Nasi Goreng Tembakau, Kuliner Khas Temanggung Penghilang Galau

Bukan tidak mungkin, pamornya segera melejit mengalahkan kepopuleran bakso uleg-nya Temanggung

Selain megahnya gunung kembar Sumbing-Sindoro, Kabupaten Temanggung juga terkenal sebagai salah satu penghasil tembakau terbaik di Indonesia. Namun, sudah tahukah kamu kalau Temanggung juga punya kuliner unik bernama nasi goreng tembakau?


wiranurmansyah.com
wiranurmansyah.com

Kepopulerannya mulai melejit

Menu yang tergolong aneh ini belakangan mulai memikat hati kalangan pecinta kuliner tradisional. Bukan tidak mungkin, pamornya segera melejit mengalahkan kepopuleran bakso uleg yang lebih dulu terkenal sebagai kuliner khas Temanggung.

kompas.com

Bukan sekadar nama, nasi goreng tembakau memang dibuat dari bahan baku tembakau

Ada dua varian nasi goreng tembakau yang dijajakan di Temanggung, yaitu nasi goreng tembakau dan nasi goreng tembakau srinthil. Perlu diketahui bahwa, srinthil merupakan nama dari salah satu jenis tembakau yang ikonis. Maka tak mengherankan jika harga nasi goreng tembakau srinthil lebih mahal sedikit dibanding nasi goreng tembakau biasa.

Nasi goreng tembakau disajikan di atas piring yang terbuat dari anyaman bambu beralas daun pisang. Nasi gorengnya yang berwarna cokelat kemerahan merupakan hasil dari campuran biji tembakau yang ditumbuk halus.

Nasi Goreng Tembakau, Kuliner Khas Temanggung Penghilang Galau
coklatkita.com

Ditaburi rajangan daun tembakau yang masih hijau, bawang goreng, suwiran ayam, serta irisan mentimun dan tomat di tepian daun pisang menjadikan nasi goreng ini begitu sedap nan gurih.

Sedangkan untuk nasi goreng tembakau srinthil, dipermanis dengan garnis bawang merah dan potongan cabai hijau dan daging kambing, juga irisan mentimun dan tomat, serta emping melinjo sebagai pelengkap. Ini mengingatkan kita pada nasi goreng Aceh yang khas dengan emping melinjonya.

Nasi Goreng Tembakau, Kuliner Khas Temanggung Penghilang Galau
coklatkita.com

Cita rasa yang begitu berbeda

Dengan adanya campuran bumbu dari biji tembakau, sensasi rasa yang tercipta dari nasi goreng tembakau benar-benar berbeda dari nasi goreng kebanyakan. Dan rajangan daun tembakaunya itu, membuatnya semakin istimewa.

kompasiana.com
kompasiana.com

Nah.. jika kamu tertarik dengan keunikan nasi goreng tembakau yang hanya bisa ditemukan di Temanggung ini, kamu bisa mencicipinya di rumah makan Tebers yang terletak di sebelah barat alun-alun Temanggung.

Siapa sangka, rasa galau karena hawa dingin Temanggung bisa terobati dengan sepiring nasi goreng tembakau yang begitu menggoda selera!

Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."