Miris, 35% Anak Perempuan Indonesia Hamil Sebelum Berusia 15 Tahun

Padahal usia mereka masih terbilang anak-anak, tapi kok sudah punya anak~

Kondisi anak Indonesia memang sedang berada di ambang bahaya. Kenakalan remaja, pernikahan dini, sampai penggunaan obat-obatan terlarang kini tidak asing lagi dalam pergaulan anak muda sekarang.

Persoalan yang tidak kalah mengkhawatirkan ialah tingginya angka pernikahan dini di Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), saat ini terdapat 80 juta warga yang berusia 0-17 tahun.

Usia terlalu dini kondisi fisik dan psikis belum siap untuk hamil (cloudinary.com)

Artinya, dari data tersebut, 1 dari 3 penduduk Indonesia merupakan usia anak-anak Tingginya jumlah anak di Indonesia membuat peringkat Indonesia dalam persoalan jumlah usia anak menempati posisi keempat di dunia setelah China, India, dan Amerika.

Uniknya, pada usia 0-17 tahun, jumlah laki-laki lebih banyak dibandingkan dengan perempuan. Menurut data rasio gender, dalam setiap 100 penduduk perempuan, terdapat 103 penduduk laki-laki.

Sebanyak 35% perempuan Indonesia hamil sebelum usia 15 tahun

Menurut Kasubdit Statistik Upah dan Pendapatan BPS, Dendi Romadhon, dalam seminar publikasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tahun 2018 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta mengatakan, jumlah perempuan berstatus nikah cerai di usia 10-16 tahun di Indonesia meningkat tajam.

| jateng.bkkbn.go.id

Dendi menjelaskan, jika sebanyak 35% perempuan Indonesia melahirkan saat usia mereka belum mencapai 15 tahun, atau masih kategori anak-anak.

Pernikahan dini, dan berbagai persoalan yang ditimbulkan

Tidak dipungkiri, persoalan pernikahan dini menjadi penyumbang terbanyak dari tingginya angka kehamilan di usia anak-anak. Mungkin ini yang perlu menjadi perhatian kita semua.

Pernikahan sangat dini (youtube.com)

Tidak hanya memicu angka kelahiran usia anak-anak yang tinggi, pernikahan dini juga bisa menimbulkan persoalana pelik lainnya. Kekerasan dalam rumah tangga, perceraian, sampai melonjaknya angka kelahiran tidak sedikit diakibatkan persoalan ini.

Jadi, jika dirasa pernikahan dini lebih banyak menimbulkan persoalan, lebih bijak kita untuk merencanakan/melakukan pernikahan di usia yang benar-benar matang dan siap.

 

 

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *