Ngontrak Rumah Sederhana Dirasa Lebih Bijaksana Daripada Tinggal Sama Mertua, Mengapa?

Mending ngontrak meski hanya sepetak daripada tinggal sama mertua

Tidak semua pengantin baru memiliki kehidupan mapan, banyak yang merintis finansial dari awal. Mulai mengumpulkan tabungan masa depan, menyiapkan biaya untuk kehidupan sehari-hari, hingga persiapan untuk tempat tinggal. Semuanya serba disiapkan mulai dari awal hingga pilihan tinggal di rumah mertua menjadi pilihan.

Tinggal sama mertua. (inovasee.com)

Padahal, memilih tinggal dengan mertua cenderung punya banyak resiko. Bahkan tak sedikit yang bilang bisa menimbulkan masalah dalam rumah tangga. Meski banyak juga yang justru senang bisa serumah dengan mertua. Namun akan terasa lebih bijaksana tinggal di rumah kontrakan meski sederhana daripada seatap dengan mertua. Mengapa?

Percaya, Tuhan telah membuka rezeki bagi kalian yang menikah

Banyak orang khawatir dengan kehidupannya setelah menikah, apalagi jika ia belum memiliki pekerjaan mapan dan finansial yang menjamin. Padahal menurut pemuka agama, Tuhan telah membukakan pintu rezeki seluas-luasnya bagi mereka yang menikah. Melancarkan segala usaha agar lebih mudah menghidupi keluarga kecil yang terbentuk.

Percaya, Tuhan telah membuka rezeki bagi kalian yang menikah (Berita Tersebar)

Jangan khawatir, bermula dari kontrakan sederhana kamu dan pasangan bisa kok mewujudkan rumah idaman. Tak masalah susah di awal asal kalian memiliki komitmen kuat untuk terus berjuang bersama menuju kemapanan rumah tangga. Tuhan tak akan membiarkan kalian kekurangan. Ada saja rezeki yang nantinya akan datang tanpa terduga.

Setiap orang membutuhkan privasi, apalagi sebagai suami istri

Setiap orang, apalagi bagi pasangan yang baru saja menikah pasti membutuhkan privasi. Nah hal tersebut hanya bisa didapatkan jika kalian tinggal terpisah dari orang tua. Tak masalah meski hanya di kontrakan kecil, yang penting hanya ada kamu dan pasangan disana. Kalian bebas melakukan apapun tanpa harus takut terganggu oleh orang lain.

Setiap orang membutuhkan privasi, apalagi sebagai suami istri (The Fix)

Mengapa menjaga privasi itu penting? Privasi yang sering terganggu bisa menjadi sumber masalah dalam rumah tangga lho. Bisa jadi pertengkaran yang merusak keharmonisan, apalagi dengan orang tua dan mertua.

Lebih nyaman milik sendiri daripada numpang kan?

Mungkin awalnya orang tua atau mertua tidak merasa keberatan kamu dan pasangan tinggal satu rumah dengan mereka. Namun lama-kelamaan pasti muncul rasa tidak nyaman kan? Percayalah, meski hanya menyewa kamar kos rasanya jauh lebih nyaman daripada harus tinggal numpang dirumah mertua.

Lebih nyaman milik sendiri daripada numpang kan (Myrtle and Moss Photography)

Tinggal terpisah memungkinkan kalian untuk mandiri mengurus rumah tangga. Tak ada campur tangan orang lain, dalam hal ini adalah mertua. Apapun masalah yang muncul, kalian akan menghadapinya berdua saja. Hal tersebut akan melatih rasa tanggungjawab masing-masing dan menguatkan hubungan pernikahan.

Itulah beberapa alasan yang harus kamu pahami mengapa tinggal terpisah dengan mertua adalah pilihan bijak paska menikah. Bukannya tidak hormat atau tak ingin menghargai mereka, tapi pernikahan memang hanya tentang kalian berdua saja tanpa campur tangan orang tua. Kehidupan sudah milik berdua, semua hal dilakukan dan diputuskan bersama pasangan.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *