Misteri Jembatan Nabi Adam, Jembatan Tertua yang Membelah Laut India dan Sri Lanka

Masyarakat setempat mengenalnya dengan nama Jembatan Rama

Pernahkah kamu mendengar nama Jembatan Adam atau Jembatan Nabi Adam? Kalau belum, baiklah, kita ganti sudut pandangnya. Pernahkah kamu membaca atau mendengar epos Ramayana yang mengisahkan kisah kepahlawanan Rama melawan Rahwana yang menculik Sinta? Kalau pernah, maka ada detail menarik dalam epos tersebut.

Dikisahkan, Rahwana adalah seorang raja di Alengka (Sri Lanka), sementara Rama berasal dari Kerajaan Kosala di sebelah utara Sungai Gangga, India. Seperti kita ketahui, India dan Sri Lanka dipisahkan oleh lautan, sehingga perjalanan Rama menuju Alengka terhalang. Untuk menyeberangi lautan, para dewa dan manusia kera atau Vanara membantu Rama dengan membuatkan jembatan yang membelah lautan India dan Alengka. Jembatan itulah yang kini dikenal juga dengan nama Jembatan Nabi Adam dan sudah ada sejak abad kesembilan.

Setubandanam

Berdasarkan epos Ramayana tersebut, laut yang memisahkan India dan Alengka adalah laut Setusamudram, sedangkan jembatan yang menghubungkan keduanya adalah jembatan Setubandanam. Meski disebut jembatan, janganlah membayangkannya sebagai jembatan seperti yang kita jumpai di masa ini, karena bentuknya lebih menyerupai daratan yang memanjang membelah lautan.

Penampakan Jembatan Nabi Adam – www.travelplanet.in

Meski misteri keberadaan jembatan ini tak kunjung terpecahkan, namun melalui banyak naskah dan peta kuno, masyarakat India dan Sri Lanka meyakini bahwa jembatan ini betul jembatan buatan yang dibangun oleh Rama dan bala bantuannya untuk menjemput Sinta yang diculik Rahwana.

Ilustrasi dalam epos Ramayana saat Rama membangun jembatan dibantu oleh para manusia kera – crazysubh.blogspot.com

Keyakinan ini diperkuat oleh temuan badan geologi India berupa 10 lubang bor buatan manusia pada sisa-sisa jembatan ini. Peneliti juga mendapati adanya lapisan batu kapur, pasir, karang, dan batu sedalam enam meter yang membuktikan bahwa jembatan ini dibuat dengan cara menguruk jalur laut, persis seperti yang dikisahkan dalam cerita Ramayana.

Jejak Nabi Adam dan teori lainnya

Ternyata tak hanya peradaban India kuno saja yang dianggap menjadi kunci dari misteri jembatan ini, karena menurut peta bangsa Eropa buatan kartografer Inggris di tahun 1804, jembatan ini muncul dengan nama Adam’s Bridge atau Jembatan Nabi Adam. Hal ini dikarenakan adanya penemuan jejak kaki raksasa di puncak gunung Sri Lanka yang diyakini merupakan jejak kaki manusia pertama di dunia: Adam.

Jembatan ini menghubungkan India (kiri atas) dengan Sri Lanka (kanan bawah) – Google Earth

Masyarakat Eropa meyakini bahwa setelah Nabi Adam diturunkan ke dunia, ia lantas membuat jembatan untuk menyeberangi lautan karena ingin menuju ke India. Atas dasar kisah itulah pembuat peta bangsa Eropa kemudian mengganti nama Setubandanam menjadi Adam’s Bridge. Teori lain meyakini bahwa jembatan ini sebenarnya merupakan gugusan pulau alami yang berantai. Hal ini dikarenakan para peneliti menemukan fakta bahwa saat gugusan pulau ini terbentuk, belum ada tanda-tanda keberadaan manusia di sekitar India.

Jadi, manakah teori yang benar?

 

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Nikah Muda Emang Menggoda, Tapi Hati-Hati dengan Resiko Besarnya

Ketika Bisnis Nostalgia Menjamur, Apakah Manusia Benar-benar Tak Bisa Lepas dari Masa Lalu?