Nggak Cuma Perlambang Doa dan Harapan, Nama Juga Bisa Jadi Penentu Kesuksesan

Punya nama pasaran? Kamu justru harus bangga!

461
SHARES

Ketika kamu lahir ke dunia, kedua orang tuamu telah menyiapkan nama yang indah untukmu. Sebuah nama yang menyimpan doa serta harapan orang tua kepadamu. Nama yang akan menemanimu hingga tutup usiamu kelak. Sederetan huruf yang kelak akan mengidentifikasi siapakah dirimu. Tapi lebih dari sekedar itu, ternyata nama juga bisa menjadi penentu kesuksesan. Meskipun presentasenya tak akan melebihi doa dan juga usaha.

Beberapa nama tertentu bahkan bisa menjadi nilai tambah. Nama tak hanya mencerminkan kepribadian tapi juga bisa ikut dalam pembentukan masa depan. Bukan mengada-ada, nyatanya ada penelitian ilmiah yang membuktikan betapa nama bisa ikut menentukan kesuksesan.

Nama penentu kesuksesan (tayvandrama.com)

1. Beruntunglah yang punya nama pasaran

Bersyukurlah kalau namamu juga menjadi nama orang lain, bahkan sering sekali digunakan hingga jadi pasaran. Bukan tanpa alasan, nama pasaran lebih banyak memiliki peluang untuk diterima bekerja daripada mereka yang memiliki nama unik. Hal ini diungkapkan oleh sebuah studi yang dipimpin oleh Universitas Marquette. Kalau kamu punya nama pasaran seperti Agus, Putri, Dewi, atau nama umum lainnya kamu justru wajib bersyukur!

Punya nama pasaran (kepo.id)

2. Nama yang mudah dieja berpeluang menduduki jabatan tinggi

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas New York menyebutkan fakta yang lumayan mengejutkan. Menurut mereka, seseorang yang memiliki nama dengan ejaan yang mudah lebih sering mendapat tugas dan juga tanggung jawab yang besar. Hal ini memudahkan mereka untuk naik jabatan dengan mudah dalam waktu yang singkat.

Sebut saja beberapa nama beken di pemerintahan seperti Sri Mulyani, Susi Pudjiastuti hingga nama Presiden Indonesia, Joko Widodo. Semuanya memiliki nama dengan ejaan yang mudah dilafalkan. Nama sederhana yang mudah diingat dan juga familiar di otak.

Nama yang mudah dieja (teropongbisnis.com)

3. Nama terakhir dengan dereta huruf awal alfabet

Ada sebuah riset yang dilakukan oleh Republik Ceko dengan hasil yang cukup kontroversial. Studi ini mengungkapkan bahwa seseorang yang memiliki nama belakang yang berhuruf alfabet awal punya kesempatan lebih besar untuk masuk sekolah bagus. Meskipun tak menutup kemungkinan nama belakang dengan huruf alfabet akhir juga bisa punya kesempatan yang sama.

Misalnya saja nama belakangmu adalah Ariani atau Agustian. Kamu memiliki kesempatan lebih banyak untuk diterima di sekolah unggulan daripada temanmu yang bernama belakang Zulkifli ataupun Yudiatma. Tapi tetap saja hal ini tak mutlak, prestasi tentu juga punya pengaruh yang besar.

nama belakang berhuruf alfabet awal (creativetots.com)

4. Inisial nama tengah membuatmu terlihat lebih pintar

Fakta yang cukup mengagetkan ini ternyata hasil studi yang telah dikeluarkan dan dipublikasikan di Jurnal Psikologi Sosial Eropa lho. Misalnya saja namamu “Denny A. Prasetio” atau “Bagas K. Ajie”, nama tengah yang disingkat ini akan membuatmu lebih terlihat pintar serta cakap dalam bidang yang kamu tekuni.

Inisial nama tengah membuatmu terlihat lebih pintar (entrepreneur.com)

5. Nama depan dengan alfabet akhir

Percaya nggak percaya sih, ada sebuah studi yang mengungkapkan fakta mengejutkan ini. Nama depan seperti Zahra, Yogie ataupun Vebri memiliki kecenderungan boros ketika berbelanja. Sekali lagi kamu boleh percaya ataupun tidak.

Nama depan dengan alfabet akhir (michiganreview.com)

6. Cewek bernama netral lebih bisa berkarir cemerlang

Dalam dunia karir, pengelompokkan masyarakat berdasarkan jenis kelamin masih menjadi hal yang biasa dan wajar. Kamu bisa melihatnya secara jelas misalnya pada pekerjaan yang berhubungan dengan teknik kebanyakan diisi oleh pria, dan pekerjaan seperti akuntan mayoritas diberikan kepada wanita.

Meskipun begitu, tak menutup kemungkinan bagi wanita untuk bekerja di bidang yang didominasi oleh pria. Wanita yang memiliki nama netral akan lebih terbantu untuk masuk ke dalam bidang-bidang tersebut.

Cewek bernama netral lebih bisa berkarir cemerlang (hipwee.com)

7. Memiliki nama yang sama dengan sebuah perusahaan

Misalnya saja kamu bernama Putri Halida, kamu bisa memiliki peluang lebih besar untuk bekerja di Pizza Hut daripada yang lainnya. Hal ini karena kamu memiliki inisial nama yang mirip dengan nama perusahaan ataupun nama produk. Karena manusia menyukai segala sesuatu yang terkesan mirip, termasuk nama.

Hal ini sudah dibuktikan dengan studi dari Universitas Ghent yang menyebutkan bahwa, perusahaan besar cenderung merekrut karyawan yang memiliki inisial nama yang sama dengan perusahaan tersebut. Tapi jangan lalu bergantung dengan nama, kamu juga harus punya kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan agar kesempatan diterima bisa makin lebar.

Memiliki nama yang sama dengan sebuah perusahaan (overclockingwiki.org)

8. Pria dengan nama depan singkat berpeluang jadi CEO

Sebagai contoh, Mark Zuckerberg sebagai CEO Facebook atau Tim Cook sebagai CEO Apple. Hal ini berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh LinkedIn. Melalui 100 juta profil yang dianalisis, LinkedIn menemukan hubungan bahwa para CEO memiliki nama yang singkat. Nama yang singkat ini juga memudahkan mereka berbaur dengan yang lainnya sehingga lebih mudah naik jabatan.

Pria dengan nama depan singkat berpeluang jadi CEO (classatwork.it)

Nah itulah beberapa penelitian ilmiah tentang nama. Jika kamu sedang mempersiapkan nama untuk nuah hati, mungkin informasi di atas bisa menjadi referensi. Yang penting sebuah nama harus memiliki arti yang baik yang akan menyertai seumur hidup.

461
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Author Erinda

"You can if you think you can"