Nggak Cuma Ajang Meriahkan Kemerdekaan, 4 Lomba Ini Ternyata Punya Makna yang Tak Diketahui Banyak Orang

Kalau lomba tarik ulur perasaan maknanya apa? Oke. Skip.

Perayaan Hari Kemerdekaan memang selalu sarat dengan makna. Mulai dari upacara bendera untuk menghormati para pahlawan yang telah gugur, hingga berbagai perlombaan yang diadakan. Iya, bukan cuma ajang bersenang-senang. Berbagai perlombaan ini ternyata memiliki makna yang tak banyak diketahui orang-orang.

Baca juga : 10 Skill yang Kamu Butuhkan Agar Sukses Hampir di Semua Bidang

Lomba tujuhbelasan (Travel Gallery – dearJulius.com)

Sebut saja salah satunya panjat pinang. Meskipun awalnya merupakan penghinaan terhadap bangsa Indonesia oleh Belanda, panjat pinang kini memiliki makna kegigihan dan kerjasama untuk meraih keinginan. Selain panjat pinang, 4 lomba ini juga punya makna terpendam lho.

1. Menangkap belut

Belut seakan menjadi hewan wajib ada dalam perlombaan, apalagi saat Agustusan. Lomba memasukkan belut dalam botol menjadi populer di perkampungan hingga perkotaan. Bukan sekedar iseng belaka, lomba ini memiliki makna mendalam yaitu pantang menyerah dan terus mencoba.

Lomba menangkap belut (jessicaseanjaya.files.wordpress.com)

Kulit belut yang sangat licin menyusahkan peserta lomba yang akan menangkapnya. Oleh karena itu peserta harus terus mencoba dan tak boleh menyerah. Meskipun jatuh berkali-kali peserta harus percaya tak ada kemustahilan jika terus berusaha.

2. Lomba makan kerupuk

Awalnya, lomba ini dibuat untuk mengenang masa-masa sulit saat dijajah oleh Belanda. Meskipun hanya bisa makan kerupuk, rakyat Indonesia diharapkan tak pernah melupakan sulitnya merebut kemerdekaan. Lewat permainan ini juga diharapkan generasi muda bisa lebih menghargai perjuangan pahlawan.

Lomba makan kerupuk (youtube.com)

Namun ada nilai lain yang terkandung dalam perlombaan ini yaitu, sebuah kesabaran untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Kerupuk yang selalu bergerak mengajarkan peserta untuk melihat kesempatan dalam setiap peluang.

3. Balap karung

Saat jaman penjajahan, lomba yang satu ini dilakukan oleh misionaris dari Belanda. Namun seiring berjalannya waktu, makna perlombaan ini kian bergeser. Balap karung kini menjadi simbol persaingan yang adil, karena memang hidup penuh dengan persaingan di dalamnya.

Lomba balap karung (kota.surakarta.go.id)

Misalnya saja persaingan mendapatkan pekerjaan, mendapatkan jodoh, ataupun hal lainnya. Sama halnya seperti balap karung, persaingan tersebut harus sampai ke garis finis. Dan yang paling penting, dilakukan dengan seadil-adilnya tanpa kecurangan apapun.

4. Tarik tambang

Lomba yang satu ini sudah sangat jelas sekali maknanya. Tarik tambang ini mengajarkan pesertanya tentang kerja sama dan juga gotong royong antar anggota. Semua anggota dalam satu tim harus menyatukan kekuatan agar bisa merobohkan lawan.

Lomba tarik tambang (beritadaerah.co.id)

Pasalnya jika salah seorang anggota tidak serius, maka akan lebih mudah bagi lawan untuk menarik satu tim tersebut hingga akhirnya kalah. Jadi, menyatukan kekuatan serta kerjasama sangat dibutuhkan dalam lomba ini.

Nah itulah beberapa lomba yang terlihat sederhana namun ternyata memiliki makna yang luar biasa mendalam. Mana nih lomba favoritmu?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

“You can if you think you can”

Karena 4 Hal Ini, Suporter Malaysia Iri Setengah Mati pada Kita, Suporter Indonesia

5 Nama Perusahaan yang Meskipun Terkenal, Kita Masih Saja Salah Membacanya