Ngapain Beli iPhone X Kalau Ternyata 8 Fitur Andalannya Sudah Ada di Android?

Mending beli ponsel Android. Lebih murah pula. Ya, nggak?

Apple baru saja meluncurkan iPhone X bersama dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus pada hari Selasa, 12 September 2017 lalu. Kabarnya ada banyak teknologi canggih yang disematkan pada iPhone terbaru itu, termasuk dengan desain keren yang membuatnya makin mengukuhkan diri di posisi puncak jajaran ponsel cerdas hi end.

Baca juga : Bikin Ngakak, Begini Reaksi Netizen Atas Peluncuran iPhone Terbaru

Meski begitu, ternyata sebagian inovasi terbaru yang ada di iPhone X itu bukanlah barang baru. Bahkan sudah ada beberapa ponsel-ponsel Android yang disebut sudah lebih dahulu menggunakannya. Wah, iPhone ketinggalan dong? Jadi, ngapain kita beli iPhone X yang mahal itu kalau teknologi yang kita mau sudah ada di ponsel Android? Teknologi apa sajakah itu?

1. Pemindai wajah

Untuk menambah tingkat keamanan iPhone X, Apple membenamkan teknologi pemindai wajah sebagai kunci biometrik di samping penggunaan pemindai sidik jari. Mungkin memang terdengar keren, tapi masalahnya Samsung sudah lebih dahulu menerapkan teknologi itu di Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus yang rilis bulan Maret lalu. Nggak cuma itu, Microsoft juga sudah menerapkannya loh! Tapi di desktop, khususnya melalui Windows Hello bagi para pengguna laptop.

Fitur Face ID di iPhone X bukanlah barang baru (cnet.com)

Apple tentu harus membuktikan bahwa teknologi pemindai wajahnya lebih maju dibandingkan lawan-lawannya kalau tidak ingin terlihat ketinggalan. Masalahnya, Apple sempat nyaris kehilangan muka karena gagal pada uji coba pertama saat memperkenalkan fitur ini. Seharusnya sih tidak sampai begitu, apalagi perusahaan sekuriti biometrik RealFace jadi partner Apple dalam pengembangan fitur ini.

2. Punggung berlapis kaca

Punggung kaca memang elegan, tapi kok kesannya mudah kotor ya? (timeincuk.net)

Meski Apple dikenal sebagai pelopor tren smartphone dengan body berbahan logam, namun mereka bukanlah pabrikan pertama yang menghadirkan punggung ponsel berlapis kaca. Dua nama asal Korea Selatan, LG G6 dan seri Samsung Galaxy sudah lebih dulu menggunakannya. Meski desain semacam ini memang menambah keindahan ponsel, namun ada sejumlah kekurangan seperti mudah kotor karena sidik jari hingga rentan kena goresan.

3. Layar tanpa bezel

iPhone X memang nampak elegan dengan layar tanpa bezel, namun desain semacam ini sudah lebih dahulu hadir di ponsel Sharp Aquos tahun 2014 lalu. Saat ini memang sudah banyak ponsel Android kelas hi end yang mengusung layar tanpa bezel.

Layar tanpa bezel (asiaone.com)

Bahkan, tampilan layar tanpa bezel iPhone X mirip dengan Essential Phone, smartphone Android rancangan Google. Hal ini bisa dilihat dari panel atasnya yang menjorok ke dalam layar untuk menampung modul kamera depan.

4. Layar AMOLED

Jika sebelum ini kita melihat iPhone selalu hadir dengan layar berjenis LCD, kini Apple memutuskan untuk beralih ke AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang lebih cerah dan fleksibel.

Apple akhirnya beralih ke layar AMOLED (hypebeast.net)

Langkah ini mungkin agak terlambat, karena para pabrikan Android kelas menengah macam Asus pun sudah mulai beralih ke AMOLED. Sebagai informasi, layar AMOLED biasanya dibuat oleh LG dan Samsung. Tak heran jika keduanya sudah sejak lama memakai teknologi ini.

5. Wireless charging dan fast charging

wireless dan fast charging (pureinfotech.com)

Fitur wireless charging (pengisian daya tanpa kabel) dan fast charging (pengisian daya cepat) sudah menjadi fitur yang jamak ditemui pada ponsel Android saat ini. Apple pun mau tak mau ikut juga memberikan dua fitur ini pada iPhone X agar tak ketinggalan.

6. Augmented reality

Augmented Reality (AR) mungkin memang tergolong sebagai tren teknologi yang masih relatif baru di dunia smartphone. Teknologi ini menggabungkan aneka grafis dan informasi komputer dengan dunia nyata.

Augmented Reality sudah ditawarkan sebelumnya oleh Lenovo Phab 2 Pro (mshcdn.com)

Meski begitu, Lenovo melalui Phab 2 Pro dan Asus dengan ZenFone AR-nya sudah mulai menawarkan fitur AR ke konsumen lebih dulu dari Apple. Jika Lenovo sudah memberinya sejak pertengahan 2016 lalu, maka Asus pada awal 2017 ini.

7. Hilangnya tombol ‘home’

Tanpa home button, layar jadi terlihat lebih lebar (nbcnews.com)

Menarik melihat penampakan iPhone X yang kini tanpa tombol ‘home’ fisik. Bagian depannya betul-betul hanya terdiri dari layar saja. Untuk mengoperasikan fitur tombol ‘home’, pengguna iPhone X hanya tinggal menyapukan jari ke layar dari arah bawah. Selain Apple, Samsung dengan Galaxy Note 8 dan Xiaomi dengan seri Mi Mix 2 juga sudah menerapkan teknologi ini demi mendapatkan tampilan layar yang lebih lebar.

8. Kamera ganda

Apple memang sudah memperkenalkan kamera ganda di iPhone 7 Plus. Teknologi ini membuat iPhone 7 Plus mendapatkan kamera dengan lensa wide angle dan lensa short telephoto sekaligus. Namun teknologi ini sebenarnya sudah lebih dahulu diterapkan pada HTC One M8 di tahun 2014.

Kamera ganda sudah lebih dahulu hadir di tahun 2014 melalui HTC One M8 (teknoblog.com)

Kala itu, HTC memperkenalkan konsep dua kamera yang bisa menyimulasikan efek bokeh seperti pada kamera DSLR. Belakangan, banyak produsen lain yang turut memberikn kamera ganda pada produknya.

Jadi, masih tertarik merogoh kantong dalam-dalam untuk sebuah iPhone X?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Jangan Putus Asa Ketika Kesuksesan Belum Menghampiri di Usia 30an, Orang-orang Ini Bisa Kamu Jadikan Panutan!

Jeans yang Jarang Dicuci Justru Makin Oke, Mitos Atau Fakta?