4 Hal Ini Membuktikan Bahwa Netizen Indonesia Polosnya Nggak Ketulungan

Kurang-kurangi lah sifat polosmu itu~

Media sosial saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan jumlah penggunanya yang semakin meningkat tajam dari tahun ke tahun. Wajar saja mengingat peran media sosial yang sangat mempermudah kehidupan manusia saat ini.

Polosnya pengguna medsos (digitalmarketer.id)

Tapi tak hanya membawa manfaat, media sosial juga memiliki dampak buruk bagi penggunanya. Sebut aja orang-orang jadi lebih sering melihat gadget daripada berinteraksi dengan lingkungan sekitar, banyaknya kasus penipuan yang terjadi di media sosial, atau merebaknya postingan-postingan tidak jelas yang hanya memanfaatkan kepolosan pengguna medsos demi meraup keuntungan.

Nggak percaya kalau pengguna medsos kebanyakan polos? Ini dia bukti kalau rata-rata pengguna medsos di Indonesia polosnya nggak ketulungan.

1. Postingan ketik amin dan like

Postingan seperti ini sudah seperti jamur di musim hujan. Banyak pengguna yang sengaja memposting penderitaan seseorang yang kemudian dibubuhi cerita-cerita singkat yang menyayat hati. Ujung-ujungnya postingan ini hanya meminta ketik amin, like dan juga share.

Postingan ketik amin dan like (inovasee.com)

Ini bukan penderitaan orang-orang dalam foto. Ini tentang netizen Indonesia yang dengan mudahnya percaya foto tersebut. Memang beberapa ada yang nyata, tapi bukan tidak mungkin foto tersebut hanya rekayasa untuk mengelabui netizen dan mendapatkan banyak like hingga akun tersebut populer.

2. Gampang terkecoh dengan kata ‘Sebarkan’

Menyebarkan informasi sejatinya merupakan salah satu fungsi penting media sosial. Namun dengan catatan informasi yang disebarkan bersifat sangat penting, urgent, maupun yang berhubungan dengan hajat orang banyak. Namun penyebaran informasi yang terbilang cepat ini hanya dimanfaatkan orang-orang tak bertanggungjawab.

Gampang terkecoh dengan kata ‘Sebarkan’ (pbs.twimg.com)

Memanfaatkan keinginan dalam diri orang lain untuk menyebarkan hoax maupun berita yang bersifat provokasi. Karena memang netizen Indonesia nggak suka kroscek terlebih dahulu, kebanyakan info yang disebarkan hanyalah kebohongan. Parahnya modus ‘sebarkan’ ini seringkali dibarengi ancaman atau embel-embel masuk surga.

3. Sering tertipu postingan ketik #ran dan sebagainya

Bukti lain kepolosan netizen adalah beredarnya postingan yang mengharuskan netizen mengetik #RAN untuk mendapatkan tampilan ular berjalan pada layar Facebook. Atau postingan tentang perempuan-perempuan yang sedang mandi, kemudian mengaharuskan netizen mengetik angka 1 agar air pada gambar bisa surut.

Sering tertipu postingan ketik #ran dan sebagainya (kaskus.co.id)

Postingan semacam ini sangatlah tidak masuk akal. Dan nyatanya itu hanyalah hoax yang digunakan untuk mengakali mereka yang tidak tau. Sayangnya, postingan seperti masih saja mendapatkan banyak minat. Terbukti masih banyak netizen yang mengetik apa yang diminta di kolom komentar.

4. Postingan kejadian di luar nalar yang laris manis

Manusia memang pada dasarnya adalah makhluk yang ingin tau, selalu penasaran dan kepo abis. Sifat inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh orang tak bertanggungjawab. Biasanya banyak diunggah di akun fanpage, postingan-postingan diluar nalar seperti orang bercahaya yang dikira malaikat ataupun penampakan-penampkan aneh selalu berhasil menarik ke-kepoan netizen.

Postingan kejadian di luar nalar yang laris manis (kaskus.co.id)

Bukan tentang gambarnya. Biasanya postingan seperti ini bisa mendapatkan ribuan share. Ini adalah bukti bahwa netizen Indonesia mudah percaya pada sesuatu yang aneh. Terutama hal-hal diluar nalar dan logika.

Ngaku neh, kamu pernah tertipu dengan hal-hal di atas kan? Kalau iya, kamu juga termasuk netizen budiman yang polos abis.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Sebuah Renungan Hidup: Saat Aku Memutuskan Bunuh Diri dan Melompat dari Atap Gedung

Kalau Kamu Masih Yakin Micin Itu Bikin Bego, Berarti Kamu yang Bego