Dari Memex Sampai Peju, Nama 6 Teknologi Keren Ini Benar-Benar Bikin Malu

Alamak!!!

617
SHARES

Apa arti sebuah nama?

Kalau kamu bertanya pada Shakespeare, dia akan menjawab bahwa nama hanyalah sebuah nama. Tidak penting. Tapi pada kenyataannya, nama itu benar-benar penting. Saking pentingnya, banyak orang yang rela menghabiskan banyak uang hanya untuk melakukan riset pemilihan nama.

Apa arti sebuah nama? Faktanya, pemilihan nama itu benar-benar sangat penting dan menentukan. (amore.se)

Karena mungkin saja, nama yang kamu anggap keren, ternyata punya arti yang benar-benar buruk di tempat atau negara lain. Kalau hanya memilih nama untuk hewan peliharaanmu sih terserah, tapi jangan untuk nama selevel bisnis atau perusahaan besar.

Seperti enam nama teknologi yang sebenarnya keren berikut ini. Tapi karena namanya, kita, orang Indonesia, sudah harus menertawakannya bahkan sebelum mengenalnya.

1. Memex

Beberapa waktu lalu sebuah perusahaan asal Amerika Serikat mulai mengembangkan search engine (mesin pencari) yang digadang-gadang jauh lebih powerful ketimbang Google. Karena menurut mereka, search engine ini bisa menggali apa yang Google dan mesin pencari lain tidak bisa, yaitu deep web.

Memex merupakan search engine powerful yang mampu menggali banyak informasi di deep web. (varia.id)

Kehebatan itu mereka beri nama Memex. Alih-alih berguman ‘wow’, kamu pasti langsung tertawa atau justru merasa jijik mendengar nama itu. Alasannya jelas, Memex sangat erat pelafalannya dengan salah satu kosa kata di negara kita, ‘meme*’, yang mempunyai makna alat kelamin wanita.

2. Tempix

Tempix adalah teknologi buatan Tempix AB, sebuah perusahaan asal Swedia yang bisa mengukur secara akurat suhu makanan pada temperatur yang sangat dingin. Tentu ini merupakan inovasi yang mengagumkan. Tapi tidak dengan namanya.

Karena bagi orang Jawa, Tempix sangat mirip dengan kata ‘tempi*’, yang berarti alat kelamin wanita.

Dengan teknologi Tempix, suhu makanan bisa terkontrol meskipun pada temperatur yang sangat dingin. (squarespace.com)

3. ITIL

Salah satu cara membuat nama keren adalah dengan menyingkat nama yang terlalu panjang. Metode ini sudah sangat lazim digunakan oleh institusi pemerintah atau pun lembaga swasta. Tapi bagaimana dengan ITIL yang merupakan kependekan dari Information Technology Infrastructure Library?

Karena bagi kita, apa arti dari kata itu? Yup.. anak pintar! Sama seperti ‘meme*’ dan ‘tempi*’.

ITIL adalah perusahaan di bidang IT yang mempunyai misi menyelaraskan layanan IT dengan kebutuhan bisnis. (futureu.edu.sd)

4. Pantex

Pantex Plant adalah sebuah wilayah di Amerika Serikat yang menjadi pusat perakitan senjata nuklir. Sebuah wilayah yang begitu serius dan angker bagi penduduk sipil. Tapi coba ceritakan wilayah itu pada orang Padang, mereka pasti akan tertawa atau malah memukul mukamu.

Karena bagi mereka, pelafalan Pantex dan kata ‘pante*’ itu tidak ada bedanya, yang juga berarti alat kelamin wanita.

Pantex merupakan pusat pengembangan dan perakitan senjata nuklir Amerika Serikat. (cryptome.org)

5. Sempac

Sempac, atau nama resminya Sempac Inc., adalah sebuah perusahaan teknologi di Silicon Valley yang memproduksi beragam komponen electronik berbahan keramik. Nama yang menggunakan embel-embel ‘Inc’ memang terdengar cool. Tapi tidak dengan Sempac Inc.

Alasannya sederhana, Sempac terdengar seperti ‘sempak’ yang berarti celana dalam atau kancut.

Berada di Silicon Valley, Sempac Inc. memproduksi beragam komponen elektronik untuk pasar dunia. (sempac.com)

6. Peju

Pada tahun 2011 lalu, produsen PC terkemuka dunia, Dell, secara mengejutkan merilis produk ambisius berupa tablet komputer bernama Dell Peju. Dan setelah beritanya lalu-lalang di internet, sontak saja masyarakat Indonesia mengolok-oloknya.

Bukan karena spesifikasinya, tapi murni karena nama Peju (atau berarti sperma dalam bahasa sehari-hari kita) yang disandangnya.

Peju dijadikan nama merk untuk tablet buatan Dell pada tahun 2011 lalu (twitter.com)

Enam contoh di atas hanyalah sedikit dari sekian banyak nama yang diciptakan tanpa melakukan riset maksimal terlebih dulu. Kamu tahu yang lain? Coba tulis di kolom komentar ya!

617
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."