Miris, Teknisi Amply Sehabis Sholat Malah Dituduh Mencuri Sampai Dibakar Hidup-hidup

Apapun alasannya, main hakim sendiri tidak dibenarkan di negara hukum seperti Indonesia ini.

Bagaimanapun alasannya, main hakim sendiri meru[akan tindakan yang tidak bisa dibenarkan di negara hukum seperti Indonesia ini. Namun meskipun demikian, banyak masyarakat yang masih main hakim sendiri untuk menhukumi sebuah tindak kejahatan.

Baca juga : Kejamnya Hukum Rimba, Remaja Ini Mendapat Tato Memalukan di Dahi Karena Tuduhan Mencuri

main hakim sendiri masih sering terjadi di masyarakat Indonesia (tribunnews.com)

Belum hilang dari ingatan kita, bagaimana pencuri sepeda motor dibakar hidup-hidup di Madura, kini hal seru[a kembali terjadi. Namun sayangnya, kejadian kali ini diduga merupakan salah tangkap. Konon orang yang dihakimi masa dan dibakar hidup-hidup bukanlah pencuri amply, melainkan teknisi amply yang numpang sholat di sebuah masjid.

Beredar kabar jika korban pembakaran adalah salah tuduh

Tindakan main hakim sendiri dengan membakar hidup-hidup seseorang yang di duga mencuri amply masjid itu terjadi pada tanggal 1 Agustus lalu. Sehari setelah kejadian, beredar kabar jika korban main hakim sendiri oleh warga bukanlah seorang pencuri amply masjid, melainkan teknisi amply masjid yang hendak mengirimkan orderannya ke pelanggan yang sudah jadi, dan mampir untuk sholat ashar di sebuah masjid.

Diduga korban bukanlah pencuri, melainkan teknisi elektronik yang sedang sholat (facebook.com)

Lelaki tersebut memang sengaja membawa amply milik pelanggannya ke dalam masjdi. Sebab ia khawatir amply tersebut hilang jika ditinggal di atas jok motornya. Karena marbot masjid melihat seseorang keluar dari masjid dengan membawa amply maka ia pun spontan meneriaki maling. Akhirnya warga pun ramai-ramai mengejar laki-laki tersebut.

Laki-laki yang dibakar hidup-hidup meninggalkan seorang istri yang sedang hamil tujuh bulan

Mengenaskan memang, saat belum ada keputusan yang menjerat kepada seseorang salah atau tidak, hukuman dari warga sudah menjatuhi laki-laki ini. Yang lebih membuat miris dari kejadian ini ialah, laki-laki yang dibakar karena dituduh mencuri amlpy saat ini mempunyai seorang istri yang sedang mengandung tujuh bulan.

istri korban main hakim sendiri (kompas.com)

Tentu ini cobaan yang besar bagi seorang istri, saat menghadapi usia kandungan yang sudah mulai mendekati masa kelahiran, ia harus ditinggalkan suami dan tulang punggung keluarganya dengan cara yang tragis.

Klarifikasi dari pihak kepolisian terkait pembakaran tertuduh pencuri amply masjid

menurut kepolisian, pihaknya masih menyeldiki kasus ini (facebook.com)

Tidak lama setelah beredarnya salah tuduh tersebut, polisi pun melakukan penyelidikan terhadap kasus ini. Menurut kepolisian, setelah melakukan penyelidikan di lapangan dan mewawancarai beberapa saksi, korban main hakim sendiri yang diwarnai pembakaran memang seorang pencuri amply di masjid tersebut. Namun meskipun demikian pihaknya masih menyelidiki kasus ini.

Apapun alasannya, main hakim sendiri sampai menghilangkan nyawa seseorang tidaklah dibenarkan

Indonesia merupakan negara hukum, untuk memutuskan seseorang salah atau tidak harus melalui proses hukum yaitu pengadilan. Selain itu, jenis hukuman yang harus diterima juga sudah ditentukan oleh hukum. Itu artinya, dengan dalih apapun main hakim sendiri diluar hukum negara adalah tindakan yang tidak dibenarkan.

apapun alasannya main hakim sendiri tidak dibenarkan oleh hukum (tribunnews.com)

Terlebih jika korban main hakim sendiri belum tentu melakukan kesalahan seperti yang kejadian kali ini. Semoga dengan kejadian kali ini, masyarakat Indonesia semakin sadar dan percaya terhadap hukum yang berlaku di Indonesia.

Inilah video detik-detik main hakim dari warga yang viral di media sosial.

https://www.youtube.com/watch?v=7I-vGLBZV9o

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Jauh dari Perkiraan, Ternyata Ini Definisi Cantik yang Diamini Semua Orang

Lowongan Unik Bergaji Fantastis: NASA Cari Staf Pelindung Bumi dari Alien!