Kamu yang Ngotot Beli Mobil Tapi Nggak Punya Garasi, Situ Sehat?

Percuma beli mobil bagus kalau cuma dijemur dipinggir jalan~

Bisa dibilang warga Indonesia itu sedikit unik. Banyak orang berani membeli mobil seharga ratusan juta tapi hanya diparkirkan di pinggir jalan umum. Jika ditanya alasan, rata-rata mengaku tidak memiliki cukup lahan rumah untuk garasi hingga mau tak mau bahu jalan jadi parkiran. Pemandangan ini sangat umum di kota-kota besar padat penduduk, terutama Jakarta.

Parkir di pinggir jalan (kreshnapatrian.files.wordpress.com)

Menanggapi keresahan pengguna jalan yang merasa terganggu dengan mobil yang diparkir di pinggir jalan, kini pemerintah DKI Jakarta siap mengambil tindakan. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI, Andri Yansyah, dimana pemilik kendaraan roda empat kini wajib memiliki garasi sebagai lahan untuk memarkir mobilnya. Dasar hukumnya saat jelas yaitu Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi. Dalam Pasal 140 butir satu Perda DKI Nomor 5/2014 disebutkan bahwa, setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi.

Berdasarkan peraturan tersebut, mobil yang masih saja diparkir di pinggir jalan umum akan terkena sanksi derek, jadi bukan hanya yang di trotoar saja. Begitupula yang diparkir di jalan perumahan. Meskipun jalan tersebut milik developer namun jika sering dilewati kendaraan maka tergolong jalan umum.

Bisa beli mobil tapi nggak bisa menyediakan garasi

Mungkin inilah yang dirasakan oleh orang-orang yang tinggal di perumahan dengan lahan terbatas, atau perkampungan sempit yang bahkan tak bisa dilalui sebuah mobil. Padahal di sisi lain mereka membutuhkan sebuah mobil. Akhirnya mau nggak mau cuma ditaruh di pinggir jalan. Ada juga yang punya garasi tapi mobilnya banyak hingga nggak muat.

Bisa beli mobil tapi nggak bisa menyediakan garasi (breakingnews.co.id)

Kalau sudah begini hanya ada tiga pilihan, pertama jual mobilnya, kedua cari hunian atau renovasi rumah agar punya garasi, yang ketiga cari lahan sewa khusus untuk parkir. Sementara yang belum punya mobil, mending siapin garasi dulu deh.

Jangan mengorbankan kenyamanan masyarakat umum

Memarkirkan mobil di pinggir jalan umum sudah sangat jelas mengganggu kenyaman kendaraan yang lewat. Apalagi di jalan perumahan yang terbatas. Jika pemilik kendaraan di kanan jalan memarkirkan mobil di pinggir jalan dan pemilik kendaraan di kiri jalan juga melakukan hal yang sama, maka jalan akan semakin sempit.

Jangan mengorbankan kenyamanan masyarakat umum (adiyasaprahenda.files.wordpress.com)

Yang tadinya muat untuk dua lajur, kini bahkan mobil harus lewat secara bergantian. Bayangkan saja jika ada keadaan darurat ada yang sakit, melahirkan atau keperluan mendesak lainnya. Belum lagi kalau nanti kesenggol atau lecet yang disalahkan pasti yang lewat.

Undang-undang mewajibkan memiliki garasi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, menurut Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi, pemilik kendaraan bermotor wajib pula memiliki garasi. Kepemilikan garasi ini harus ditunjukkan dengan surat keterangan yang nantinya dicantumkan sebagai syarat khusus pembuatan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNKB).

Undang-undang mewajibkan memiliki garasi (panoramio.com)

Peraturan ini memancing pro kontra di mayarakat. Ada yang setuju dengan pertimbangan agar memastikan mereka yang punya mobil nggak parkir sembarangan. Namun ada juga yang menolak dengan alasan tak adanya korelasi langsung antara kepemilikan kendaraan dengan kepemilikan garasinya.

Kebiasaan salah yang sudah dilestarikan

Uniknya orang Indonesia itu, apapun yang sudah berlaku turun temurun meskipun itu salah pasti akan selalu dilestarikan. Salah satunya kebiasaan parkir sembarangan ini. Bagi mereka, hal seperti ini seperti dapat dimakhlumi. Kalaupun ada yang protes, si pemilik mobil pasti akan merasa “benar” karena sudah jadi kebiasaan dari jaman dulu kala.

Kebiasaan salah yang sudah dilestarikan (poskotanews.com)

Kamu yang update, pasti masih ingat beberapa kasus penderekan mobil di Jakarta. Pemilik mobil marah-marah karena merasa “benar” dan terbiasa parkir di trotoar depan rumahnya sendiri. Padahal menurut aturan, ini sangat melanggar dan wajib dikenai sanksi.

Jadi, kamu setuju nggak nih sama peraturan ini?

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Berkeliling Jalanan dengan Gaun dari Uang, Niat Model Playboy Ini Sungguh Mulia

Pernah Gosok-gosok Buku Ajaib Ini? Fix, Masa Kecilmu Bahagia!