Legal di California, Mike Tyson pun Buka Ladang Ganja Untuk Bisnis dan Penelitian Medis

Calon petani ganja pun bisa belajar di ladang milik Mike Tyson ini

Pada masa jayanya, Mike Tyson amat disegani baik kawan maupun lawan. Mantan petinju kelas berat berjuluk ‘Si Leher Beton’ ini memang amat digdaya saban kali berlaga di atas ring. Namun kini ia telah berusia 51 tahun, dan tentunya sudah tak lagi aktif dalam dunia tinju yang membesarkan namanya itu.

Baru-baru ini, sebuah berita yang cukup unik kembali datang dari dirinya. Sama sekali tidak ada kaitannya dengan dunia tinju, melainkan tentang ganja. Bagi para penggemar olahraga baku hantam, pastinya masih ingat bahwa Tyson pernah didenda karena kepemilikan ganja pada tahun 2000 silam. Namun kali ini bukan persoalan denda yang menjadi penyebab Tyson kembali berurusan dengan ganja.

Ladang ganja

Mulai 1 Januari 2018, negara bagian California di Amerika Serikat mulai melegalkan ganja di wilayahnya untuk dipergunakan sebagai pengobatan (dibeli dengan resep dokter), maupun penggunaan pribadi sehari-hari untuk rekreasional (dengan maksimal kepemilikian seberat 28 gram). Peraturan ini sebetulnya telah diloloskan sejak tahun 2016 silam, namun baru efektif diberlakukan pada tahun ini.

Bisnis baru Mike Tyson: berladang ganja (cowok.co)

Melihat peluang menjanjikan dari peraturan tersebut, Mike Tyson pun memutuskan untuk membuka 16 hektare ladang ganja di California Selatan, tepatnya di dekat Taman Nasional Death Valley. Ladang yang dinamai Tyson Ranch itu dibangunnya bersama dua rekan bisnis bernama Robert Hickman dan Jake Strommen.

Medis dan non-medis

Sebagai seseorang yang pernah tersandung kasus kepemilikan ganja dan kokain, rasanya tidak heran jika banyak orang lantas mengaitkan langkah Tyson ini sebagai ajang untuk memuaskan hasratnya pada ganja. Tidak sepenuhnya salah, Tyson memang bermaksud membuat ladangnya menjadi penghasil ganja berkualitas tinggi, setidaknya dengan memanfaatkan setengah dari total ladang miliknya itu.

Di ladang Tyson,
ada jugua sekolah untuk para petani ganja yang baru belajar (indosport.com)

Sementara untuk sisanya akan dimanfaatkan sebagai area camping eksklusif, toko persediaan, dan fasilitas-fasilitas lain terkait dengan pengembangan, penelitian, dan pemanfaatan ganja. Ia juga siap mendanai penelitian medis terkait manfaat ganja sebagai pengobatan serta membuka Tyson Cultivation School, sebuah kelas untuk mengajarkan budidaya ganja pada para petani ganja pemula.

Bisnis menguntungkan

Untuk diketahui, California adalah negara bagiaan keenam di Amerika Serikat yang melegalkan ganja, namun dengan syarat ada batas tertentu untuk menggunakannya sebagai konsumsi pribadi. California sebenarnya sudah melegalkan ganja sejak tahun 1996, namun kala itu masih sebatas untuk keperluan medis.

California dikenal sebagai pasar ganja terbesar keenam di dunia (idntimes.com)

Legalnya ganja di California diprediksi akan mendatangkan keuntungan yang amat besar di California, apalagi selama ini California dikenal sebagai pasar ganja terbesar keenam di dunia. Bisnis ganja ini bahkan diperkirakan bakal menyumbang pajak USD1 miliar pada pemerintah AS, dan pastinya Mike Tyson melalui merek dagang ‘Iron Mike Genetics’ bakal jadi salah satu penyumbang pajak tersebut.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *