi Akhirnya Berlanjut ke Kantor Polisi

Ternyata gitu ya kelakuan NHK…

Terlebih di Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan tingkat plagiasi tinggi, banyak cara yang dilakukan produsen agar produk buatannya laris manis d pasaran. Dan salah satu cara paling mudah namun salah, adalah dengan menjiplak produk lain yang sudah populer dengan tanpa izin. Cara inilah yang baru-baru ini dilakukan NHK, salah satu produsen helm papan atas Indonesia.

Baca juga : ‘The Doctor’, Sejarah Manis dan Bukti Kedewasaan Valentino Rossi

Baru-baru ini, NHK tersandung kasus plagiasi hanya karena ingin produknya laris manis di pasaran. | Inovasee.com

Melanggar hak kekayaan intelektual

Tak tanggung-tanggung, NHK berani menjiplak helm milik legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi, yang langsung mendapat peringatan keras dari kuasa hukum AGV –produsen helm asal Italia. Datang dari kantor hukum Indomark Services selaku kuasa hukum AGV, surat peringatan itu disertai gambar helm AGV milik Rossi yang dijiplak tanpa izin oleh NHK (PT Danapersadaraya Motor Industry (DMI).

Surat peringatan dari pihak AGV yang ditujukan pada NHK. | twitter.com

Selain peringatan keras, AGV juga memaksa NHK untuk segera menarik kembali produk palsunya yang diberi nama NHK Terminator Turtle, atau AGV akan langsung menyeret NHK ke ranah hukum.

Kura-kura dan simbol prestasi Rossi

Sebagai informasi, helm yang dijiplak NHK merupakan produk AGV yang sudah dijual sejak 2014 silam dengan model AGV K3-SV dan dibanderol 10,3 juta rupiah di pasaran. Helm ini pertama kali digunakan Rossi pada ajang MotoGP yang berlangsung di sirkuit Mugello, Italia, pada tahun 2013.

Helm AGV K3-SV pertama kali dipakai Rossi pada balapan MotoGP 2013 di sirkuit Mugello, Italia. | championhelmets.blogspot.com

Corak helm AGV K3-SV didesain oleh Aldo Drudi dari Drudi Performance dan dikembangkan melalui proses AGV Extreme Standards dengan GP Pista. Bahkan, Rossi pun ikut membantu dalam mengembangkan dan menguji helm tersebut. Dijuluki Turtaruga atau yang dalam bahasa Italia berarti kura-kura, corak helm AGV K3-SV punya arti tersendiri bagi pembalap dari tim Movistar Yamaha itu.

Helm bergambar kartun cangkang kura-kura yang didominasi warna hijau itu menceritakan suasana hati Rossi pada saat itu. Sosok kura-kura adalah simbol prestasinya yang melempem pada MotoGP musim 2013. Selain itu, kura-kura juga merupakan maskot binatang bagi Rossi saat masih kecil, tepatnya saat dia masih mengikuti ajang balap minimoto.

Bukan kasus baru

Terbilang cukup menghebohkan, nyatanya ini bukan kasus penjiplakan pertama yang dilakukan NHK. Pada tahun 2016 lalu, produsen helm ini juga pernah menjiplak corak helm milik Fox Racing. Produsen lain yang dibuat geram oleh keusilan NHK adalah Snell, produsen helm asal Amerika Serikat.

Sebelum kasus AGV, NHK juga pernah berseteru dengan Fox Racing dan Snell karena kasus yang sama. | tmcblog.com

Khusus untuk kasus Snell, bahkan produsen ini menulis sebuah pernyataan dan peringatan resmi di website Snell Memorial Foundation yang ditujukan langsung kepada NHK. Dalam pernyataannya itu, Snell mengumumkan jika mereka tidak pernah memberikan sertifikat M2010 untuk helm yang diproduksi NHK, dan logo serta sertifikat Snell yang terdapat pada helm NHK dipastikan palsu.

Hm.. sebegitu hobinya kah NHK memproduksi helm dari hasil jiplakan produk lain? Memang, produsen ini berhasil merebut hati banyak pecinta otomotif di dalam negeri, namun kalau kelakuannya senakal ini, siapa yang mendadak malas untuk membeli produk-produknya lagi?

Mung

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: “Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal.”

Masih Menjadi Kontroversi, Inilah yang Akan Terjadi di Dunia Jika Pernikahan Sejenis di Legalkan

Meskipun Bergelimang Harta, Para Artis Ini Tidak Gengsi Hidup Sederhana Dalam Kehidupan Sehari-hari