Kamu Orang Jawa dan Anak Pertama? Jangan Pernah Menikah dengan Anak Ketiga di Keluarganya

Jika kamu berani melanggar, maka silahkan nikmati sendiri konsekuensinya

Dari sekian banyak mitos yang dipercaya orang Jawa, ternyata ada satu keyakinan unik soal pernikahan. Mitos ini dikenal dengan istilah lusan, yang berarti ketelu lan kepisan (ketiga dan pertama), dimana anak pertama tidak boleh menikah dengan anak ketiga dari keluarga lain.

Meskipun terdengar aneh, namun menurut mitos ini, siapa pun yang melanggar lusan dengan sengaja atau pun tidak, maka harus siap dengan segala kemungkinan buruk yang akan terjadi, mulai dari tertimpa kesialan dan berbagai hal buruk lainnya.

Siapa pun yang melanggar mitos lusan, maka harus siap dengan segala konsekuensinya. | deviantart.net

Dan, dari sekian banyak hal buruk yang kemungkinan besar terjadi, empat hal buruk berikut inilah yang paling pantas diwaspadai:

1. Konflik karakter

Anak pertama cenderung bersikap pengatur, merasa dewasa, dan suka menjadi panutan. Sedangkan anak ketiga, biasanya memiliki sikap manja, susah diatur, dan sering semaunya sendiri. Jika dua karakter ini disatukan, maka hanya tinggal menunggu waktu saja untuk saling bertengkar.

Karakter yang saling bertentangan membuat pasangan lusan tidak bisa lepas dari pertengkaran. | psikologid.com

2. Rumah tangga penuh masalah

Pasangan lusan akan dihadapkan dengan berbagai masalah rumah tangga yang tidak ada habisnya. Ketika selesai satu masalah, masalah yang lain akan bermunculan. Bahkan, bisa saja masalah-masalah itu justru datang pada saat yang bersamaan. Seperti peribahasa, ‘hilang satu tumbuh seribu’.

Masalah akan datang silih berganti, bahkan kadang justru datang bersamaan. | infophoria.com

3. Kesulitan ekonomi

Selain itu, hal buruk lainnya adalah sulitnya rezeki masuk dalam keluarga. Pasangan lusan akan selalu kesulitan mencari uang karena usaha akan selalu gagal dan pekerjaan benar-benar sulit didapatkan.

Rezeki adalah satu hal yang benar-benar sulit didapatkan pasangan lusan. | dielfanyunior.blogspot.com

4. Kematian

Dan, kemungkinan terburuk adalah salah satu mempelai atau orang tua dari keduanya akan meninggal. Inilah konsekuensi paling mengerikan dari lusan, yang membuat pasangan mana pun yang ingin menikah harus berpikir seribu kali.

Dan yang paling mengerikan, adalah meninggalnya salah satu mempelai, atau orang tua mereka. | cumicumi.com

Namun sekali lagi, lusan adalah sebuah mitos. Bahwa setelah membaca ini kamu jadi ragu untuk meneruskan hubunganmu atau justru 100% tidak percaya dan tetap ingin melanjutkan ke jenjang pernikahan, tentu saja, itu semua hakmu.


Rekomendasi #SobatInovasee:

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

One Ping

  1. Pingback:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *