Meski Jaman Sudah Modern, Namun Mitos Agar Enteng Jodoh Ini Masih Banyak yang Percaya. Mau Coba?

Sepertinya bisa kamu coba salah satunya ini mblo.

Banyak hal yang dilakukan seseorang agar cepat mendapatkan jodoh, dari mulai merubah penampilan sampai ikutan kontak jodoh dengan harapan jodoh yang selama ini menjadi misteri, bisa segera terpecahkan.

Baca juga : Payung Geulis yang Begitu Geulis dari Ranah Tasikmalaya

Siapa sih yang gak mau disegerakan bertemu jodohnya (brilio.net)

Namun meskipun jaman sudah modern, kepercayaan masyarakat terhadap mitos terkait enteng jodoh nyatanya masih melekat erat. Beberapa hal ini merupakan mitos yang konon bisa membuat seseorang lebih enteng jodoh. Hmmm.. kira-kira beneran gak yah?

Tangkap bunga bouquet pengantin

Mitos agar enteng jodoh yang pertama memang bukan datang dari Indonesia, namun meskipun demikian banyak masyarakat Indonesia yang melakukan hal ini, bahkan tidak sedikit yang meyakininya. Mitos tersebut ialah terkait menangkap bunga bouquet yang dilemparkan pengantin baru.

Konon yang berhasil menangkap bunga akan segera menyusul menemukan jodohnya (twsflorist.co.id)

Menurut mitos yang berkembang, siapa saja yang berhasil menangkap bunga bouquet yang dilemparkan oleh pengantin, maka orang tersebut akan segera menyusul pengantin ke pelaminan, atau akan segera mendapatkan jodoh.

Mandi atau mencuci muka  dengan air bekas siraman pengantin

Mitos ini sangat familiar dikalangan masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa. Konon bagi siapa saja yang belum juga menemukan jodoh, lalu ia mengambil air bekas ritual siraman dari pengantin dan menggunakannya untuk cuci muka atau mandi, ia akan segera mendapatkan jodoh.

Cuci muka dengan air bekas siraman pengantin mitosnya bisa bikin enteng jodoh

Memang kedengarannya sungguh tidak masuk akal. Namun mitos ini sangat banyak diyakini oleh beberapa masyarakat. Bahkan di jaman modern seperti sekarang ini, mitos cuci muka atau mandi dengan menggunakan air siraman pengantin masih banyak dilakukan agar enteng jodoh.

Mengambil bunga di aksesoris pengantin

Mitos enteng jodoh ini masih berasal dari tanah Jawa, khususnya di Jawa tengah dan Jawa timur. Menurut mitos yang berkembang, agar seseorang enteng dalam urusan perjodohan maka ia harus “mencuri” bunga melati di aksesoris pengantin.

Mitosnya bunga melati di pengantin bermanfaat bagi jomblo loh (hipwee.com)

Yah, biasanya di daerah Jawa seorang pengantin akan dirias dengan bunga melati sebagai aksesorisnya. Jika kamu seorang wanita yang ingin cepat mendapatkan jodoh maka kamu harus mengambil bunga melati di pengantin pria tanpa sepengetahuan sang pengantin.

Ambil bunga melati di pengantin

Pun sebaliknya, jika kamu seorang pria jomblo maka harus mengambil bunga melati di pengantin wanita tanpa sepengetahuan sang pengantin. Cukup unik bukan?

Mandi di air terjun

Beberapa air terjun di Indonesia dipercaya dapat mempercepat seseorang dalam menemukan jodohnya. Boleh percaya atau tidak, namun setidaknya kita menghormati mitos dan kepercayaan yang berkembang di masyarakat tentunya.

Cuma mandi di air terjun bisa bikin cepet kawin?

Beberapa air terjun yang mitosnya mampu mempermudah seseorang menemukan jodoh diantaranya air terjun Sekar Langit di Magelang, Curug Putri di Cirebon, air terjun Kalijodoh di Sulawesi Selatan, air terjun Takapala di Sulawes Selatan, dan air terjun 7 Bidadari di Semarang.

Memegang belut raksasa yang konon bisa enteng jodoh

Mitos ini berkembang dan dipercaya masyarakat Ambon dan sekitarnya. Diketahui di daerah tersebut ada kolam pemandian yang terdapat belut raksasa yang sangat jarang menampakan dirinya. Belut raksasa tersebut berada di Kolam Mata Air Negeri Waai, Ambon Maluku Tengah.

Wujud belut raksasa di Ambon (titiw.com)

Belut raksasa yang oleh warga sekitar diberi nama Morea ini memang sangat jarang menampakan dirinya. Jadi untuk memegangnya, seseorang harus rela menunggu sampai berhari-hari sampai berbulan-bulan. Namun bagi orang yang sedang beruntung, belut tersebut akan menampakan bentuknya dengan sendirinya meskipun tidak perlu ditunggu.

Nah, menurut kepercayaan masyarakat sekitar, siapa saja orang yang berhasil memegang belut tersebut maka akan dipermudah dalam urusan jodohnya.

Mitosnya yang bisa memegang belut ini maka jodohnya cepat datang (iyakan.com)

Itulah beberapa mitos terkait agar enteng jodoh yang berkembang di masyarakat. Terlepas kita percaya atau tidak itu kembali ke diri kita masing-masing. Sebab sebagai seseorang yang beragama tentu meyakini jika jodoh ada di tangan Tuhan, namun meskipun demikian usaha atau ikhtiar adalah kewajiban kita.

 

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Kasih Tahu Pasanganmu, Ini Lho Manfaat Tidur Sambil Dipeluk dari Belakang

Kadang, Menjadi Dewasa Itu Benar-Benar Menyebalkan