Misteri Tato 4:20 Ello yang Disebut Sebagai Kode Bagi Pengguna Ganja

Kalau kata Ello sih, 4:20 di tangannya itu punya arti lain

Biduan Marcello Tahitoe atau yang akrab dikenal dengan nama Ello, tercyduk polisi minggu lalu (6/8/2017) karena kasus kepemilikan ganja. Dengan ini, makin panjang saja daftar selebritas Tanah Air yang terpaksa berurusan dengan aparat karena urusan narkoba. Sebelum Ello, kita tahu ada Tora Sudiro, Pretty Asmara, dan masih banyak lagi yang sudah lebih dulu mendekam di hotel prodeo gara-gara aneka barang haram tersebut.

Di luar perkara tertangkapnya Ello ini, ada satu hal menarik yang menjadi sorotan netizen, yakni tato di lengan kanan Ello yang bertuliskan 4:20. Tato ini menjadi misteri karena beredar informasi yang mengatakan bahwa 4:20 adalah sandi khusus yang dikenal oleh mereka para pemadat ganja. Benarkah demikian? Ataukah itu hanya cocoklogi dan konspirasi Wahyudi?

4:20 bagi Ello

Penggemar Ello pasti sudah tahu kalau dirinya memiliki tato 4:20 sejak lama. Bahkan, di video klip lagu ‘Masih Ada’ dari album ‘Realistis/Idealis’ yang rilis tahun 2009, kita bisa dengan jelas menyaksikan tato tersebut sudah dirajahkan di lengan Ello yang kala itu masih tampil klimis berambut cepak.

Ello dengan tato 4:20 di tahun 2009 (video klip ‘Masih Ada’) – YouTube

Ello sendiri kerap mendapat pertanyaan dari wartawan tentang makna tato tersebut. Setiap kali itu pula Ello akan menjawab bahwa 4:20 (4:20 pm atau 16:20 sore) adalah waktu favoritnya. Pada waktu tersebut, menurut Ello sinar matahari tidak begitu panas dan ia menyukainya. Sesederhana itu. Tapi betul atau tidaknya, hanya Ello yang tahu.

Menurut Ello, 4:20 adalah waktu favoritnya di sore hari – rancahpost.co.id

Lagi pula, kenapa juga harus 4:20? Kenapa tidak 4:30? apakah beda 10 menit akan membuat suasana sore jadi berbeda? Inilah yang akhirnya membuat orang-orang menemukan arti lain dari 4:20 yang sudah lebih dahulu dikenal oleh para pengguna ganja sejak zaman dulu.

4:20 dan para pengguna ganja

Melansir Santa Cruz Sentinel, 4:20, 420, 4/20, atau four-twenty adalah sebuah kode bagi mereka yang gemar menggunakan ganja. Hal ini terjadi gara-gara lima siswa SMA di San Rafael, California bernama Steve Capper, Dave Reddix, Jeffrey Noel, Larry Schwartz, dan Mark Gravich membentuk gank kecil bernama The Waldos pada tahun 1971.

Ini dia patung Louis Pasteur yang legendaris itu – YouTube

Ada satu ritual terlarang yang sering mereka lakukan, yakni mengisap ganja pada pukul 16:20 di bawah patung Louis Pasteur di San Rafael setelah pulang sekolah. Biasanya, para anggota The Waldos akan mengatakan ‘420 Louis’ pada rekannya sebagai kode ajakan yang bermakna ‘Ayo berkumpul di bawah patung Louis Pasteur pukul 16:20 untuk mengganja’. Nggak cuma itu saja sebenarnya mitos soal 4:20, karena menurut Independent.co.uk, ada sebuah mitos perkotaan yang mengatakan bahwa 420 adalah kode pidana di negara bagian California untuk penggunaan ganja.

Pria ini membawa tanaman ganja ke acara 420 di Hyde Park, London – vice.com

Entah mana yang benar, yang jelas para pecinta cannabis culture di seluruh dunia merayakan budaya ganja setiap tanggal 20 April yang berarti 4/20. Bahkan ada perayaan 4/20 yang rutin digelar di Hyde Park, London yang dihadiri ribuan orang dan bersama-sama mengisap ganja di waktu yang telah ditentukan sambil menuntut ganja dilegalkan.

Jadi, bagaimana bro Ello? Masihkah 4:20 menjadi waktu favoritmu? Atau 4:20 adalah penghormatan untuk ‘barang’ kesukaanmu?

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Kodingareng Keke, Pulau Kecil Bak Surga di Makassar yang Indahnya Bikin Jatuh Hati

Mari Mengkritisi Mereka yang Suka Nyetatus Pakai Bahasa Inggris di Media Sosial