5 Musisi Yang Karyanya Bisa Bikin Puasamu Lebih Bermakna

Ambil hikmah di bulan puasa dengan mendengarkan lagu-lagu dari beberapa musisi berikut ini.

Apa yang terjadi di Bulan Ramadan? Mungkin yang paling sering ditemui adalah iklan sirup di televisi yang muncul hampir setiap waktu. Selain itu panggung hiburan tanah air juga banyak mengalami perubahan. Para artis berbondong-bondong mengeluarkan album religi, baik yang beraliran pop, rock, hingga dangdut sekalipun. Ramadan dianggap sebagai momentum setahun sekali untuk mempromosikan karya hingga meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

Meski begitu di balik karya-karya religi yang muncul ada makna yang bisa kamu ambil. Termasuk juga dari beberapa musisi berikut ini. Mengeluarkan karya bernafaskan religi bukanlah hal yang baru bagi mereka. Karena sejak awal muncul, selain sebagai penyanyi atau band juga dikenal sebagai pendakwah lewat lagu-lagu mereka. Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Debu

Debu adalah kelompok musisi yang anggotanya berasal dari berbagai negara. Meski begitu, saat ini Debu berbasis di Indonesia karena ada anggotanya yang berasal dari negeri ini. Kemunculannya di tahun 2001, langsung disambut dengan antusiasme para penikmat musik religi. Saat ini semua anggotanya terdiri dari 12 orang yaitu enam musisi laki-laki dan enam sisanya perempuan. Alunan rebana menjadi andalan grup musik ini.

Debu [via salmanitb.com]
Debu [via salmanitb.com]
Selain itu, Debu juga memadukan genre musik lain seperti  nuansa Timur Tengah, country, bahkan jazz dan world music. Jika mendengarkan karya mereka, kamu akan mendengarkan kolaborasi alat musik dari berbagai negara. Yaitu  santur dari Iran, tambura dari Turki, gendok-gendok dari Sulawesi Selatan kemudian diserasikan dengan harpa, biola, bass dan berbagai jenis perkusi. Hingga saat ini Debu telah mengeluarkan lima album.

2. Sulis

Siapa yang tak kenal dengan Sulis, namanya dikenal cantik seperti wajahnya sebagai seorang penyanyi. Apalagi pemilik nama lengkap Sulistyowati memiliki karya-karya yang bernuansa religius. Ia mulai menjajaki panggung musik sejak masih kecil. Bahkan di umur 9 tahun Sulis sudah merasakan bagaimana nyanyi di dalam dapur rekaman.

Sulis [via pusatmp3.net]
Sulis [via pusatmp3.net]
Namanya makin melejit setelah berkolaborasi dengan Hadad Alwi melantunkan sholawat yang merdu dan menyejukkan hati. Saat ini Sulis telah telah mengeluarkan 16 Album. Selain itu Sulis juga pernah berkarir di film layar lebar lewat judul Baik-Baik Sayang yang rilis di tahun 2011.

3. Hadad Alwi

Jika berbicara tentang album religi, nama Hadad Alwi tidak bisa dilupakan begitu saja. Karya-karyanya begitu melegenda. Contohnya saja album Cinta Rosul yang rilis tahun 1999 melejit dan menjadi yang terlaris sepanjang masa. Hadad Alwi lahir di Solo tahun 1966 dan hingga saat ini masih aktif menjadi seorang musisi religius yang menginspirasi lewat karya-karyanya.

Hadad Alwi [via cahya72.blogspot.com]
Hadad Alwi [via cahya72.blogspot.com]
Hadad Alwi pernah berkolaborasi dengan Sulis dan beberapa artis lainnya seperti Gita Gutawa dan Tasya Kamila. Ayah satu anak tersebut hingga saat ini telah merilis 23 album. Di tahun 2015 kemarin Hadad Alwi meluncurkan album bertajuk Tembang Sholawat.

4. Wali

Wali adalah band yang cukup populer dan digawangi oleh Faank (vokal), Apoy (gitar), Tomi (drum), Ovie (keyboardist), dan Nunu (bass).  Kelima personil Wali berangkat dari pondok pesantren, mereka juga merupakan lulusan  UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tak heran jika mereka juga mengemban misi penting untuk tidak hanya bermusik tapi juga menyampaikan pesan yang baik lewat lagu mereka.

Wali [via sidomi.com]
Wali [via sidomi.com]
Ada beberapa lagu Wali yang beraliran religius dan bisa kamu dengarkan agar kamu lebih semangat lagi berpuasa. Dalam perjalanan karirnya Wali juga telah merilis beberapa album yang sukses menarik hati para penikmat musik. Di tahun 2015 kemarin bahkan ada dua album yang berhasil di rilis.Yaitu Doa’in Ya Penonton dan Ngantri Ke Sorga.

Itulah beberapa pemusik yang karyanya bisa menemani puasamu. Selain mereka, ada juga musisi-musisi baru yang karyanya juga bikin adem yang mendengarkan. Bukan hanya mengandung banyak makna, tapi juga bisa mendekatkan kita pada Tuhan. Sebut saja Maher Zain yang berasal dari Lebanon. Namanya sempat melejit di beberapa negara, termasuk di Indonesia lewat lagunya yang berjudul Insya Allah.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Titasya Anugraheni

Titasya Anugraheni

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *